hargaburung.id

Cara Merawat Burung Branjangan

Burung branjangan salah satu burung yang sering di jadikan sebagai masteran , walaupun burung branjangan ini berbentuk sangat mungil sekali namun untuk kicauan nya sangat di segani sekali oleh kicau mania.

Gambar Burung Branjangan

Gambar Burung Branjangan

Burung branjangan sendiri sangat mudah untuk dijinakan jika anda memang benar merawat burung branjangan dengan rajin dan teratur nantinya akan mendapatkan hasil yang maksimal bisa saja anda gunakan untuk masteran burung lainnya.

Karena sangat tidak mungkin jika anda menginginkan burung anda gacor dan ngekek panjang namun tidak di imbangi dengan latihan sangat susah sekali karena pada dasarnya seekor burung dapat berkicau jika ia sudah menemukan suara atau masteran yang sesuai dengan burung tersebut.

Burung branjangan bisa dijadikan solusi untuk anda yang ingin memiliki burung masteran, namun kelemahan dari burung branjangan sangat mudah sekali mengalami stres maka dari itu anda harus merawatnya dengan baik.

Sebelum anda merawat burung branjangan tentunya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan terlebih dahulu salah satu nya yaitu anda harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari burung ini karena sangat tidak mungkin jika anda ingin merawat burung tapi anda tidak mengetahui karakteristik burung yang ingin anda rawat.

Jika anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi kesukaan burung tersebut nantinya akan mudah untuk perawatan nya, berikut karakteristik burung branjangan yang harus anda ketahui.

Karakteristik Burung Branjangan dan Habitatnya

Gambar Habitat Burung Branjangan

Gambar Habitat Burung Branjangan

Burung branjangan sejatinya memiliki keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh burung lain yaitu dengan kemampuan nya yang sangat unik dapat berkicau dibarengi dengan terbang di tempat.

Dan bahkan hanya burung branjangan saja yang dapat melakukannya ada juga sebagian burung yang dapat melakukan hal tersebut yaitu burung hummingbird atau yang biasa di sebut dengan burung kolibri.

Burung branjangan dapat terbang dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga terkadang susah untuk ditangkap oleh pencari burung branjangan, ukuran burung tersebut juga sangat minimalis dengan ukuran nya yang mencapai 10 hingga 14 cm membuat burung ini lincah dan sangat aktif.

Untuk nama sebutan burung branjangan sendiri juga berbeda – beda di setiap daerah nya serta jenis nya pun juga berbeda – beda untuk harga burung branjangan juga relatif murah dan sangat mudah di temui di pasar burug .

Habitat Burung Branjangan

Bagi anda pecinta burung yang masih pemula pastinya banyak yang tidak mengetahui habitat asli burung branjangan, burung branjangan sejatinya memiliki habitat di daerah jawa dan kerap muncul di hutan dan sering sekali turun ke tanah untuk mencari makanan jika burung yang lain mencari mangsa nya di pepohonan.

Namun untuk burung branjangan sangat suka sekali turun ketanah terlebih lagi jika ada dataran yang di penuhi rerumputan atau stepa.

Asal mula persebaran burung branjangan ini berasal dari wiliayah Asia dan Afrika yang merupakan tempat bagi jutaan spesies burung langka, di tanah air sendiri burung branjangan banyak sekali di temui di daerah Irian Jaya Papua, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan.

Nahh, jika anda sudah mengetahui karakteristik dan pengetahuan lainnya mengenai burung branjangan anda bisa mencoba untuk merawat nya, untuk perawatan burung branjangan ada beberapa metode yang bisa anda lakukan dan yang terpenting dari setiap metode yang nanti akan di catat harus di lakukan dengan baik dan secara kontinyu demi menghasilkan burung branjangan yang berkualitas.

Cara Merawat Burung Branjangan Agar Rajin Bunyi

Gamar Burung Branjangan Gacor

Gambar Burung Branjangan Gacor

Cara merawat burung branjangan dapat dilakukan menurut metode – metode yang ada dari mulai perawatan harian, Mastering burung, Pakan burung tambahan, dan sebagainya berikut ini kami akan jabarkan satu – persatu :

1. Memandikan Burung Branjangan dengan Rutin

Memandikan burung merupakan aktivitas yang sangat penting sekali dengan memandikan burung secara rutin akan menjadikan burung branjangan lebih sehat dan lebih segar untuk setiap harinya apalagi jika burung branjangan di mandikan dengan sabun khusus.

Untuk memandikan burung bisa dilakukan pada waktu – waktu tertentu yaitu pada saat pagi hari dan sore hari, untuk pagi hari bisa dilakukan pada pukul 7 hingga jam 9 pagi, namun untuk waktu sore hari bisa pada pukul 3 – 4 sore. Memandikan burung branjangan bisa dengan cara di semprot menggunakan air biasa atau bisa juga dengan air sabun.

2. Penjemuran Burung Branjangan

Jika burung branjangan sudah di mandikan dengan rutin hal yang selanjutnya dilakukan yaitu menjemur burung branjangan di bawah terik matahari pagi, cara tersebut berguna untuk membuat kering bulu yang baru basah terkena air adapun tujuan lain dari penjemuran yaitu untuk meningkatkan birahi burung .

Penjemuran burung juga tidak boleh di lakukan secara berlebih karena akan berakibat buruk terhadap burung tersebut yaitu bisa saja stress, lebih baik untuk menjemur burung bisa dilakukan dengan waktu yang tepat yaitu cukup selama 1 hingga 2 jam saja jangan lebih. Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 9 hingga 10 pagi agar mendapatkan hasil yang maksimal anda harus melakukanya secara rutin.

3. Pemilihan Sangkar Burung yang Tepat

Tujuan mengenal karakteristik burung branjangan yaitu mengetahui hal apa saja yang biasa di lakukan di alam liar agar nantinya burung tersebut juga merasakan kenyamanan seperti pada saat di alam liar, burung ini sejatinya sangat senang terbang kesana kemari maka dari itu anda harus menyediakan sangkar burung yang cukup besar agar nantinya burung tersebut bisa merasakan kenyamanan seperti saat dia berada di alam liar.

4. Perhatikan Makanan Burung Branjangan

Untuk mendapatkan burung branjangan yang sehat dan bisa gacor pemberian makanan merupakan aspek yang sangat penting sekali dengan memberikan makanan yang berkualitas akan menjadikan burung branjangan gacor dan dapat bertumbuh dengan baik.

Kriteria makanan burung branjangan yang berkualitas yaitu memiliki gizi yang seimbang dan mengandung banyak biji – bijian, untuk menambah kemampuan gacor burung tersebut anda harus memberikan makanan tambahan salah satunya yaitu Voer, Ulat Hongkong, Jangkrik dan serangga kecil lainnya.

5. Pemasteran Burung Branjangan

Agar burung branjangan dapat gacor anda harus melatih burung branjangan dengan rutin yaitu bisa dengan cara pemasteran burung, burung branjangan dapat di masterkan dengan burung prenjak, burung pleci, dan burung yang lainnya.

Tujuan dari pemasteran burung yaitu untuk menghasilkan jenis kicauan yang bervariasi dan meningkatkan kemampuan burung yang akan dimasterkan.

Untuk waktu pemasteran bisa pada saat dijemur di selingi dengan suara MP3 kicauan burung atau juga bisa pada waktu malam hari dengan cara di krodong terlebih dahulu agar nantinya burung bisa fokus mendengarkan suara mp3 masteran.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kutilang

Bagaimana mudah bukan untuk merawat burung branjangan jika memang anda sudah mengetahui karakter burung tersebut nantinya akan mudah untuk perawatan kedepannya, metode diatas termasuk mudah untuk dilakukan jika anda melakukan nya dengan rutin akan menghasilkan burung branjangan yang berkualitas.

Pencarian burung terbaru:

  • merawat branjangan
  • perawatan branjangan
  • karakter branjangan
  • perawatan burung branjangan
  • https://googleweblight com/i?u=https://hargaburung id/cara-merawat-burung-branjangan/&grqid=9zabpfKq&s=1&hl=id-ID
  • sifat burung branjangan dan makanan nya
  • Habitab burung branjang
  • cara ngejemur burung branjangan dengan baik
  • cara merawat burung branjangan
  • Cara merawat anakan burung br
Cara Merawat Burung Branjangan | Awal Nur Yulianto | 4.5