hargaburung.id

Cara Merawat Burung Ciblek

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, namun bagi para pecinta burung ciblek, burung ciblek di kenal sebagai fighter (petarung sejati) yang memiliki suara atau kicauan yang sangat kencang dan tinggi, burung yang disebut juga burung prenjak ini sangat di gemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Gambar Burung Ciblek Gacor

Gambar Burung Ciblek Gacor

Tubuhnya yang mungil ini jangan di abaikan kemampuannya meskipun demikian gajcorannya sangat merdu dan lantang, sehingga tidak heran jika banyak yang mengkategorikan juara pada si burung kecil ciblek ini/

Burung yang memiliki kaki kecil ini sudah banyak sekali yang membudidayakan atau menternakannya, karena mengingat permintaan di pasar yang cukup tinggi . Untuk habitat burung ciblek sendiri mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

Bagi para pembudidaya atau pemelihara burung ciblek ,pasti kalian semua menginginkan agar burung cibleknya memiliki kualitas yang tinggi, yang memiliki gacor yang lantang dan bermental tangguh dan kita harus merawat dengan baik dan benar.

Cara Merawat Burung Ciblek Harian yang Mudah dan Cepat Gacor

Gambar Memandikan Burung Ciblek

Gambar Memandikan Burung Ciblek

Dan pastinya ada tips dan trik bagaimana cara yang baik untuk merawat burung ciblek agar berkualitas tinggi dan gacornya tinggi. dan inilah tips dan triknya terutama bagi para pemelihaara yang masih pemula yang ingin merawat burung ciblek diantaranya:

1. Makanan yang Berkualitas

Makanan yang berkualitas yang di sukai oleh burung ciblek rata-rata burung ini menyukai jenis ekstra foding. kategori makanan ekstra fooding diantarannya adalah jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong, voer, susu bubuk ( promina,nestle).

Caranya adalah lumuih mulut burung itu dengan ekstra fooding dan jika kalian ingin memeberi maka berupa jangkrik atau belalang, kalian harus memotong bagian kepala, sayap dan kaki jangkrik atau belalang, yang di berikan hanya bagian tubuh jangrik dan belalang saja.

Bukan hanya makanan sehari-hari saja atau ekstra fooding, ada juga ramuan atau jamu khusus untuk si ciblek ini agar lebih gajor lagi.

2. Rawatlah dan Bersihkan Kandang Secara Rutin

Rawatlah kandang burung secara teratur, bersihkan secara teratur dari kotoran-kotoran burung yang menempel pada alas bawah pada kandang, agar kebersihan dan terutama tidak terkontaminasi bakteri dan kuman sehingga kesehatan burung tetap terjaga.

caranya sikat dan bilas secra bersih pada alas bagian bawah kandang dan jangan letakan kembali pada kandang apabila alas tersebut masih dalam keadaan basah, karena akan menumbuhkan juga jamur-jamur parasit.

bukan hanya masalah kebersihan kandang saja, akan tetapi perlu kalian ingat lagi ketika pemeliharaan kalian harus lebih teliti dengan keadaan wadah atau tempat makanan dan tempat minum burung ciblek, jangan sampai kehabisan stok makanan dan minuman.

Karena itu akan membuat burung ciblek ini kelaparan dan kehausan. dan juga perlu di perhatikan bersihkan juga wadah makanan dan wadah minum ciblek dari sisa-sisa makanan dan minumannya

3. Pemasteran Burung Ciblek

Ada beberapa cara pemasteran pada burung, agar ingin burung ciblek kalian gacor dan berkicau dengan nada tinggi yaitu dengan cara memasterkan burung ciblek dengan burung lain yang memiliki suara yang berbeda, metode ini terbukti sangat ampuh untuk menjadikan burung ciblek anda rajin gacor .

Memasterkan burung ciblek dapat dilakukan pada waktu malam hari atau siang hari , lebih efektif pada malam hari dengan suara kicauan dari MP3 juga bisa .

4. Pemberian Makanan Tambahan Burung Ciblek

Untuk menjadikan burung ciblek gacor anda harus memberikan makanan tambahan yang berkualitas untuk burung ciblek , makanan tambahan atau extra fooding dapat berupa ulat hongkong , jangkrik , serangga kecil .

Tujuan dari pemberian makanan untuk burung ciblek yaitu agar burung dapat berkembang dan tumbuh dengan sehat serta dapat mencerna nutrisi dari serangga yang dikonsumsi . Untuk pemberian makanan tambahan dapat diatur pada waktu tertentu yaitu pada waktu sore dan pagi hari .

Jika ingin memberikan makanan jangkrik misalnya anda harus memotong terlebih dahulu bagian tubuh jangkrik yang dapat dikonsumsi yaitu perut karena terdapat banyak nutrisi pada bagian tersebut.

5. Proses Memandian Burung Ciblek

Untuk tahap selanjutnya yaitu burung ciblek harus dimandikan jangan sampai tidak di mandikan pasalnya kebersihan memang sangat penting sekali terlebih lagi burung ciblek sangat rentan terhadap penyakit maka dari itu harus dimandikan secar rutin tidak boleh menunggu kotor.

Untuk memandikan burung ciblek bisa menggunakan semprotan dan air biasa yang penting seluruh tubuh burung ciblek terkena air bersih . Bila perlu menggunakan sabun khusus untuk memandikan burung . Waktu yang tepat untuk memandikan burung ciblek yaitu pada jam 7 hingga 10 pagi , kalau sore hari bisa pada jam 3 hingga jam 5 sore.

6. Proses Penjemuran Burung Ciblek

Setelah dilakukan tahap memandikan burung ciblek tahap selanjutnya yang tak kalah penting nya yaitu penjemuran burung ciblek , tujuan dari penjemuran burung ciblek yaitu untuk menyegarkan kembali burung yang sudah di mandikan agar tidak kedinginan .

Jika tidak di jemur setelah di mandikan burung ciblek bisa demam , manfaat dari penjemuran juga agar burung ciblek bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan lebih dekat dengan alam.

Waktu yang pas untuk menjemur burung ciblek yaitu pada waktu pagi hari pada jam 7 hingga jam 10 , apabila ingin menjemur sore hari anda bisa menjemur pada jam 3 hingga jam 5 sore untuk durasi cukup 1 hingga 2 jam saja sehari.

7. Pemberian Minuman dan Multivitamin

Untuk menunjang burung ciblek agar cepat gacor diperlukan minuman dan multivitamin yang berkualitas , untuk minuman burung ciblek dapat berupa madu dan air hangat serta di tambah multivitamin khusus burung yang pastinya para pecinta burung juga sudah tahu .

Untuk waktu pemberian minuman dan multivitamin lebih efektif pada pagi hari saat akan dimandikan tujuan nya agar dapat menyerap nutrisi dari vitamin dan madu tersebut juga baik dimakan sebelum burung ciblek memakan makanan yang berat .

8. Pengkerodongan Burung Ciblek

Ini merupakan metode yang tergolong cukup lama sebenarnya , tujuan dari proses tersebut yaitu untuk menjadikan burung lebih tenang saat istirahat dan tidak terganggu oleh aktivitas yang dapat membuat nya stress .

Pengkerodongan dapat dilakukan pada waktu malam hari saat akan tidur , bisa juga di gunakan pada saat akan di bawa pergi burung ciblek harus di beri kerodong.

Untuk merawat burung ciblek memang diperlukan ketelitian dan kedisiplinan agar mendapatkan burung ciblek yang gacor memang tidak instan metode diatas dapat di gunakan untuk beberapa jenis burung ciblek , mengingat burung ciblek memiliki jenis yang banyak dari mulai burung ciblek kebun , ciblek putih , ciblek tambak dan masih banyak yang lainnya.

Perawatan burung ciblek dapat dilakukan pada usia dewasa , untuk usia 5 bulan ke bawah perawatannya bisa dilakukan dengan sederhana saja mengingat kondisi burung ciblek anakan memang ketahanan tubuhnya masih belum kuat jadi harus di rawat dengan cara sederhana saja seperti pemberian pakan , minum dan juga ketersediaan tempat atau kandang yang hangat.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Prenjak

Itulah informasi mengenai cara merawat burung ciblek agar cepat gacor , semoga dapat membantu anda untuk mendapatkan burung ciblek yang sehat dan berkualitas juara.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat burung ciblek
  • Makanan burung ciblek
  • cara memandikan ciblek yang benar
  • cara merawat ciblek
  • cara merawat burung ciblek dan burung ferjak yg benar
  • cara memelihara ciblek lebih dari 3 ekor
  • cara memelihara cemblek umut
  • cara memandikan burung ciblek yg baik
  • cara ciblek gacor
  • waktu ciblek gacor
Cara Merawat Burung Ciblek | Awal Nur Yulianto | 4.5