hargaburung.id

Cara Merawat Burung Hantu

Bicara soal burung hantu, kalian jadi ingat gak tentang seorang pesulap yang kelihatan banget dengan aura mistisnya, yang setiap kali tampil selalu membawa peliharaan tersayangnya di atas panggung, ya dia adalah master limbad.

Gambar Burung Hantu

Gambar Burung Hantu

Pesulap yang satu ini selalu tak lupa membawa peliharaan kesayangannya yaitu burung hantu atau di sebut juga dalam bahasa latinnya Strigiformes, burung yang di kenal dengan burung yang aneh dan mistis, karena di kenal burung yang gak begitu aktif.

Burung yang memiliki kemampuan berputar 180 derajat ini, memang memiliki kebiasaan berburu atau mencari makan di waktu senja, subuh atau malam hari, namun tidak semuannya ada juga yang di siang hari tergantung mood kali ya, hehehe ,jenis hewan buruan yang sering burung hantu ini incar adalah tikus, serangga, kodok dll.

Burung hantu ini sering dijadikan hewan pemburu tikus yang cukup handal, maka tak heran jika di kampung-kampung banyak yang memlihara burung yang satu ini, kebanyakan yang memelihara itu para petani sebaga alat bantu untuk membasmi hama tikus yang merusak tanaman di ladang.

Kebiasaan yang sering di lakukan burung hantu ini adalah selalu dan sekali bediam diri diatas ranting pohon dan tubuhnya yang terkesan mematung, maka tak heran jika banyak yang bilang burung hantu ini adalah burung yang terkesan mistisnya. dan di bantu juga dengan matanya yang bulat itu yang terlihat keseramannya.

Cara Merawa Burung Hantu dengan Mudah

Gambar Burung Hantu Anakan

Gambar Burung Hantu Anakan

Bicara soal ciri dan kebiasaan, kini banyak yang bertanya gimana si cara merawat burung hantu yang satu ini.  nah di segment kali ini saya akan bahas bagaiman cara merawat burung hantu dengan baik agar populasi burung hantu ini tidak punah.

1. Mencari Referensi Burung Hantu

Memelihara burung hantu agar tidak salah kaprah dalam hal pemeliharaan, alangkah baiknya kita mencari referensi pemeliharaan. Kenapa kita harus menentukan hal tersebut karena bertujuan agar lebih memiliki ilmu pangetahuan dalam pemeliharaan dan perawatan.

Jika tujuannya untuk penangkaran alangkah baiknya ilmu pengetahuan ini sangatlah penting untuk kita gunakan. beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam pemeliharaan :

  • Jenis burung
  • Pelatihan burung
  • Manfaat penangkaran burung hantu dalam segala bidang dll

2. Menentukan Tujuan Pemeliharaan

Hal ini sebaiknya kita lakukan untuk tidak menyalahgunakan dalam proses pemeliharaan adalah gunakan sesuai kebutuhan dan kebijakan agar tetap populasi burung hantu tidak punah. burung hantu yang sudah terlatih akan sangat bermanfaat bagi manusia.

3. Memilih Tempat yang Sesuai Untuk Memelihara

Cara ini harus kita perhatikan, karena lingkungan yang nyaman akan membuat sang burung hantu ini merasa nyaman dan baik dalam perkembangan, namun sebaliknya jika lingkungan yang kurang nyaman akan membuat sebagian besar merasakan stres pada diri si burung hantu ini.

Pemilik burng hantu harus ya lebihaktif dan lebih hati-hati dalam pemeliharaan, karena tidak sama dengan pemeliharaan burung yang bisa berkicau, alangkah baiknya agar kita dapat memiliki ilmu yang lebih untuk pemeliharaan, saya sarankan untuk bergabung dalam komunitas pecinta burung hantu.

4. Jangan di Tempatkan Dalam Sangkar

Kenapa kita tidak boleh memasukan burung hantu pada sangkar?, karena berbeda dengan burung kicau lainya yang sebagian besar akan di buatkan sangkar untuk tempat tinggal, karena burung hantu cenderung akan merasakan stress saat di tempatkan pada sangkar.

Alangkah baiknya jika kita ingin memelihara burung hantu sebaiknya kita sediakan ranting atau tempat yang baik untuk si burung hantu ini bertenggger, karena kebiasaan dari burung hantu in adalah bertengger diatas pohon.

Dan jika kalian takut apabila di tenggerkannya burung hantu ini bisa sewaktu-waktu lepas atau terbang, saya sarankan agar di lengkapi dengan mengikatkan tali atau alat pengikat pada kaki burung hantu yang nanti akan di ikatkan pada tempat tenggeran burung hantu.

5. Perlakuakn Burung Hantu Layaknya Teman

Jika kita memelihara burung hantu, alangkah biaknya kita latih dan perlakuakn burung tersebut layaknya teman akrab kita apalagi jika kita masih dalam tahap pemula dalam pepeliharaan.

Hal dasar dari ini contohnya memberikan pakan secara teratur pada si burung hantu, dan lakukan pemandian setiap hari dengan cara di semprot, dan jangan lupa pendekatan lainya secara rutin dan teratur.

6. Memberi Pakan dan Minum Secukupnya

kebanyakn burng hantu menyukai aneka pakan berupa serangga- serangga, dalam hal lain misalnya pakanan belalang, jangkrik dll, apalagi burung hantu celepuk atau dikata lain sebagia anak burung hantu, itu lebih mudah ketika kita memberikan pakan, dari pada barn owl (burung hantu dewasa). bukan itu saja sebagai pakan tambahan kita bisa kasih makanan berupa ikan kecil, tikus, kayak kecil dll

Bukan hanya memberikan pakan saja, alangkah baiknya kita beri minum juga burung hantu ini, dengan cara memberikan langsung pada paruhnya untuk diminumkan.

7. Jangan Menjemur Burung Hantu

Biasanya jika burung yang berkicau kebebanyakan setelah proses pembersihan atau pemandian bisanya langsung di jemur, namun lain dengan burung hantu yang satu ini, burung hantu alangkah baiknya jangan lakukan hal penjemuran langsung pada paparan sinar matahari.

Burung yang jenis ini disebut burung hantu jenis noktural yang dinilai burung yang sempurna, sebenarnya tak salah jika burung ini di keluarkan pada pagi hari namun tidak langsung kena paparan sinar matahari pagi. justru pada saat terang di siang hari burung hantu ini berada pada tempat persembunyiannya.

dan saya anjurkan juga jika ingin lebih jinak lagi, alangkah baiknya berikan sentuhan lembut pada burung hantu yang kalian miliki, sering berkomunikasi/ berbicara dengan burung hantu, dan sebaiknya jika pada malam hari lebih baik matikan lampu karena burung hantu lebih tenang denang suasana yang tenang dan menghindari kebisingan.

8.  Ajaklah Burung Hantu Bermain

Bukan hanya di kasihkan sentuhan lembut pada burung hantu yang kalian miliki, namun jika ingin memiliki burung hantu yang membuat kita lebih dekat dengannya, ajaklah adaptasi seasik mungkin.

Dengan memberinya makan dan mengajaknya untuk berbicara, melatih agar lebih dekat dengan kita dengan cara bertengger pada sebagian tubuh kita, misal pada lengan tangan, pada pundak kita. Itu yang nantinya akan membuat si burung hantu tahu siapa itu majikan/ pemiliknya, dan tau apa yang kita inginkan darinya.

Itulah beberapa pembahasan tentang burung hantu dan juga tentang cara merawatnya. sebenarnya ada banyak cara dan trik yang lain untuk merawat si burung hantu yang sakit, dengan kita bertanya pada sama-sama pemilik burung hantu.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai

Atau bisa dengan cara lain bergabung dengan kelompok atau komunitas pecinta burung hantu. Agar kita lebih tahu dan lebih berhati-hati lagi dalam merawat binatang peliharaan supaya kita tidak salah dalam melakukan perawatan pada peliharaan kita , tetap menjaga kelestarian populasi burung hantu dari kepunahan. terima kasih

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat anak burung hantu
  • ciri² burung hantu cara pola prawatan
  • cara memelihara burung hantu dari kebun
  • memelihara burung hantu
  • makanan burung hantu celepuk dewasa
  • cara mudah mebgantikan makanan burung owl dg tahu
  • cara merawat celepuk usia muda
  • cara merawat anakan burung hantu
  • cara merawa burung muray akan
  • cara memelihara owl
Cara Merawat Burung Hantu | Awal Nur Yulianto | 4.5