hargaburung.id

Cara Merawat Burung Jalak Suren

Burung jalak suren merupakan salah satu burung yang sangat eksotis burung ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi untuk harga burung jalak suren tertinggi nya bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung dari perawatan dan prestasi dari burung tersebut.

Burung jalak suren cocok juga dijadikan sebagai peliharaan biasa di rumah juga bisa dijadikan sebagai kontestan lomba burung , jenis burung jalak suren memang sangat banyak sehingga bagi para pecinta burung yang masih pemula pasti masih kebingungan membedakan burung jalak suren dengan jenis yang lainnya.

Salah satu jenis burung jalak yang sering dimiliki pecinta burung yaitu burung jalak suren karena memiliki warna yang khas serta untuk perawatan nya juga tergolong sangat mudah maka dari itu banyak sekali pecinta burung jalak suren di Indonesia walaupun masih banyak jenis burung jalak yang lainnya.

Adapun jenis jenis burung jalak yang populer dan serring di jadikan sebagai peliharaan di Indonesia yaitu sebagai berikut :

1. Burung Jalak Kerbau

Gambar Burung Jalak Kerbau Gacor

Gambar Burung Jalak Kerbau Gacor

Burung jalak kerbau yang juga memiliki nama latin Acridotheres Javanicus ini merupakan burung yang berasal dari Jawa sesuai dengan nama nya yaitu Javanicus , spesies burung jalak kerbau saat ini sudah sangat jarang keberadaannya . Harga burung jalak kerbau saat ini mencapai 100 hingga 400 ribuan untuk per ekor nya.

2. Burung Jalak Nias

Burung Jalak nias juga merupakan burung yang banyak penggemarnya di Indonesia dengan nama latin Acridotheres Tristis , namun untuk di daerah lain burung ini memiliki nama yang berbeda seperti jalak kerak ungu dan masih banyak julukan nya.

Gambar Burung Jalak Nias

Gambar Burung Jalak Nias

Burung jalak nias memiliki habitat asli yaitu di daerah pegunungan tinggi yang berkisar mencapai 3000 meter diatas permukaan laut dan sangat suka sekali dengan pepohonan yang rindang . Untuk populasi burung jalak nias ini semakin menurun dikarenakan habitat nya yang berkurang.

3. Burung Jalak Bali

Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang sangat terkenal di Indonesia dah bahkan sering menjadi pokok pembahasan di salah satu mata pelajaran IPA burung jalak bali memiliki nama latin Leucopsar Rothschildi . Sesuai nama nya yaitu burung jalak bali burung ini memiliki habitat asli di daerah bali.

Gambar Burung Jalak Bali

Gambar Burung Jalak Bali

Harga burung jalak bai sangat mahal untuk harga paling murah nya mencapai 5 juta rupiah dan yang paling mahal harganya mencapai 15 juta rupiah. Burung ini memiliki ciri ciri sangat mudah dikenali yaitu memiliki warna biru pada kedua bulu matanya.

4. Burung Jalak Suren

Burung jenis tersebut merupakan burung yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia selain burung ini memiliki harga yang murah yaitu dibanderol dengan harga 400 ribu hingga 1 jutaan burung jalak suren juga sangat mudah untuk di rawat.

Gambar Burung Jalak Suren

Gambar Burung Jalak Suren

Tidak perlu mahal dalam merawat burung jalak suren ini karena untuk perawatan hariannya cukup mudah anda tinggal konsisten saja dan secara kontinyu. Burung jalak memiliki nama latin Sturnus Contra mempunyai ciri – ciri warna yang sangat jelas yaitu berwarna hitam dan ada sedikit corak berwarna putih.

Burung jalak suren memiliki sayap yang mudah dikenali yaitu dengan warna putih dan hitamnya untuk jenis kelamin burung jalak sering jika memiliki tingkah yang sangat aktif dan sering gacor sudah bisa dipastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan dan jika memiliki tanda – tanda sebaliknya seperti memiliki body yang lebih kecil dan jarang aktif burung jalak suren tersebut berjenis kelamin betina.

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Untuk perawatan burung jalak suren seperti topik utama kita dibawah kita akan share bagaimana sih cara merawat burung jalak suren yang baik dan benar itu seperti apa ? Yuk simak infonya berikut ini :

Untuk merawat burung jalak suren sebenarnya hampir sama dengan burung yang lainnya yang terpenting dalam perawatan burung jalak suren ini anda harus bisa memahami karakternya karena dapat berbeda karakter burung jalak suren dengan burung jalak yang lainnya oleh sebab itu detail perawatannya sebagai berikut

1. Penjinakan Burung Jalak Suren

Walaupun burung jalak ini mudah untuk di dapatkan dan di temui namun jika sudah terdapat pada sangkar burung seringkali mudah stress karena tidak terbiasa di tangkar di dalam kandang , oleh sebab itu penjinakan burung jalak suren penting sekali di lakukan.

Jika burung jalak suren yang anda miliki sudah jinak maka untuk kedepannya akan mudah sekali untuk dirawat.

2. Memandikan Burung Jalak Suren

Untuk proses selanjutnya burung jalak suren harus di mandikan secara rutin anda harus disiplin karena jika burung jalak suren tidak dimandikan akan sangat gampang terkena penyakit dan kutu.

Untuk proses memandikannya juga ada beberapa metode salah satu metode yang digunakan yaitu dengan semprotan , metode ini sangat mudah dan murah sekali anda tinggal membeli semprotan khusus burung dengan cara di semprot saja . Untuk waktu yang tepat lebih baik di lakukan pada jam 8 pagi setelah itu bisa anda langsung jemur.

3. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung Jalak Suren

Kandang burung jalak suren juga harus di perhatikan jangan asal beli untuk , kandang burung yang baik yaitu memiliki ukuran yang cukup besar agar ruang gerak untuk burung bisa leluasa . Kebersihan burung jalak suren juga harus diperhatikan harus selalu di bersihkan jika sudah menumpuk kotorannya.

4. Pemberian Makanan Burung Jalak Suren

Untuk memberikan makanan burung jalak suren juga tidak boleh sembarangan harus berkualitas dan mengandung berbagai karbohidrat dan vitamin lainnya , makanan burung jalak suren bisa berupa buah – buahan dan sayuran .

5. Memberikan Extra Fooding atau EF

Dengan memberikan EF atau extra fooding burung jalak akan lebih cepat gacor jika sudah di rawat secara intensive dan diberikan extra fooding dijamin suaranya akan lebih merdu lagi , adapun Extra Fooding meliputi jangkrik , ulat hongkong , kroto , cacing dan serangga yang lainnya.

6. Pengkrodongan Burung Jalak Suren

Untuk metode ini sebenarnya sudah cukup lama hanya saja banyak pecinta burung yang jarang menggunakan metode ini , penggrodongan dapat dilakukan pada waktu malam hari saat burung jalak suren sedang beristirahat , agar mendapatkan hasil yang maksimal burung jalak suren bisa dilakukan dengan memasterkan burung jalak suren.

7. Jauhkan Burung Jalak Suren Dari Pengganggu

Salah satu faktor burung jalak suren cepat stress yaitu sering adanya pengganggu dari burung lainnya yang dimana dapat berdampak sangat buruk untuk burung jalak suren , adapun faktor yang lain juga dapat di sebabkan oleh kucing dan hewan lainnya yang mengancam burung jalak .

Baca Juga : Cara Merawat Burung Pentet

Mudah bukan untuk merawat burung jalak suren ? untuk merawat burung jalak suren anakan anda bisa menggunakan sebagian metode diatas . Agar burung jalak suren cepat gacor anda bisa mengikuti cara yang diatas burung jalak suren jika dirawat dengan baik akan mendapatkan hasil yang bagus bahkan dapat bernilai jual yang tinggi.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat jalak suren
  • cara merawat jalak
  • cara perawatan burung jalak
  • jalak sureb
  • ciri ciri burung jalak suren stress
  • cara memelihara jalak
  • cara memandikan burung jalak
  • Burung yg cocok berdamping dng burung jalak
  • waktu mandiikan burung jalak suren
  • apakah jalak suren perlu di songkop
Cara Merawat Burung Jalak Suren | Awal Nur Yulianto | 4.5