hargaburung.id

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Pecinta burung pastinya sudah tidak asing dengan burung kolibri bukan ? burung ini termasuk ke dalam burung kicauan yang paling banyak diminati oleh pecinta burung di Indonesia bukan hanya kicauan nya aja yang menjadi daya tarik namun warna tingkahh laku nya juga sangat menarik sekali terlebih lagi burung ini memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga banyak yang memelihara burung kolibri ini.

Burung kolibri memiliki habitat di alam liar yang memiliki pepohonan yang rindang dan juga memiliki susana yang dingin , burung minimalis ini jangan dianggap remeh walaupun bentuknya sangat kecil namun untuk kemampuan terbang dan kicauan nya sangat menakjubkan sekali.

Mungkin sebagian pecinta burung masih belum tahu sebenarnya ada fakta yang mengejutkan dari burung kolibri ini , burung kolibri atau yang memiliki nama populer di dunia sebagai Hummingbird ini fakta nya merupakan salah satu burung yang memiliki jenis burung terbanyak di dunia tercatat sekitar 325 jenis burung hummingbird yang tersebar di dunia .

Dan kabarnya ukuran tubuh dari burung mungil ini merupakan spesies terkecil di dunia karena hanya memiliki ukuran tubuh 2,25 inchi , kemampuan terbang dari burung kolibri ini sangat menakjubkan bisa terbang dengan jarak yang jauh juga dengan jarak tempuh mencapai 30 mil per jam dan itu hanya dalam keadaan terbang biasa jika dalam keadaan menukik atau ber manuver kecepatnya bisa 2 kali lebih cepat dari biasanya nya.

Jenis – Jenis Burung Kolibri di Indonesia

Nahh ,, jenis burung kolibri di Tanah air juga beragam sekali untuk lebih jelasnya lagi simak info berikut ini :

1. Burung Kolibri Kelapa

Gambar Burung Kolibri Kelapa

Gambar Burung Kolibri Kelapa

Burung kolibri kelapa atau yang juga di sebut sebagai burung kolibri manggar merupakan spesies burung yang memiliki habitat di daerah sekitar pantai ini sangat unik sekali karena memiliki warna yang bervariasi dari mulai warna biru dan coklat untuk suara kicauan burung kolibri ini juga mudah untuk dikenali.

2. Burung Kolibri Ninja

Gambar Burung Kolibri Ninja

Gambar Burung Kolibri Ninja

Untuk jenis burung kolibri yang selanjutnya yaitu burung kolibri ninja , burung kolibri jenis tersebut sangat banyak di temui di Indonesia karena memang banyak peternak yang memelihara burung kolibri jenis ini , disamping untuk perawatan nya juga mudah burung kolibri juga sangat bersahabat sekali dengan manusia.

Jenis burung kolibri ninja ini memiliki habitat asli di hutan yang lebat dan berada di ketinggian 200Mdpl, burung ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki topi hijau metalik dan juga memiliki warna khusus pada bagian lehernya yang berwarna ungu.

3. Burung Kolibri Sepah Raja

Gambar Burung Kolibri Sepah Raja

Gambar Burung Kolibri Sepah Raja

Jenis burung kolibri yang satu ini berbeda dengan yang lainnya dilihat dari warna nya saja sudah sangat berbeda , burung kolibri sepah raja memiliki warna yang sangat mencolok sekali dengan balutan warna merah di sekujur tubuhnya menjadikan burung kolibri ini sangat menawan untuk di pelihara.

Namun untuk perbedaan burung kolibri sepah raja betina dan jantan memiliki perbedaan warna yang mencolok jika burung kolibri jantan memiliki warna dominan merah sedangkan betina memiliki warna dominan hijau dan abu – abu.

4. Burung Kolibri Wulung

Gambar Burung Kolibri Wulung

Gambar Burung Kolibri Wulung

Jenis burung kolibri yang terakhir akan kami bahas yaitu burung kolibri wulung , burung jenis ini memiliki nama latin Anthreptes singalensis , dari sekian banyak jenis burung kolibri salah satu jenis burung yang paling berani dan memiliki jiwa petarung yaitu burung kolibri wulung.

Pekikan suara nya sangat jelas sekali dan bahkan sangat keras berbeda dengan burung kolibri jenis yang lainnya , ciri khas dari burung ini yaitu memiliki warna abstrak di daerah punggung nya yang jika terkena sinar matahari sangat jelas terlihat bersinar . Cucuk burung kolibri ini juga memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang ketimbang burung kolibri jenis yang lain.

5.  Burung Kolibri Ekor Merah

Gambar Burung Kolibri Ekor Merah

Gambar Burung Kolibri Ekor Merah

Burung yang satu ini sangat unik dengan ciri khas dari bulu ekor nya yang berawarna merah sangat cerah membuat burung ini disebut sebagai burung kolibri ekor merah .

Kolibri ekor merah memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari jenis kelamin burung tersebut jika burung kolibri berjenis kelamin betina ukuran badannya lebih kecil yaitu sekitar 10 cm sedangkan burung kolibri ekor merah jantan untuk ukuran tubuhnya 13 cm .

Untuk ciri khusus dari burung kolibri ekor merah ini memiliki warna pada bagian tubuh yang berawarna coklat serta pada paruh dan kaki hitam memiliki warna yang sama.

Dari beberapa jenis burung kolibri diatas mungkin yang paling sering di pelihara dan paling populer oleh pecinta burung di Indonesia yaitu burung kolibri ninja .

Burung kolibri ninja ini memang sangat indah jika dilihat dari bulu nya serta suara kicauan nya juga tidak di ragukan lagi bisa di sejajarkan dengan burung lovebird.

Untuk harga burung kolibri dari berbagai jenis nya juga sangat bervariatif namun untuk selisih harganya tidak terpaut terlalu jauh .

Hanya saja yang membedakan nya dari segi umur dan prestasi burung kolibri tersebut untuk harga burung kolibri ninja bakalan harga nya masih murah dari pada burung kolibri yang sudah dewasa.

Merawat burung kolibri ninja sebenarnya juga mudah tergantung juga dari diri anda apakah mampu sabar untuk merawat burung kolibri anda karena dibutuhkan ke telatenan dan kedisplinan berikut ini kami berikan tips cara merawat burung kolibri supaya cepat bunyi.

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Agar Cepat Bunyi

Gambar Perawatan Burung Kolibri Ninja

Gambar Perawatan Burung Kolibri Ninja

Untuk merawat burung kolibri agar cepat bunyi atau kadang macet bunyi harus di tangani dengan beberapa metode  cara termudah yaitu dengan perawatan harian  yang mungkin tidak lah simple namun jika anda serius burung kolibri bisa cepat bunyi seperti dengan cara berikut ini :

1. Mengembunkan Burung Kolibri Ninja Pagi Hari

Pada pagi hari udara sejuk dari alam akan sangat membantu burung kolibri untuk berkicau karena memang naluri dari burung kicau sering berbunyi pada pagi hari , jika setelah malam hari di kerodong full anda bisa membuka kerodong nya dan keluarkan pada jam 5 pagi.

Karena pada waktu tersebut embun sedang turun dan sangat segar udara nya , anda bisa mengembunkan burung kolibri dengan kurun waktu 2 jam saja cukup . Treatment tersebut bisa anda lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal tentunya.

2. Memandikan Burung Kolibri Ninja dengan Rutin

Kebersihan memang sangat disukai oleh burung kolibri oleh sebab itu anda harus memandikan burung ini secara rutin jangan sampai menunggu kotor karena ini hanya akan membuat burung kolibri stress , untuk memandikan nya juga harus dengan cara yang benar lebih baik dengan cara di semprot menggunakan semprotan agar air yang terkena ke tubuh burung kolibri rata dan menyeluruh .

Nahh,, untuk waktu memandikan burung kolibri ninja bisa pada waktu pagi dan sore hari , pada waktu pagi lebih baik pada jam 6 hingga jam 7 pagi . Jika pada sore hari bisa pada jam 4 hingga jam 5 sore.

3. Penjemuran Burung Kolibri Ninja

Apabila burung kolibri ninja sudah di mandikan dengan bersih anda tinggal melakukan proses penjemuran , penjemuran ini bisa anda lakukan pada waktu setelah mandi yaitu pada waktu sore dan pagi hari juga .

Untuk waktu pagi hari bisa dilakukan pada jam 9 hingga jam 10 pagi , jika pada sore hari bisa dilakukan pada pukul 3-4 sore lebih baik jemur di tempat yang banyak terlihat pepohonan dan dengan udara yang sejuk .

4. Memberikan Makanan yang Tepat dan Berkualitas

Pada tahap pemberian makanan untuk burung kolibri anda harus benar – benar dengan tepat memilih pakan yang terbaik untuk burung kolibri ninja karena akan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan burung tersebut.

Sejatinya burung kolibri sangat menyukai makanan yang manis seperti madu dan nektar anda bisa sediakan madu yang di campur dengan air gula guna untuk makanan sehari – hari jangan lupa juga untuk diberi voer sebagai makanan tambahan .

5. Lakukan Pemasteran

Pemasteran bisa di lakukan pada waktu malam hari yaitu saat burung akan beristirahat dengan dikerodongkan akan lebih baik agar burung kolibri ninja bisa fokus mendengar burung atau suara untuk pemasteran , cara ini sangat efektif agar burung kolibri dapat gacor dengan cepat.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Dara

Bagaimana mudah bukan merawat burung kolibri ninja ? bagi pecinta burung yang masih pemula mungkin sedikit sulit untuk melakukan treatment atau perawatan diatas namun jika sudah terbiasa nantinya akan bisa dan yang penting harus rutin melakukan perawatan seperti yang ada diatas.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat burung kolibri
  • Cara merawat kolibri
  • perawatan burung kolibri
  • https://hargaburung id/cara-merawat-burung-kolibri-ninja/
  • Cara merawat burung ko
  • harga burung kolibri ninja ombyokan
  • cara merawat kolibri liar
  • cara merawat burung konin
  • Foto Kolibri
  • jenis burung kolibri ninja
Cara Merawat Burung Kolibri Ninja | Awal Nur Yulianto | 4.5