hargaburung.id

Cara Merawat Burung Kolibri

Merawat burung adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan sekaligus dapat menambah rasa perduli kita terhadap sesama makhluk hidup , apalagi kita merawat burung yang memang burung kesukaan kita pastinya akan menambah mood kita setiap hari nya.

Gambar Burung Kolibri Wulung Terbang

Gambar Burung Kolibri Wulung Terbang

Salah satu burung yang mudah untuk di rawat yaitu burung kolibri burung kolibri yang notabene nya merupakan burung yang suka sekali dengan nehtar bunga juga sangat suka dengan biji bijian dan madu , oleh sebab itu untuk mencari pakan burung kolibri itu sangat mudah sekali.

Terlebih lagi burung ini memang mudah untuk diatur sehingga tidak terlalu sulit untuk merawatnya , burung kolibri juga sangat suka sekali dengan serangga – serangga kecil seperti jangkrik , ulat dan serangga yang lainnya. Walaupun burung kolibri memiliki ukuran tubuh yang minimalis namun untuk kicauan nya jangan dianggap remeh .

Suara dari burung kolibri bisa terdengar dari jarak beberapa meter namun seringkali yang kita temui di daerah – daerah burung kolibri tidak begitu aktif dengan berkicau mereka lebih suka untuk mencari makanan seperti nehtar bunga dan madu atau bahkan serangga kecil – keci.

Namunn sebagian pecinta burung di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui apa saja sih ciri khas atau karakteristik burung kolibri , nahh,, berikut ini kami akan menjelaskan secara detail mengenai karakteristik burung kolibri terlebih dahulu :

Karakter Burung Kolibri yang Perlu Anda Ketahui

1. Suara Kicau Burung Kolibri

Sebenarnya saat dulu burung kolibri kurang banyak diminati oleh para pecinta burung di Indonesia , seiring berjalan nya waktu burung kolibri semakin banyak yang meminati nya dari mulai pecinta burung yang sudah berpengalaman hingga pecinta burung yang masih pemula.

Ada beberapa faktor yang membuat burung ini sangat disukai oleh kicau mania yaitu salah satu nya karena faktor suara nya , burung ini sering menjadi isian untuk beberapa burung kicau lainnya seperti burung Pleci , Anis Merah , Kacer dan beberapa burung yang lainnya.

2. Makanan Burung Kolibri

Untuk makanan Burung kolibri sendiri berbeda dengan burung pada umumnya , jika burung jenis yang lainnya makanan nya mungkin hanya berupa serangga dan biji – bijian saja .

Namun untuk burung kolibri mereka memiliki menu makanan yang sangat unik yaitu nehtar bunga dan madu langsung dari lebah . Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya bahwa burung ini sangat menyukai makanan tersebut.

Namun , anda jangan bingung untuk mencari menu makanan tersebut karena sangat mudah di cari di beberapa toko yang menyediakan pakan burung kolibri.

3. Melakukan Hal Unik saat Ingin Berkembang Biak

Salah satu hal yang sangat unik dari seekor burung kolibri yaitu pada saat masuk musim kawin tiba , burung kolibri akan berkicau ke pasangan nya dan terbang mengelilingi burung kolibri betina dengan pelan .

Namun berbeda dengan burung kolibri betina jika ingin menunjukan perasaan nya , burung tersebut terbang dengan ketinggian beberapa meter dan melakukan aksi untuk menarik perhatian lawan jenis nya.

Itulah beberapa ciri khusus dan karakteristik dari burung kolibri pengetahuan tersebut sangatlah penting sekali karena untuk merawat seekor burung haruslah memiliki pengetahuan dasar mengenai bruung tersebut .

Jika anda sudah mengetahui semuanya mengenai karakter burung yang ingin anda pelihara dan rawat pastinya nanti akan mudah sekali untuk merawatnya hingga menjadi burung yang berkualitas.

Jika pengetahuan dasar mengenai burung kolibri sudah anda miliki pastinya untuk merawat burung kolibri kedepan nya akan sangat mudah , tujuan dari merawat burung kolibri selain dapat membuat burung kolibri menjadi lebih bersih dan segar juga dapat membantu burung kolibri dalam masa pertumbuhan.

Cara Merawat Burung Kolibri Agar Cepat Bunyi dan Sehat

Gambar Perawatan Burung Kolibri

Gambar Perawatan Burung Kolibri

Adapun merawat burung kolibri juga dapat membuat burung tersebut lebih sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit atau mungkin dari kutu yang bisa menyerang burung kolibri , berikut ini ada seputar tips cara merawat burung kolibri agar tidak sakit dan cepat bunyi atau gacor tentunya .

1. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung Kolibri

Agar burung kolibri nyaman anda harus bisa menyiapkan kandang yang bersih dan terhindar dari kotoran tidak perlu besar besar untuk mengisi burung kolibri yang terpenting adalah kebersihan dari kandang tersebut.

Karena akan sangat mempengaruhi sekali mood dari burung tersebut jika kandang tidak bersih maka burung akan cepat stress dan akhirnya bisa saja sakit. Bersihkan kadang burung kolibri secara rutin jangan menunggu kotoran menumpuk yang terpenting anda harus cekatan dan sigap.

2. Memandikan Burung Kolibri

Ini merupakan tahap yang sangat penting sekali karena beberapa faktor keberhasilan dalam merawat burung kolibri yaitu burung kolibri memiliki daya kekebalan tubuh yang bagus.

Untuk membuat hal tersebut diperlukan mandi secara rutin agar nantinya burung kolibri sehat dan segar dan bahkan bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berabahaya .

Untuk memandikan burung kolibri anda bisa memandikan nya pada waktu – waktu tertentu yaitu pada saat pagi hari dan sore hari jika ingin memiliki hasil maksimal anda bisa memandikan nya secara rutin setiap hari . Pemandian bisa dilakukan pada jam 7 hingga jam 10 pagi dan pada sore hari bisa dilakukan pada waktu jam 4 hingga jam 5 sore.

3. Penjemuran Burung Kolibri

Jika burung kolibri sudah berhasil dimandikan anda tinggal melakukan tahap yang selanjutnya yaitu proses penjemuran burung . Pada tahap ini juga harus sesuai waktu yang tepat bisa dilakukan pada saat burung habis dimandikan atau bisa juga sesuai dengan cuaca.

Jika cuacanya bagus bisa anda jemur burung kolibri pada waktu siang hari sekitar jam 2 hingga 3 sorean , letakan pada tempat yang sejuk dan terkena aliran udara yang segar pada sore hari.

Jika hal ini dapat dilakukan dengan rutin kami jamin burung kolibri dapat berkembang dengan cepat dan bahkan bisa cepat bunyi.

4. Pemberian Pakan yang Berkualitas

Bagi setiap burung makanana merupakan suata hal yang sangat penting sekali seperti halnya manusia yang sangat membutuhkan makan dan minum. Biasanya burung kolibri memiliki selera pada nehtar bunga dan madu yang paling sering di cari oleh burung tersebut.

Yang terpenting makanan pokoknya terlebih dahulu setelah itu anda tinggal menambahkan porsi makanan juga bisa ditambahkan makanan tambahan lainnya seperti serangga dan voer khusus burung kolibri yang banyak dijual di toko.

Bagaimana mudah bukan untuk cara merawat burung kolibri agar cepat gacor dan bunyi ?? yang terpenting dari beberapa metode diatas anda dituntut disiplin waktu pada saat memandikan maupun beberapa tahap yang lainnya . Namunn , metode diatas hanya dapat dilakukan pada burung kolibri yang sudah dewasa jika burung kolibri anda masih anakan .

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Model perawatan nya juga berbeda tidak bisa disamakan dengan burung yang belum memasuki umur dewasa , demikian informasi cara merawat burung kolibri semoga bermanfaat. Salam gacor mania !!

Pencarian burung terbaru:

  • burungkolibri
  • Waktu yang tepat cari burung kolibri
  • cara merawat kolibri ninja yg sakit
  • cara merawat burung madu anakan cepat bunyi
  • cara merawat burung kolipri
  • cara merawat burung kolibri agr sehat daj gacor
  • Cara merawan dan pemberian pakan burung konin bagi pemula
  • cara kasi makan burung oli bri nija
  • burung manyar dan kolibri jadi satu
  • bagaimana cara memberikan pakan pada jenis burung kolibri
Cara Merawat Burung Kolibri | Awal Nur Yulianto | 4.5