hargaburung.id

Cara Merawat Burung Merpati

Pecinta burung pastinya sudah tidak asing bukan dengan burung merpati ?? burung satu ini merupakan spesies burung yang sudah ada sejak lama di dunia .

Gambar Burung Merpati

Gambar Burung Merpati

Pada jaman dahulu burung merpati memiliki peranan yang sangat penting sekali untuk umat manusia yaitu berguna untuk mengantar kan info dengan surat atau dengan kata lain burung merpati digunakan untuk sarana mengirimkan surat .

Karena pada waktu itu belum ada kendaraan atau alat transportasi yang layak untuk mengirimkan pesan melalu surat akhirnya menggunakan media burung merpati sebagai pengirim nya.

Burung merpati tergolong burung yang memiliki kecerdasan yang tinggi bagaiamana tidak . Burung yang hanya satu – satu nya yang dapat mengirimkan surat sesuai dengan alamat si pengirim.

Dan lebih hebat nya lagi bisa mengetahui beberapa lokasi rumah ataupun tempat yang sesuai dengan si pengirim tersebut , sehingga tidak heran bukan kalau burung ini jika kita lepaskan akan balik lagi ke kandang mereka sendiri .

Nahh,, bagaiaman apakah anda ingin berminat memelihara burung merpati ?? untuk merawat burung merpati memang tidaklah begitu sulit hanya saja anda harus rajin untuk membersihkan kandang dan selalu siapkan makanan saja.

Gambar Burung Merpati Jantan

Gambar Burung Merpati Jantan

Sama seperti halnya burung pada umum nya namun untuk pemeliharaan burung merpati saya rasa lebih mudah karena tidak membutuhkan berbagai macam makanan tambahan atau ekstra fooding .

Cukup di berikan makanan seperti jagung dan minuman lainnya namun jika anda menginginkan burung merpati yang di prospek untuk balap ada juga perawatan khusus yang harus dilakukan . Nahh berikut ini ada seputar tips untuk membeli burung merpati bagi pemula :

1. Memilih Burung Merpati yang Sehat

Bagi anda yang hendak membeli merpati anda harus bisa memilih burung merpati yang sehat karena ini salah satu faktor yang sangat penting dalam perawatan burung merpati , jika anda memilih burung merpati yang tidak sehat atau dalam kata lain sakit maka akan berdampak terhadap burung yang lain nya bisa saja menular dari satu burung ke burung yang lainnya.

Burung merpati yang sehat – memiliki ciri – ciri yaitu memiliki mata yang jernih tidak merah , memiliki bulu yang halus dan rapi tidak terlihat kusam . Sayap burung merpati masih terlihat kokoh dan tidak ada cacat sedikitpun . Dan jika anda memegang burung merpati yang sehat akan sangat terasa sekali tenaga nya itu karena tanda – tanda burung aktif dan sehat.

2. Hindari Memilih Burung Merpati yang sudah Tua

Jika hendak membeli anda harus perhatikan usia burung merpati , lebih baik atau disarankan anda membeli burung merpati yang muda agar nantinya umur merpati anda lebih lama dan bisa lebih lama lagi untuk dijadikan burung peliharaan.

Adapun burung merpati tua banyak memiliki kelemahan tidak energik jika terbang dan sering sakit – sakitan , ciri – ciri burung merpati yang sudah tua yaitu daging di paruhnya terasa tebal jika dipegang , dan pada paruhnya sangat terlihat rapuh dan terlihat tidak kuat lagi.

3. Memilih Indukan dan Pejantan yang Berkualitas

Jika anda hendak mengembang biakan burung merpati anda harus bisa memilih indukan yang tepat serta tidak ketinggalan burung merpati pejantan yang berkualitas karena jika kedua nya berkualitas keturunan yang dihasilkan bisa menghasilkan anakan yang berkualitas.

Untuk memilih indukan dan jantan merpati yang tepat ada beberapa ciri – ciri khusus diantara nya yaitu jika burung merpati jantan berkualitas memiliki kepala yang agak panjang dan postur tubuh yang tegap serta dada lebih besar dan berisi , jika burung merpati indukan warna bulunya lebih mengkilap serta memiliki warna mata yang jernih dan itu menandakan burung merpati betina tersebut sehat.

4. Memperhatikan Burung Merpati Sebelum Membeli

Jika anda berkunjung kepasar burung merpati sebelum memutuskan untuk membeli hendak nya anda perhatikan terlebih dahulu dari kejauhan jika burung merpati yang di dalam kandang memiliki aktivitas lebih dominan dari burung merpati laiinnya di dalam kandang.

Nahh,, anda bisa memilih burung merpati tersebut jika dilihat lebih aktiv karena menandakan bahwa burung tersebut lebih sehat dan mungkin memiliki kualitas lebih bagus daripada yang lainnya.

Dari tips diatas anda bisa memutuskan untuk memilih burung merpati yang mana ingin anda pilih jika anda bisa menirukan metode diatas kami jamin anda bisa memilih burung merpati yang sesuai dengan keinginan , jika sudah memiliki burung merpati anda harus bisa merawat nya .

Tidak bisa asal asalan untuk merawat burung merpati karena ada step by step nya dari mulai burung merpati masih piyik dan sudah dewasa memerlukan perawatan yang khusus, berikut ini kami akan share cara merawat burung merpati merpati balap .

Cara Merawat Burung Merpati Balap

Gambar Burung Merpati Balap

Gambar Burung Merpati Balap

Burung merpati sejatinya hanya untuk dipeliharan dan sebagai kesenangan saja namun seiring berjalan nya waktu burung merpati sering digunakan untuk berbagai macam perlombaan salah satunya yaitu ajang balap merpati jika anda ingin memiliki burung merpati balap yang cepat berikut cara merawat nya :

1. Memberikan Makanan yang Berbeda

Para pecinta burung merpati biasanya dalam hal memberikan pakan hanya memberikan jenis makanan itu – itu saja seperti jagung atau bahkan beras , namun hal itu malah tidak dibenarkan sebaiknya jika anda ingin membuat burung merpati balap anda lebih cepat anda harus memberikan berbagai makanan yang berbeda setiap harinya.

Bisa berupa jagung , gabah , beras putih , beras ketan atau bahkan beras merah , juga bisa anda berikan macam – macam biji – bijian yang mungkin jarang anda berikan untuk merpati anda. Pemberian makanan nya bisa dijadwal asalkan satu minggu berbeda menu setiap harinya.

2. Pemberian Vitamin

Vitamin sangat berguna sekali untuk burung merpati karena akan menambah daya kesehatan tubuh serta stamina yang memang sangat diperlukan burung merpati , jika anda rajin memberikan vitamin sudah dipastikan burung merpati anda sehat .

Jika sudah demikian anda tinggal mengimbanginya dengan melatih burung merpati terbang dari mulai jarak terdekat hingga jarak jauh untuk melatih cekatan burung merpati tersebut. Namun jangan lupa untuk memberikan jeda istirahat kepada burung merpati balap agar nantinya bisa konsisten dan tidak kecapean .

3. Memandikan Burung Merpati dan Kandannya

Ini salah satu faktor pendukung apabila anda memiliki burung merpati balap hendaknya lebih sering membersihkan burung merpati dari segi kandang dan burung tersebut.

Bisa dengan memandikan burung merpati terlebih dahulu dengan memandikan burung merpati secara rutin akan membuat burung merpati lebih sehat , jika burung merpati sudah sehat dan bersih.

Tinggal membersihkan kandang burung merpati balap , bersihkan semua kotoran yang tersisa agar nantinya burung merpati balap bisa nyaman tinggal . Untuk pembersihan kandang bisa dilakukan sesuai kondisi saja tapi jangan menunggu kotoran menumpuk baru dibersihkan .

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kolibri

Bisa dengan kurun waktu 3 kali sehari agar kotoran tidak terlalu menumpuk. Sediakan juga pencahayaan yang cukup agar burung merpati hangat . Cara merawat burung merpati cukup mudah bukan ? anda bisa mempraktekan cara diatas dengan rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat burung merpati
  • cara merawat merpati
  • cara memelihara burung merpati
  • cara pelihara burung dara
  • perawatan burung merpati tinggi
  • cara pelihara merpati
  • merawat burung merpati
  • burung dara jantan tidak mau makan
  • cara memelihara merpati
  • cara mempercerdaskan burung merpati
Cara Merawat Burung Merpati | Awal Nur Yulianto | 4.5