hargaburung.id

Cara Merawat Burung Murai

Burung Murai merupakan burung yang sangat populer dan paling banyak di pelihara oleh setiap pecinta burung , dari sekian banyak pecinta burung di Indonesia pastinya memiliki burung Murai dirumah . Burung tersebut mengapa sering diminati oleh pecinta burung karena burung ini unik dan berbeda dari burung yang lain nya.

Gambar Burung Murai Anakan

Gambar Burung Murai Anakan

Burung Murai memiliki warna yang unik dan sangat beragam dari mulai warna kuning , hijau , biru dan karena berwarna – warni ini juga menjadi alasan bagi para pecinta burung memilih burung Murai sebagai burung peliharaan nya.

Tak sedikit juga yang memilih untuk memprospek burung Murai sebagai burung kicau dan dijadikan sebagai burung kontes kicau dan bahkan ada yang sering memenangkan pertandingan kontes kicau dengan peserta burung Murai ini.

Apalagi jika burung Murai sudah memiliki prestasi di ajang lomba malah akan menambah nilai jual . Maka tak heran ada pecinta burung Murai yang memiliki burung Murai dibanderol dengan harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah ya memang karena sudah memiliki prestasi .

Nahh, untuk menjadikan burung Murai anda jagoan dan layak untuk mengikuti lomba kicau ada trik – trik khusus dan bukan sembarangan karena ini akan sangat menguras waktu sekali dan anda harus rajin mengingat hasil dari merawat burung Murai itu sangat signifikan sekali , berikut ini ada tips dan trik cara merawat burung Murai agar ngekek panjang dan pantas untuk mengikut lomba .

Cara Merawat Burung Murai Untuk Lomba

Gambar Burung Murai Batu

Gambar Burung Murai Batu

Merawat burung Murai gampang – gampang susah ada beberapa aspek yang harus di perhatikan antara lain sebagai berikut  :

1. Perawatan Kesehatan Burung Murai

Salah satu faktor yang harus anda perhatikan yaitu aspek kesehatan pada burung Murai berikut ini cara agar burung Murai tetap terjaga kesehatannya :

Pada saat memberikan makanan hendak nya tidak boleh secara berlebihan karena akan berdampak buruk pada burung Murai bertambah nya ukuran burung Murai akan tidak baik lebih ideal tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus maka dari itu harus tetap dijaga pola makananya.

Selalu mengontrol tempat minum di kandang bagaimanapun juga burung Murai akan tetap membutuhkan asupan yang penting salah satunya air bersih. Bisa juga menggunakan air yang sudah matang.

2. Berikan Makanan Yang Tepat untuk Burung Murai

Untuk membuat burung murai sehat anda harus bisa memperhatikan makanan burung murai ada kala nya burung murai harus di beri makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi tidak boleh asal memberikan makanan , karena pakan yang tepat akan menjadikan kondisi tubuh burung lebih fit . Contoh pakan burung yang tepat untuk murai yaitu 5 ekor jangkrik dan beberapa makanan serangga seperti kroto dan serangga kecil lain nya.

3. Penjemuran Rutin Burung Murai

Lakukan lah aktivitas penjemuran burung secara rutin karena akan membuat burung murai lebih leluasa dengan alam sekitar , pada saat burung dijemur sebaiknya burung murai tidak boleh melihat burung murai lainnya karena bisa menghilangkan fokus . Penjemuran di lakukan pada jam 7 pagi hingga jam 10 pagi cukup selama 2 jam saja.

4. Taruh Burung Murai Pada Lingkungan Yang Nyaman

Membuat burung murai gacor sebenarnya mudah jika anda sudah tahu cara nya anda cukup menaruh kandang burung murai pada tempat yang nyaman yang hampir sama dengan habitat asli nya tidak usah bingung membuat kandang burung murai dengan yang sama seperti habitat asli nya cukup menambah beberapa ranting pohon di taruh dalam kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Itulah sedikit cara merawat burung murai anda bisa mengaplikasikan ke empat cara diatas agar nantinya dapat membuat burung murai anda lebih gacor dan lebih terawat lagi , jika anda memiliki murai batu anda bisa merawat nya dengan cara yang sama.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat murai batu
  • cara merawat burung murai
  • perawatan murai batu
  • cara merawat burung murai batu
  • https://hargaburung id/cara-merawat-burung-murai/
  • cara agar murai cepat gacor
  • cara merawat murai medan
  • Agar murai gacor
  • cara merawat burung muray
  • cara merawat burung murai biar gacor
Cara Merawat Burung Murai | Awal Nur Yulianto | 4.5