hargaburung.id

Cara Ternak Jalak Suren

Cara Ternak Jalak Suren – Jalak suren merupakan salah satu burung peliharaan yang banyak diminati. Bukan tanpa alasan, hal demikian karena jalak suren memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh burung lainnya.

Gambar Jalak Suren

Gambar Jalak Suren

Apalagi jenis jalak suren sangat banyak, diantaranya yaitu:

  • Jalak suren India

Salah satu jenis jalak suren yaitu Gracupicura Contra atau jalak suren India. Dimana ciri khas yang dimilikinya yaitu dengan rambut yang berjambul dan berjumbai. Jenis jalak suren yang paling bagus ini sering dijadikan sebagai masteran jenis jalak suren lainnya agar memiliki kicau yang merdu.

  • Jalak suren Yunan

Gracupica Contra Superciliaris atau jalak suren Yunan ini merupakan simbol dari dewa Yunani. Dimana banyak bangsawan Yunani yang memelihara jalak suren ini sebagai kebanggaan baginya. Sedangkan ciri khas dari jenis jalak suren ini yaitu memiliki warna bercak putih di bagian pipi, sera bulu putih di bagian atas kepala

  • Jalak Suren Jawa

Mungkin jenis jalak suren ini yang banyak dimiliki oleh pecinta jalak suren. Dimana habitatnya yaitu di Jawa, Sumatera, dan Bali. Jenis jalak suren yang paling bagus ini memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan jenis jalak suren lainnya. Dimana ciri khasnya yaitu memiliki bulu berwarna hitam di bagian kepala, dan warna orange di bagian sekitar mata.

Gambar Jalak Suren Jantan

Gambar Jalak Suren Jantan

Mungkin foto jalak suren yang sering Anda temui yaitu jenis jalak suren Jawa. Hal tersebut memang jalak suren Jawa banyak ditemukan di Indonesia dari pada jenis dua jenis jalak suren lainnya, yang dijelaskan di atas.

Harga anakan jalak suren bervariasi, yang mahal bisa mencapai jutaan. Apalagi Harga jalak suren jantan, biasanya akan lebih mahal dari pada yang betina. Harga jalak suren sendiri, sebenarnya tergantung bagaimana kondisi dari jalak suren, bila semakin gacor maka harganya akan semakin mahal.

Apalagi jalak suren gacor juara, tentunya memiliki harga yang mahal. Sebab memiliki kicauan yang merdu serta fisiknya yang indah.

Ternak Jalak Suren

Ternak Jalak Suren

Lalu bagaimana merawat jalak suren agar gacor? Berikut ini penjelasannya:

  • Proses adaptasi

Bagi yang baru membeli jalak suren, maka perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan membantu jalak suren untuk beradaptasi dengan kandang jalak suren atau lingkungannya yang baru.

Anda tentunya harus sering berinteraksi dengan jalak suren yang baru Anda beli, serta melakukan pelatihan dan memandikannya secara rutin.

  • Memberikan makan yang sehat

Makanan tentunya merupakan salah satu penunjang agar jalak suren bisa berkembang dengan baik, bahkan bisa gacor. Makanan untuk jalak suren yang bagus yaitu buah-buahan segar seperti apel, pisang dan pepaya.

Selain itu Anda juga perlu memberikan vitamin dan voer agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada jalak suren.

  • Memandikan dan menjemur

Memandikan tentunya akan membuat jarak Bali sehat dan terhindar dari penyakit. Waktu memandikan jalak suren yaitu pada pukul 7.30.

Selain itu penjemuran juga dibutuhkan agar menghangatkan tubuh jalak suren. Waktu penjemuran yang bisa Anda lakukan yaitu di pagi hari sekitar 1 jam pada pukul 8.00 hingga 11.00.

  • Pemasteran

Agar dapat memiliki suara yang merdu dan bagus, tentunya jalak suren perlu di masterkan. Sebenarnya berapa umur jalak suren mulai bunyi, tergantung bagaimana Anda melatihnya. Jika Anda melatih ketika masih muda, tentunya akan cepat berbunyi.

Gambar Jalak Suren Betina

Gambar Jalak Suren Betina

Hanya dengan melihat gambar jalak suren saja sudah banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Hal ini memang jalak suren memiliki keistimewaan pada bunyi dan ciri fisiknya. Maka tak heran banyak tempat penangkaran jalak suren agar dapat melestarikan jenis burung yang indah ini.

Baca Juga : Daftar Harga Burung Jalak Suren

Cara Ternak Jalak Suren | Syatama Ginola | 4.5