hargaburung.id

Jenis Burung Jalak

Burung Jalak merupakan burung yang banyak di temui di Indonesia jenis burung jalak pun sangat beragam seali ada beberapa spesies burung jalak di dunia yang sudah terkenal bukan hanya di daerah Asia saja namun bisa sampai ke Mancanegara.

Gambar Burung Jalak

Gambar Burung Jalak

Burung jalak terkenal dengan suara kicauan nya yang keras dan merdu sehingga banyak sekali peminat nya, di indonesia sendiri burung jalak bisa dijadikan sebagai burung peliharaan dan juga sebagai burung kicauan. Bahkan juga ada spesies burung jalak yang digunakan untuk kontes lomba kicau burung jalak.

Burung Jalak atau dalam bahasa inggris nya Starling burung ini termasuk ke dalam familia Sturnidae yang dimana rata – rata ukuran tubuh nya mencapai 20 – 25 cm ukuran ini termasuk besar untuk suatu burung . Jadi tak khayal bila postur burung jalak ini sangat besar dan gagah.

Ciri – Ciri Burung Jalak Pada Umumnya

Burung jalak pada umum nya sangat mudah untuk dikenali dari warna bulu nya saja kita sudah dapat mengetahui bahwa burung tersebut adalah burung jalak . Burung jalak memiliki warna hijau pada sekujur tubuh nya dan ini hanya dimiliki oleh spesies burung jalak saja .

Namun sebenarnya ada juga spesies burung jalak yang memiliki warna – warni namun hanya beberapa saja karena burung jalak memang identik dengan warna hijau.

Habitat Asli Burung Jalak

Burung jalak memiliki sifat yang sangat bersahabat dengan manusia dan gemar sekali bergerak dan juga berkicau sehingga banyak kalangan pecinta burung di indonesia yang rela merogoh kocek yang besar hanya untuk seekor burung jalak.

di habitat asli nya burung jalak relatif mempunyai kemampuan berkembang biak yang tinggi maka dari itu banyak sekali ragam jenis burung jalak ada yang hasil dari mutasi dan ada juga yang merupakan hasil dari persilangan.

Sering sekali burung jalak hinggap di lubang – lubang pohon yang tinggi namun pada saat ini populasi dari burung jalak semakin kesini semakin menurun akibat dari hutan yang sudah tidak alami dan sering di alih fungsikan menjadi lahan perumahan menjadi burung ini sangat sulit di temui tercatat hanya beberapa burung jalak yang masih tersisa di Indonesia dan di dunia.

Maka sudah selayaknya kita agar dapat menghargai populasi makhluk hidup lain dan kita harus bisa melestarikan hutan jika kita tidak merawat hutan pastinya anak cucu kita tidak akan bisa melihat ragam jenis keaneka ragaman hayati di dunia.

Makanan Favorit Burung Jalak

Kembali lagi ke topik pembahasan kita burung jalak sangat menyukai beberapa makanan seperti biji – bijian dan serangga – serangga kecil jika anda pecinta burung dan ingin menghasilkan burung jalak yang gacor.

Anda bisa memberi asupan tambahan seperti vitamin burung yang bahan baku nya berasal dari biji – bijian. Berikut ini kami akan share info ragam jenis burung jalak yang paling populer di Indonesia.

Macam – Macam  Jenis Burung Jalak dan Gambar nya

1. Burung Jalak Suren

Gambar Burung Jalak Suren

Gambar Burung Jalak Suren

Untuk jenis burung jalak yang pertama kami akan bahas yaitu burung jalak jenis jalak suren , burung jalak suren atau yang memiliki nama latin Sturnus Contra ini merupakan burung yang sangat populer di Indonesia dan banyak sekali para pecinta burung yang memelihara nya.

Burung jalak suren sendiri memiliki habitat asli di daerah dataran rendah dan biasa hidup di lembah lembah terpencil yang banyak pohon – pohon rindang nya. Burung jalak suren memiliki ciri ciri berwarna hitam dan putih pada tubuh nya serta ada warna putih yang terdapat pada wajah dan sekitar dada nya.

2. Burung Jalak Nias

Gambar Burung Jalak Nias

Gambar Burung Jalak Nias

Burung Jalak nias atau yang mempunyai nama lain burung jalak Kerak Ungu dan memiliki nama latin (Acridotheres tristis) ini merupakan burung yang hidup di dataran tinggi burung jalak ini kerap berada di dataran tinggi kira – ira 3000 MDPL . Lebih tepat nya habitat asli nya berada di pegunungan yang tinggi dan sejuk.

Burung jalak nias memiliki ciri – ciri warna hitam pada sekujur tubuh nya dan pada kepala nya terdapat warna hitam dan warna orange di sekitar mata nya. Harga burung jalak nias ini diperkirakan mencapai 600 ribu rupiah .

3. Burung Jalak Kerbau

Gambar Burung Jalak Kerbau

Gambar Burung Jalak Kerbau

Jenis burung jalak yang ketiga yaitu burung jalak kerbau burung ini jga memiliki julukan lain yaitu burung jalak kebo, burung jalak hitam dan burung jalak pentu. Burung jalak kerbau ini sangat mudah ditemui bahan sering menjadi icon simbiosis mutualisme untuk makhluk hidup lain nya.

Seperti dengan kerbau burung jalak sering hinggap di atas tubuh nya untu mencari serangga kecil seperti kutu dsb. Sehingga kerbau sangat suka sekali jika ada burung jalak. Adapun makanan kesukaan jalak kerbau lain nya yaitu jangkrik, serangga, buah – buahan , biji – bijian dan kroto.

4. Burung Jalak Bali

Gambar Burung Jalak Bali

Gambar Burung Jalak Bali

Jenis burung jalak yang selanjutnya yaitu burung jalak bali . Burung jalak bali memiliki nama latin Leucopsar Rothschildi dan merupakan burung yang habitat asli nya ada di Indonesia tepat nya di daerah bali maka dari itu burung jalak ini di sebut dengan burung jalak bali selain itu burung jalak bali juga memiliki harga yang terbilang cukup fantastis .

Harga burung jalak bali bisa di taksir mencapai 5 juta rupiah hingga 15 juta rupiah dan ini memang wajar pasal nya burung jalak bali memang burung endemik asli di Indonesia dan keberadaan nya juga sudah sangat langka jadi pantas saja harga nya sangat mahal.

Burung jalak ini memiliki ciri ciri yang yaitu memiliki warna putih pada bagian tubuh nya dan juga ada terdapat goresan warna biru pada bagian mata nya.

5. Burung Jalak Afrika

Gambar Burung Jalak Afrika

Gambar Burung Jalak Afrika

Burung jalak afrika atau burung jalak Superb Starling memiliki nama latin (Lamprotornis superbus) keberadaan burung jalak afrika ini habitat nya berada di Tanzania lebih tepat nya di negara Afrika Timur . Burung ini memiliki warna yang sangat beragam sekali pada tubuh nya dari mulai warna biru , hitam , orange pada bagian dada nya.

6. Burung Jalak Thailand

Gambar Burung Jalak Thailand

Gambar Burung Jalak Thailand

Burung jalak thailand bisa disebut dengan burung jalak Hongkong merupakan salah satu jenis burung jalak yang ada di dunia , burung jalak thailand dapat di temui di beberapa daerah di negara Asia seperti di wilayah Kamboja , China , Thailand.

Burung jalak jenis ini sangat sulit ditemui pada saat ini populasi yang ada di Indonesia juga sudah mulai menipis dikarenakan banyak di ekspolitasi oleh para pemburu liar.

Burung jalak thailand memiliki warna perpaduan antara hitam dengan putih. Kicauan dari burung jalak thailand ini sangat lah indah dan merdu maka dari itu banyak pecinta burung yang mencari nya.

Baca Juga : Jenis Lovebird

Demikian info mengenai jenis jenis burung jalak yang paling populer dan paling sering dipelihara oleh pecinta burung di indonesia bagaiamana apakaha anda berminat untuk memiliki salah satu burung jalak yang ada diatas ?

Pencarian burung terbaru:

  • jenis jenis jalak yang banyak digemari
Jenis Burung Jalak | Awal Nur Yulianto | 4.5