hargaburung.id

Makanan Burung Mantenan

Pecinta burung pastinya sudah mengenal burung mantenan bukan? burung ini memiliki nama lain yaitu burung sepah namun untuk orang jawa memanggilnya dengan sebutan burung mantenan.

Burung sepah atau mantenan termasuk ke dalam keluarga Campepaghidae dan merupakan asal dari genus pericrocotus, dengan karakter burung yang unik menjadikan burung ini banyak digemari oleh kalangan pecinta burung di Indonesia.

Pada umumnya makanan utama burung mantenan berupa serangga dan ulat-ulat kecil namun bukan hanya itu saja melainkan banyak makanan favorit yang dia suka seperti buah-buahan segar dan semacamnya.

Burung mantenan bisa dikatakan burung yang sering gacor dan malahan banyak digunakan oleh sahabat kicau mania untuk me masterkan burung kicau miliknya dengan ciri khas suara yang berbeda membuat burung ini cocok untuk masteran.

Untuk harga burung mantenan sendiri juga sangat terjangkau anda bisa mendapatkan burung ini dengan range harga antara 70 ingga 500 ribuan, untuk harga yang diatas 500 ribuan biasanya yang sudah gacor atau yang sudah memiliki prestasi.

Nah, untuk kali ini kita akan membahas terlebih dahulu jenis burung mantenan apa saja mengingat burung ini juga memiliki jenis yang cukup banyak setelah kita membahas jenis-jenis burung sepah atau mantenan kita akan membahas makanan utama burung mantenan.

Jenis Burung Mantenan Beserta Ciri Khas nya

Burung mantenan memiliki beberapa jenis yang bisa anda jadikan referensi berikut jenis burung mantenan dan ciri khas.

1. Burung Mantenan Kecil

Gambart Burung Mantenan Hutan

Gambart Burung Mantenan Hutan

Untuk jenis burung mantenan yang pertama yaitu burung mantenan kecil burung ini memang sesuai dengan namanya dengan bertubuh kecil kira kira kurang dari 15 cm panjangnya.

Burung ini memili8ki warna yang khas yaitu warna orange di sekitar tubuhnya namun ada yang warna yang berbeda di kepalanya yaitu warna hitam pekat beserta mata nya memiliki warna hitam legam,

Burung mantenan kecil tersebar di kawasan Asia Tenggara, India, dan juga penyebaranya bisa sampai kalimantan, jawa serta Bali. Burung mantenan memiliki habitat asli di hutan terbuka dan tanah pertanian di pedesaan.

2. Burung Mantenan Gunung

Gambart Burung Mantenan Hutan

Gambart Burung Mantenan Hutan

Burung mantenan kedua yaitu burung mantenan sepah gunung ciri khas dari burung ini yaitu memiliki ukuran lebih panjang dari ukuran burung mantenan kecil yaitu sekitar 19 hingga 20 cm kurang lebihnya.

Mantenan gunung juga memiliki warna yang menawan dengan balutan warna kombinasi hitam dan merah membuat burung ini gampang untuk di kenali biasanya habitat dari burung mantenan tentunya di pegunungan,

Namun penyebaran dari burung mantenan gunung ini dari sumatera, memang burung mantenan gunung adalah burung yang asli berasal dari sumatera maka dari itu kita harus menjaga kelestarian hutan-hutan di Indonesia.

3. Burung Mantenan Dagu Kelabu

Gambart Burung Mantenan Hutan

Gambart Burung Mantenan Hutan

Burung mantenan yang selanjutnya yaitu burung mantenan dagu kelabu, burung ini juga disebut dengan burung grey chinned minivet, ukuran tubuh dari burung mantenan sendiri cukup sedang dibandingkan dengan burung mantenan yang sebelumnya.

Burung ini memiliki ukuran tubuh sekitar 17 hingga 18 cm saja,  dengan warna khas dari burung mantenan yaitu warna merah dan kuning. Antara jenis kelamin jantan dan betina burung mantenan dagu kelabu juga memiliki perbedaan.

Untuk burung mantenan dagu kelabu jantan dapat di bedakan dengan waran di bagian tenggorokan abu-abu, sedangkan untuk jenis kelamin betina di bagian lehernya memiliki warna kuning, penyebaran burung mantenan cukup luas dari semenanjung asia hingga ke wilayah china.

4. Burung Mantenan Hutan

Burung Mantenan Hutan 

Burung Mantenan Hutan

Untuk jenis burung mantenan yang terakhir yaitu burung mantenan hutan, burung mantenan hutan juga disebut dengan burung mas belukar dan juga memiliki nama latin Scarlet Minivet. Ukuran tubuh dari burung ini juga lebih besar dibandingkan tubuh burung mantenan yang lain.

Mantenan hutan memiliki warna yang cukup cerah dengan balutan warna kuning yang dominan dan warna hitam di bagian sayapnya membuat burung mantenan hutan banyak di pelihara oleh pecinta burung kicau.

Namun ada perbedaan antara burung mantenan hutan jantan dan betina, perbedaan nya juga sangat mencolok kita bisa melihat perbedaan kedua burung tersebut dari warna pada tubuhnya. Untuk burung mantenan hutan jantan memiliki warna hitam biru serta memiliki warna merah pada dada dan perut.

Untuk warna burung mantenan betina memiliki warna abu-abu pada bagian punggung dan sekitarnya namun lebih dominan dengan warna kuning. Untuk penyebaran burung mantenan hutan lebih banyak di Indonesia yaitu mulai dari Sumatera, Kalimantan dan Bali.

Bagaimana banyak bukan jenis burung mantenan? nah anda bisa lebih memahami bukan mengenai burung mantenan, berikut ini kami akan share makanan burung mantenan apa saja.

Makanan Utama Burung Mantenan

Untuk makanan utama burung mantenan dapat anda berikan kepada semua jenis burung mantenan dari mulai mantenan hutan, mantenan gunung dan burung mantenan lainnya nah, berikut jenis makanan burung mantenan.

1. Kroto Segar

Untuk makanan burung mantenan yang pertama yaitu kroto segar, kroto memang sudah terkenal menjadi makanan pokok burung kicau. Bukan hanya untuk burung mantenan saja.

Anda bisa memberikan burung mantenan kroto segar setiap hari maksimal 1 sendok teh saja, kroto berguna untuk membantu burung mantenan yang sedang tumbuh bisa juga untuk membantu burung saat terjadi proses mabung.

2. Ulat Hongkong

Makanan burung mantenan yang selanjutnya yaitu ulat hongkong ulat hongkong sangat disukai sekali oleh burung mantenan mengingat di habitat aslinya burung ini sering memakan makanan tersebut.

Ulat hongkong dapat anda berikan kepada burung mantenan maksimal 5 kali dalam satu minggu. untuk mendapatkan ulat hongkong juga sangat mudah anda dapatkan membeli nya di toko pakan burung.

3. Vitamin Burung

Walaupun mantenan sudah diberikan makanan pokok namun harus di beri vitamin burung juga, vitamin burung berguna untuk menjaga daya tahan tubuh burung mantenan.

Pemberian vitamin burung untuk mantenan bisa anda berikan setiap satu minggu sekali karena vitamin burung termasuk ke dalam makanan tambahan burung jadi anda harus menjadwalnya bisa setiap minggu sekali atau dua minggu sekali.

Anda dapat membeli vitamin burung mantenan di toko terdekat harga nya juga cukup terjangkau.

4. Buah Segar

Makanan burung mantenan selanjutnya yaitu buah buahan burung mantenan pada umumnya memang suka dengan buah buahan segar apalagi di habitat aslinya burung mantenan hanya memakan buah buahan saja.

Buah buahan segar untuk burung mantenan sebaiknya anda berikan setiap hari karena buah buahan sangat penting sekali untuk menjaga pertumbuhan burung tersebut juga dapat memberikan nustrisi yang dimana tidak ada pada makanan pokok yang lain.

Buahan yang segar juga biasanya disukai oleh jenis burung mantenan himalaya sesuai dengan namanya yaitu pegunungan himalaya pastinya banyak buah-buahan segar disana.

Baca Juga : Makanan Burung Kutilang

Nah, bagaiamana sudah cukup membantu atau belum jawaban mengenai makanan burung mantenan serta jenis-jenis burung mantenan.

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung antena
  • apa saja makanan burung mantenan
  • makanan buruna mantenan
  • MAkanan asli burung mantenan
  • jenis burung mantenan
  • daftar harga burung mantenan
  • ciri burung mantenan jantan
  • apakah burung mantenan makan buah
  • apa Pakan burung mantenan
  • apa makanan burung mantenan
Makanan Burung Mantenan | Awal Nur Yulianto | 4.5