hargaburung.id

Makanan Burung Pleci

Pada segment kali ini saya akan bahas tentang beberapa makanan yang paling di sukai oleh burung pleci, tapi sebelum itu saya akan bahas terlebih dahulu apa itu burung pleci?

Burung pleci merupakan burung yang tergolong burung yang berkelompok atau beranggotakan, biasanya kelompok burung ini bisa mencapai ratusan kelopok atau memiliki nama latin Zosterops yang merupakan burung dalam kategori marga berkacamata.

Burung yang berhabitat di beberapa pohon yang rindan ini, awal mulanya di temukan di negara asia, australia dan afrika. namun untuk saat ini sudah sangat jarang di temukannya burung pleci. adapun beberapa jenis burung pleci sebagai berikut:

Jenis-jenis Burung Pleci dan Ciri Khasnya 

1. Burung Pleci Dakun Maput

Gambar Burung Pleci Dakun Maput

Gambar Burung Pleci Dakun Maput

Burung pleci dakun maput atau disebut juga pleci dada kuning, memiliki beberapa ciri-ciri antara lain memiliki kelopak matanya yang berwarna putih dan melingkat sempurna. dan memiliki warna lain yang menghiasi tubuhnya seperti kekuning- kuningan dan warna kehijauan.

Burung pleci ini memiliki suara yang sangat khas dan merdu bening ,untuk habitatnya ada yang berada di pulai jawa tengah, tepatnya di kota kudus.

2. Burung Pleci Sulawesi

Gambar Burung Pleci Sulawesi

Gambar Burung Pleci Sulawesi

Burung pleci sulawesi atau memiliki nama latin zosterops atrifrons atau sering di juluki sebagai burung pleci dahi hitam, karena dari cirinya saja burung ini di karenakan memiliki warna hitam pada dahinya dan sangat jelas terlihat.

Burung pleci jenis ini tersebar pastinya tak jauh dari nama jenisnya yaitu sulawesi, iya burung ini terdapat dan tersebar di pulau sulawesi dan sekitarnya, misalkan pada pulau seram dan kepulauan sula.

3. Burung Pleci Black Capperd

Gambar Burung Pleci Black Capperd

Gambar Burung Pleci Black Capperd

Burung pleci kecil ini sekilas hampir mirip dengan burung dakun maput, namun bedanya burung ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan sangat aktif. adapun kelebihannya dari burung ini merupakan burung yang memiliki suara yang merdu, dan ngebas. burung ini sangat menyukai makanan berupa biji-bijian yang langsung dari pohonya.

4. Burung Pleci Dakun Macok

Gambar Burung Pleci Dakun Macok

Gambar Burung Pleci Dakun Macok

Selanjutnya kita kenali burung pleci dakun macok, burung mata coklat ini masih merupakan dalam kategori spesies yang sangat unik. burung pleci jenis ini masih sekilas mirip dengan dakun maput, akan tetapi ada ciri khusus yang dapat membedakan yaitu pada kelopak mata yang berwarna coklat.

5. Burung Pleci Dakun Bali

Gambar Burung Pleci Dakun Bali

Gambar Burung Pleci Dakun Bali

Nah, kali ini adalah jenis burung dakun bali yang mana adalah burung yang sangat mirip dengan burung dakun maput, karena memiliki warna putih pada bagian kelopak matanya.

Akan tetapi walaupun mirip sekali dengan dakun maput tetap saja ada perbedaan pada kedua burung ini, yang mana burung pleci dakun bali memiliki ciri tubuhnya yang lebih minimalis ketimbang dakun maput.dan unik sekali pada suara burung kecil ini yaiyu mrmiliki suara yang hampir mirip dengan ayam alas.

6. Burung Pleci Auriventer

Gambar Burung Pleci Auriventer

Gambar Burung Pleci Auriventer

Burung pleci auriventer ini merupakan burung yang sangat terkenal bagi sebagian pecinta burung pleci, burung yang terkenal sebagai burung yang sangat agresif dan memiliki suara yang lantang dan sangat berani.

buerung ini merupakan kategori burung yang terbilang sangat mahal di bandingkan pada burung pleci yang lainnya. habitat burung ini ada pada bagian indonesia utara yaitu daerah riau, kalimantan dan lain sekitarnya.

7. Burung Pleci Buxtoni

Gambar Burung Pleci Buxtoni

Gambar Burung Pleci Buxtoni

Burung yang tak begitu di kenal oleh sebagian kalangan pecinta burung ini, memiliki ciri yang khusus yaitu
warna putih pada dada dan bulunya berwarna kuning. kenapa burung ini tidak begitu di kenali karena burung ini sudah sangat langka di indonesia karena jumlah spesies yang terlalu sangat sedikit dan di karenakan habitatnya yang sudah jarang ada. Burung ini terdapat pada wilayah Jawa barat dan wilayah sumatera.

8. Burung Pleci Montanus

Gambar Burung Pleci Montanus

Gambar Burung Pleci Montanus

Burung pleci berikutnya adalah burung pleci montanus, burung yang di kenal dengan julukan burung pleci gunung ini di karenakan memiliki habitat di alam yang liar dan pada dataran tinggi. burung ini sangat mudah kita jumpai di pulau Jawa dan daerah pegunungan yang tingginya mencapai 3000 MDPL.

Ciri khusus pada burung jenis ini merupakan burung yang memiliki ciri khas berupa warna abu-abu pada dadanya dan hijau kecoklatan pada punggungnya.

Setelah kita bahas jenisnya burung pleci, adapun di segment kali ini saya akan bahas jenis-jenis makanan yang di sukai oleh burung pleci, adapun beberapa pakan yang dapat membuat perkembangan baik bagi si burung pleci ini

Jenis Makanan Burung Pleci

Gambar Vitamin Burung Pleci

Gambar Vitamin Burung Pleci

Bagi sebagian pecinta burung pasti ingin memiliki kualitas burung yang sangat baik agar memiliki kicauan burung yang merdu dan lebih gajor.

Burung yang memiliki variasi suara dan ciri khas pada bagian tubuhnya ini sanagt penting jika ingin memeliharanya, adapula point penting untuk kualitas suara yang diinginkan yaitu memperhatikan kesehatannya,cara merawatnya, cara memberi pakan dan lain sebgainya.

dan kali ini setelah kita bahas soal jenis dan ciri- ciri burung pleci, disini saya tambahkan juga soal jenis makanan yang baik yang dapat di konsumsi untuk burung peci kesayangan anda. adapun beberapa jenis makananya antara lain :

1. Buah- Buahan Segar

Jenis makanan yang pertama akan saya bahas adalah mengenai buah- buahan? mengapa demikian karena sebagian besar urung pleci berhabitatkan pada pohon yang lebat, pastinya burung pleci sangat sering dan bahkan favorit sekali untuk memakn buah-buahan di sekitar pohon yang pleci tinggali.

Selain menyukai buah-buahan si burung pleci ini, buah-buahn memiliki kay akan vitaminnya. adapun jenis-jenis buah yang bagus untuk di konsumsi burung ini diantaranya yaitu buah pisang, apel, pepaya, jeruk, kelengkeng, pepaya dll

Namun harus di perhatikan, ketika kita memberi pakan berupa buah- buahan ini kalian harus perhatikan juga jangan sesekali kalian membiarkan buah yang sisa tergantung pada keesokan harinya, pastikan setiap hari di kasihkan buah yang segar.

2. Sayuran segar

Sama halnya buah-buahan, sayuran jugfa kaya akan nutrisi. banyak manfaat yang dapat kita kasih untuk burung pleci ini, namun harus di perhatikan.

Kasihlah setiap hari sayuran segar jangan sampai sayuran yang sudah layu ataupun busuk, karena akan mempengaruhi kualitas dan kesehatan si burung pleci ini. kasihlah sayuran berupa tomat, wortel, brokoli, oyong dll.

Adapun khasiat wortel jika kita kasihkan wortel tersebut pada burung pleci, yaitu membantu mencerahkan bulu-bulu pleci yang telah kusam, adapun juga mentimun dan oyong yang dapat membantu menumbuhkan bulu pada burung pleci.

3. Extra Fooding

Selain buah dan sayuran, extra fooding sangatlah penting bagi kesehatan pleci, agar lebih kuat dan lebih gacor kasihlah beberapa extra fooding diantaranya:

  • Kroto
  • Ulat kandang
  • Ulat hongkong
  • Belalang

Manfaat dari extra fooding berupa kroto ini sangatlah baik, dengan tekstur yang lembut, kandungan kroto juga sangat bagus dalam membantu kekebalan dan kualitas dari pleci.

Fungsi dari ulat hongkong baiknya kita kasihkan makanan tersebut 1-2 kali saja, fungsi ulat hongkong ini agar paruh burung pleci dapat melebar ketika berkicau.

Jangkrik juga memiliki fungsi berupa stamina dan kekebalan tubuh pada burung pleci. Ulat kandang ini sangat penting fungsinya yaitu agar si pleci lebih gacor namun harus kita perhatikan.

Baca Juga : Jenis dan Makanan Burung Mantenan Agar Gacor

Jangan terlalu banyak mengasih makannkan ulat kandang pada pleci itu akan meningkatkan bburung pleci lebih over birahi.

Pencarian burung terbaru:

  • burung pleci yang paling baik daerah mane
  • makanan utama burung pleci
  • pakam pleci kepala hitam
  • pleci dakun terkenal dari sulawesi
  • Suara burung pleci
Makanan Burung Pleci | Awal Nur Yulianto | 4.5