Budidaya Burung Walet

Burung walet adalah salah satu jenis burung komoditas ekspor yang sangat istimewa karena manfaat. Terutama apa yang dihasilkan dari air liurnya. Air liur burung walet atau biasanya disebut sarang burung walet ini mempunyai harga yang sangat mahal.

Gambar Burung Walet
Gambar Burung Walet

Maka dari itu banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan sarang burung walet ini. Ada yang membangun gedung-gedung tinggi dan ada pula yang memanfaatkan salah satu ruangan rumahnya untuk dijadikan sarana budidaya sarang walet.

Bagi kamu yang ingin mencoba beternak burung walet dari awal, tidak ada yang tidak bisa dilakukan asalkan diiringi dengan kesabaran dan ketekunan untuk terus mempelajari hal yang ingin kamu geluti tersebut. Sangat wajar apabila para peternak pemula sepertimu pasti akan sangat kebingungan, apa yang harus dilakukan?

Dari mana harus memulai budidaya burung ternak walet itu? Beruntung bagimu karena dalam artikel kali ini akan kita bahas beberapa cara beternak burung walet yang bisa kamu lakukan secara mandiri sejak saat ini juga!

Perlu diingat bahwa beternak burung walet membutuhkan modal yang tidak sedikit, dan oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup banyak untuk digunakan sebagai modal sekaligus tabungan cadangan untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari dan sebagai antisipasi apabila ternyata modal yang kamu keluarkan sulit untuk segera balik modal bahkan mengalami kegagalan di tengah jalan.

Lalu bagaimana saja cara beternak burung walet itu sendiri? Apa saja yang perlu dilakukan untuk beternak burung walet? Buat kamu yang ingin beternak burung walet, berikut ini beberapa cara beternak burung walet yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Metode Membudidayakan Burung Walet

Gambar Budidayakan Burung Walet
Gambar Budidayakan Burung Walet

1. Membuat Sarang Untuk Burung Walet

Sarang Untuk Burung Walet
Sarang Untuk Burung Walet

Langkah pertama untuk melakukan ternak burung walet tentu saja adalah dengan cara membuat sarang untuk burung walet yang kamu miliki. Tempat tinggal burung walet atau sarang atau kandang yang mendukung perkembangan burung walet akan memancing burung walet membuat sarangnya di dalam kandang.

Oleh karena itulah kamu harus sangat cermat dalam membuat rumah yang akan digunakan sebagai tempat untuk beternak burung walet tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat rumah dengan baik. Pertama adalah, bahwa tempat yang disukai oleh burung walet untuk membuat sarangnya sebenarnya sama dengan tempat yang disukai oleh burung sriti.

Oleh karena itulah, beberapa peternak pemula biasanya membuatkan rumahan untuk burung sriti terlebih dahulu dengan cara menggunakan batu bata yang di cor mirip dengan membuat sebuah bangunan rumah dengan memastikan kondisi suhu bangunan tersebut lembab.

Apabila dalam rumahan yang kamu buat itu burung sriti sudah mulai membuat sarang, maka langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengganti telur yang dikeluarkan oleh burung sriti dengan burung walet sebagai awal mula pembudidayaan burung walet ini bisa berjalan dengan baik.

Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa memastikan bahwa sarang tersebut akan disukai oleh burung walet, dengan biaya yang relatif rendah dan bisa ditingkatkan kualitasnya kelak apabila burung waletmu sudah tumbuh dan memang mau membuat sarang di tempat itu.

2. Pembibitan Anakan Burung Walet

 Anakan Burung Walet
Anakan Burung Walet

Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan telur burung walet itu sendiri, apabila kamu bahkan belum memiliki induk burung walet? Jawabannya adalah kamu bisa membelinya di pasar burung yang menyediakan berbagai macam telur burung walet pilihlah telur burung walet yang berkualitas.

Ataupun apabila kamu tidak ingin ke pasar burung, atau bila tidak ada pasar burung di daerah sekitarmu, kamu bisa membelinya secara online. Harga telur burung walet mungkin berada di sekitar angka dua ratus ribu per tiga puluh buah telur atau mungkin bisa lebih atau kurang, tergantung harga jual di masing-masing daerah.

3. Memberikan Plat Alumunium Pada Sarang

Plat Alumunium Pada Sarang Walet
Plat Alumunium Pada Sarang Walet

Apabila sarang burung waletmu sudah selesai dibuat, maka langkah berikutnya adalah memberikan plat-plat alumunium pada sarang sebagai bentuk modifikasi dan pengembangan sarang lanjutan yang bisa digunakan untuk merawat rumah burung walet dengan lebih baik lagi.

Hal ini bisa kamu lakukan setelah kamu berhasil meletakkan beberapa telur burung walet pada sarang yang dibuat oleh burung sriti tadi.

Plat alumunium tersebut bisa kamu letakkan di sudut-sudut atap. Mengapa plat alumunium? Karena biasanya burung walet menyukai plat alumunium untuk membuat sarangnya. Langkah berikutnya, untuk meletakkan telur harus kamu lakukan dengan hati-hati.

Gunakanlah kotoran burung walet untuk mengoleskannya di telur yang kamu bawa atau pada peralatan tangan yang kamu gunakan agar burung walet tidak menyadari bahwa kamu adalah manusia dan menganggap kamu masih satu kelompok dengan dirinya.

4. Mengetahui Ciri-ciri Burung Walet

Gambar Burung Walet Terbang
Gambar Burung Walet Terbang

Cara beternak burung walet yang satu ini agaknya harus kamu lakukan sejak awal. Kamu perlu mengetahui kan bagaimana itu bentuknya burung walet?

Bagaimana bisa kamu beternak burung walet tapi tidak mengetahui burung ini? Oleh karena itu kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri burung walet. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri burung walet yang bisa kamu ketahui.

  • Sayapnya berbentuk sabit yang melengkung dan meruncing
  • Warnanya gelap secara utuh, kalaupun ada warna lain kemungkinan besar porsinya kecil
  • Tubuhnya berukuran sedang atau kecil tidak beda jauh dengan burung gereja
  • Memiliki kecepatan terbang yang tinggi
  • Kaki dan paruhnya berukuran sangat kecil
  • Burung ini tidak bisa berjalan dengan kakinya sehingga tidak pernah hinggap di pohon
  • Walet memiliki kebiasaan berdiam di gua atau rumah yang cukup lembab, remang-remang dan gelap
  • dengan menggunakan langit-langit pada tempat tersebut untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak.
  • Walet juga mencari makan serangga yang terbang terutama pada saat sore hari atau ketika hari sudah mulai surup.

5. Memilih Sarang Gedung di Tempat Yang Sepi

Dalam pemilihan lokasi untuk membuat rumahan walet, sebaiknya kamu meletakkannya jauh dari suara bising atau lingkungan yang terlalu lama karena apabila lingkungan bising, burung walet bisa tidak betah dan malah akhirnya pergi dan mencari sarang dan kandang yang lain.

Selain itu, pastikan juga bahwa setelah gedung tersebut selesai dibuat, atau direvonasi, oleskan kotoran walet yang dicampur dengan air di sekitar gedung tersebut dan juga di dalam gedung tersebut untuk membuat gedung berbau seperti burung walet sehingga burung walet menjadi tertarik untuk diam di dalamnya.

Baiklah, itu adalah cara budidaya burung walet yang bisa kami bagi dengan kalian. Semoga ada manfaat dan budidaya yang kalian lakukan menjadi lebih berhasil.

Untuk kawan-kawan obat burung yang mempunyai pertanyaan lain, silahkan sertakan pertanyaan di bawah agar kita bisa saling memecahkan solusinya.

Baca Juga : Makanan Burung Manyar

Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan burung walet. Walau mungkin tulisan ini banyak kekurangan, karena tiada gading yang tak retak semata. Bukan faktor kesengajaan terima kasih

Tinggalkan komentar