Burung Cililin

Siapa sih yang tidak kenal burung cililinBurung cililin merupakan jenis burung yang sering banyak kicaumania Indonesia sebagai burung masteran.

Suara khas yang dimilikinya seperti suara tembakan, suara kristal dan melengking tajam yang menjadi daya tarik para kicau mania gunakan sebagai burung masteran dan juga untuk dipelihara.

Namun yang namanya burung, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga dalam perawatannya, perlu menyesuaikan dengan burung.

Termasuk merawat burung cililin yang akan kita bahas kali ini.

Gambar Burung Cililin Cokelat
Gambar Burung Cilinin Coklat via https://kicaumania.net

Sebelum membahas tentang cara merawat burung cililin, alangkah lebih baiknya ketahui terlebih dahulu tentang karakter burung cililin itu sendiri.

Jika kita merawat dengan cara yang tidak sesuai dengan karakteristiknya, maka tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diinginkan.

Karakteristik Burung Cililin

Burung cililin meskipun memiliki kemampuan berkicau yang indah, juga memiliki banyak kekurangan.

Yang menjadikan salah satu karakternya adalah burung tersebut mudah stres, tidak terlalu suka di jemur terlalu lama, apalagi terlalu terik sinar mataharinya.

Meskipun burung ini sering dijadikan suara masteran untuk burung lainnya, akan tetapi agar burung ini jika mau berkicau harus dipancing terlebih dahulu dengan suara burung lainnya.

Dan tentunya hal tersebut dapat mengganggu proses pemasteran berlangsung.

Untuk karakter suara burung cililin bisa dibedakan dari berbagai macam jenisnya, karena ada dua jenis burung cililin. Seperti burung cililin yang berwarna hitam dan coklat.

Untuk berkicau burung cililin yang memiliki warna coklat, dapat mengeluarkan suara kicauan yang dikenal dengan suara ngerol panjang dan suara kristal.

Sedangkan burung cililin yang memiliki warna hitam, memiliki karakter suara yang keras dan ngerol pendek.

Habitat Burung Cililin

Burung cililin memiliki dua jenis yang bisa dilihat dari warna bulunya, seperti warna hitam dan juga warna coklat. Dan setiap warna burung cililin memiliki asal usul yang berbeda-beda.

Burung cililin yang memiliki warna bulu coklat habitatnya berasal dari Sumbawa, Kalimantan dan Sumatra. Sedangkan untuk burung cililin yang memiliki warna bulu hitam habitatnya berasal dari Jawa.

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Bunyi

Gambar Burung Cililin
wordpress.com

Dengan melihat penjelasan di atas tentang burung cililin dan sudah mengetahui jenis burung cililin, habitat dan juga karakteristiknya, maka apapun jenis burung cililin yang anda pelihara, agar burung tersebut mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya, maka berikut adalah tips cara merawatnya.

  • Makanan Burung Cililin

Burung cililin merupakan burung yang cukup aktif, sehingga kebutuhan Gizinya harus terpenuhi setiap harinya, mulai dari kebutuhan asupan protein, serat kasar, lemak , Vitamin dan mineral.

Terutama asupan protein yang sebaiknya jangan sampai kurang kebutuhannya, agar membuat burung cililin menjadi rajin bunyi, dan tentunya harus tetap dalam batasan tertentu sebesar ( 18 – 20% ).

Jika diberikan pakan yang mengandung protein terlalu tinggi, akan membuat birahi burung menjadi terlalu berlebihan dan membuat burung malah menjadi jarang berkicau dan cenderung nakal, sering naik tangkringan.

Untuk asupan pakan itu sendiri bisa diberikan 5 sampai 8 ekor setiap harinya, pakan kroto 1 cepuk setelah burung selesai dimandikan pada pagi hari dan berikan juga pakan dari Voer yang disediakan di sangkarnya.

  • Memandikan dan Menjemur Burung Cililin

Pada pagi hari, sekitar jam 06.20, burung cililin dimandikan,setelah itu berikan pakan kroto sebanyak 1 cepuk dan setelah itu burung di jemur selama 30 menit lamanya agar burung mendapatkan Provitamin D dari sinar matahari.

Namun, sebaiknya menjemur burung cililin dilakukan pada awal matahari terbit, sekitar jam 06.30 -07.30 karena sinar mataharinya tidak terlalu panas. Karena mengingat burung cililin tidak menyukai berdiam diri di tempat yang panas dalam waktu yang lama, terutama panas mataharinya terlalu terik.

Setelah burung dijemur, burung cililin di simpan di tempat yang sejuk dan berikan pakan jangkrik sebanyak 5 sampai 8 ekor.

Dengan pemberian pakan yang berkualitas dan perawatan yang rutin, maka akan membuat burung menjadi aktif bergerak dan rajin berkicau.

Harga Burung Cililin

Untuk mengetahui harganya, silahkan Anda cek artikel kami tentang harga burung cililin.

Bagaimana, harganya terjangkau dan perawatannya mudah bukan? Semakin tertarik untuk memelihara burung cililin?

Mungkin Berita dibawah ini yang Anda Cari

Tinggalkan Balasan