Cara Menjodohkan Burung Kenari

Burung kenari salah satu burung yang paling di favoritkan oleh sahabat kicau mania, burung kenari memiliki banyak sekali kelebihan salah satu diantaranya yaitu memiliki suara yang merdu dan memiliki warna bulu yang indah dan bervariatif.

Gambar Burung Kenari Betina dan Jantan
Gambar Burung Kenari Betina dan Jantan

Sahabat kicau mania jika sudah mengenal burung ini pastinya akan dengan mudah mengetahui ciri-ciri burung kenari, burung kenari pada umumnya mudah untuk di kenal dari kicauan burung tersebut juga dapat dengan mudah mengetahui burung tersebut.

Karena kicauan burung memang relatif berbeda-beda ada yang memiliki suara halus ada yang juga memiliki suara yang keras dan ngebass, ini bisa menjadi metode atau cara yang mudah untuk membedakan jenis burung.

Adapun selain memiliki suara yang khas burung kenari juga di kenal memiliki harga pasaran yang tinggi terlebih lagi jika burung kenari mempunyai segudang prestasi seperti mulai memenangkan lomba atau kontes burung kicau.

Perawatan burung kenari juga sangat mudah dan dengan karakteristik burung kenari yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan bersahabat dengan pemeliharanya menjadikan burung ini banyak peminatnya. Jika kita bisa menekuni memelihara burung kenari bisa menjadikan kita ladang bisnis yang cukup menggiurkan loh sahabat kicau mania.

Saat ini banyak pecinta burung kenari yang berlomba-lomba untuk membudidayakan burung tersebut disamping untuk membudidayakan nya juga mudah nilai jual yang tinggi menjadi salah satu alasan bagi pecinta burung kenari untuk ternak burung kenari.

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini mengenai cara menjodohkan burung kenari, ada beberapa syarat untuk dapat menjodohkan burung kenari pada umumnya. Tidak boleh ngasal dalam hal ini karena demi menciptakan keturunan burung kenari yang terbaik akan menjadikan nilai plus pada saat akan di jual nanti.

Ciri-Ciri Burung Kenari Siap Kawin

Gambar Proses Penjodohan Burung Kenari
Gambar Proses Penjodohan Burung Kenari

Syarat burung kenari siap dikawinkan ada beberapa ciri-ciri dan tanda-tanda nya juga berbeda dari burung betinda dan jantan berikut syarat dan ciri-ciri burung kenari sudah siap dijodohkan atau di kawinkan.

1. Burung Kenari Betina

ciri-ciri kenari siap kawin biasanya berbeda-beda tingkah lakunya namun kami berdasarkan pengalaman sendiri ada beberapa tanda-tanda nya seperti berikut :

Pada saat burung kenari jantan ada didekatnya dan sering mengeluarkan suara kicauan, burung kenari betina akan meresponnya dengan baik seolah-olah dia tertarik dengannya yaitu dengan mengepakkan kedua sayap serta mengluarkan bunyi kicauan yang kecil.

Kenari betina jika ingin kawin hal yang paling sering dan umum dilakukan oleh setiap burung yaitu kerap membawa dedaunan kering ke dalam sarang yaitu dengan maksud untuk membuat sarang khusus untuk bertelur.

Dengan melihat kelamin burung betina kita juga dapat mengetahui apakah burung kenari tersebut sudah siap kawin ataukah belum. Jika pada alat kelamin kenari sudah berwarna merah dan membengkak itu pertanda bahwa burung sudah siap memasuki masa kawin.

2. Burung Kenari Jantan

Pada umumnya burung kenari jantan yang sudah siap untuk kawin sering berkicau dan suaranya lantang tidak seperti biasanya, itu menandakan bahwa burung kenari tersebut sedang dalam masa birahi.

Burung kenari jantan pada saat ingin kawin biasanya melakukan hal-hal yang aneh yaitu sering naik turun kandang apalagi pada saat didekatkan dengan burung kenari betina akan lebih banyak tingkah guna untuk menarik perhatian dari lawan jenisnya.

Syarat-Syarat Burung Kenari Siap di Jodohkan

Itu mungkin ciri-ciri atau tanda-tanda burung kenari sudah siap untuk dikawinkan, ciri-ciri diatas merupakan hasil dari pengalaman mungkin bisa berbeda namun pada umumnya ada yang sama jika anda menemui salah satu ciri-ciri diatas anda harus segerakan untuk mencarikan pasangan burung kenari.

Untuk melanjutkan ke proses perkawinan biasanya untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas kita harus menyeleksi burung kenari tersebut kita harus benar-benar menyortir burung kenari mana yang paling aktif dan paling sehat jangan sampai kita menjodohkan burung kenari yang tidak sehat karena ini akan berdampak burung pada hasil perkawinanya nanti.

Sedikit informasi bahwa syarat untuk menjodohkan burung kenari yaitu kenari harus memiliki usia yang cukup dewasa karena ini juga salah satu faktor keberhasilan dari perkawinan, karena ada usia di mana burung kenari memiliki organ reproduksi yang sudah matang dan juga ada yang belum siap.

Sebaiknya untuk mengawinkan atau menjodohkan burung kenari, kenari harus memiliki usia ideal yaitu sekitar umur 7 hingga 8 bulan, pada umur tersebut organ reproduksi burung kenari sudah sangat matang sehingga pada saat proses perkawinan nanti akan cepat menghasilkan telur dan keberhasilan dari perkawinan tersebut bisa dikatakan hampir 100% .

Nahh, jika syarat – syarat burung kenari sudah terlihat dan lengkap kita bisa melanjutkan ke langkah yang selanjutnya yaitu proses penjodohan karena sangat mustahil sekali jika kita ingin membudidayakan burung namun kita tidak melewati proses ini. Adapun cara menjodohkan burung kenari dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini :

Cara Menjodohkan Burung Kenari dengan Mudah

Gambar Burung Kenari
Gambar Burung Kenari

1. Lakukan Pendekatan Burung Kenari Jantan dan Betina

Layaknya manusia pada saat sebelum proses pernikahan pastinya akan ada nya tahap pengenalan terlebih dahulu atau yang sering disebut juga dengan taaruf. Pada burung pun itu sama ada salah satu proses pengenalan juga. Pengenalan burung kenari jantan dan betina bertujuan agar terciptanya suatu jalinan kasih antara satu sama lain.

2. Satukan Burung Kenari jika Sudah Berjodoh

Apabila burung kenari sudah berjodoh anda harus satukan ke dalam satu kandang, proses penytuan kandang juga ada waktu nya adapun waktu yang tepat untuk menyatukan burung kenari yaitu pada waktu pagi dan sore hari.

3. Selalu Awasi Proses Perkawinan

Tujuan dari pengawasan burung kenari yaitu untuk mengawasi agar burung kenari tidak bertengkar satu sama lain ntah itu rebutan makanan atau hal yang lain. Ini memang wajar terjadi namun kita bisa meminimalisir dengan kita melakukan pengawasan jika tidak di awasi akan mengakibatkan salah satu ada yang terluka.

4. Berikan Waktu Untuk Proses Perkawinan

Biasanya burung kenari jika sudah satu kandang tidak langsung terjadi perkawinan ada selang waktu yang mungkin kita bisa perhatikan, waktu ideal untuk proses penjodohan burung kenari yaitu 3 hingga 4 hari saja.

Atau juga bisa waktu kondisional yaitu melihat kondisi kedua burung tersebut jika dirasa belum terjadinya perkawinan maka dilain hari kita bisa mengulanginya lagi hingga benar-benar tercapai suatu aktivitas perkawinan antara burung kenari jantan dan betina.

5. Pemberian Makanan yang Bergizi

Agar membantu stamina burung kenari pada saat proses perkawinan kita harus memberikan makanan yang bergizi seimbang agar nantinya burung tetap terjaga stamina nya dan bahkan ini bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan perkawinan antara burung kenari jantan dan betina.

Baca Juga : Cara Merawat Burung sirtu

Makanan burung kenari yang bergizi bisa berupa buah dan sayuran dan juga biji-bijian lainnya bisa juga menambahkan multivitamin burung yang bisa anda beli di toko atau pasar burung terdekat. Bagiamana mudah bukan cara menjodohkan kenari ? cara tersebut bisa anda gunakan kepada burung kenari yang memiliki sifat galak atau agresive.

Pencarian burung terbaru:

  • Cara menjodohkan kenari
  • Cara menjodohkan burung kenari
  • Menjodohkan kenari
  • cara penjodohan kenari
  • penjodohan kenari
  • cara mengawinkan burung kenari
  • menjodohkan burung kenari
  • cara jodohkan kenari
  • jodohkan kenari
  • cr menjodohkan kenari

Tinggalkan komentar