Cara Menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula Baca Disini

Burung kacer merupakan burung kicau maupun burung hias yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Saat ini tak sedikit pula even perlombaan burung kicau yang menyertakan burung kacer untuk dilombakan, dan tak sedikit pula kacer mania yang berpartisipasi dalam even tersebut. Di Indonesia sendiri burung kacer yang paling laris dan mudah ditemui ada 2 jenis,yaitu kacer Poci dan kacer Jawa, meski masih ada jenis lain yang tak kalah bagusnya dengan kacer tersebut, seperti: kacer Madagaskar, dan kacer Blorok. seperti dilansir laman suratkabar.id.
kini sudah banyak penangkar burung kacer yang berusaha untuk mengembangkan dan membudidayakannya hingga kacer terus eksis dan menjadi buruan kicau mania. Banyak kicaumania di Indonesia yang telah mencapai kesuksesan dalam beternak burung kacer . Walau begitu, tidak ada suatu hal yang instan. Sebagian peternak pemula sering menjumpai masalah, terlebih dalam penjodohan calon induk jantan serta betina. Karena kebanyakan mereka selalu terburu-buru memasukkan ke-2 calon indukan itu ke dalam kandang ternak, hingga berlangsung perkelahian.
Faktor yang pertama yang mesti kita lakukan untuk menjodohkan burung kacer yang masih bakalan dengan cara memisahkan indukan jantan juga induk betina burung kacer tersebut melalui proses beberapa hari kedepan dengan menggunakan kandang yang telah disekat, bisa juga menggunakan sangkar harian yang biasa. Lakukan perjodohan dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar kedua indukkan. Sesudah kita pisahkan kurang lebihnya 3-4 hari,barulah ke-2 calon indukan burung kacer tersebut di pertemukan supaya masing-masing pasangan bisa saling pendekatan serta saling mengenal satu sama lainnya.

dikutip dari laman chip.co.id Cara menjodohkan kacer – kacer merupakan burung yang banyak diidolakan oleh para penggemar burung kicau. Itu dikarenakan kicauan kacer mempunyai ciri khas khusus dengan suara lantang dan variasi kicauan yang sangat banyak. Harga kacer adalah yang termasuk stabil dipasaran. Saat ini para pecinta kacer sudah mulai banyak yang menangkar kacer. Akan tetapi kadang masih banyak ditemui kendala dalam ternak kacer. Salah satu kendalanya adalah masalah menjodohkan kacer. Kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda tentang bagaimana cara menjodohkan kacer.

Dalam proses cara menjodohkan kacer sebenarnya mempunyai langkah – langkah yang mudah untuk Anda pahami. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah pilihlan calon indukan kacer jantan yang sehat, gacor, dan mempunyai suara yang lantang. Jangan sampai ada cacat fisik pada calon indukan kacer Anda. Pilihlah indukan jantan yang berumur lebih tua dibandingkan dengan indukan betinanya. Jadi usia jantan sekitar 2 tahun dan betina bermur 1 tahunan.

Memulai proses perjodohan sepasang induk burung kacer ini, dapat menggunakan kandang bersekat, bisa juga menggunakan sangkar harian yang biasa kita pajang di depan rumah. Lakukan perjodohan dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar kedua indukkan. Pada proses ini bertujuan agar si jantan, selalu mengarahkan kicaunya pada si betina.

Proses ini tidak berjalan mulus karena harus menunggu induk kacer betina merespon dengan siulan-siulan balasan yang khas, dan dilanjutkan dengan menggetar-nggetarkan sayapnya dan selalu ingin mendekat pada kacer jantan. Namun jika betina diam saja tanpa ada balasan atau tidak peduli, maka akan terlihat selalu menghindar dan itu pertanda kedua induk kacer yang anda jodohkan belum mau untuk di jodohkan.

Tips menjodohkan burung kacer

  1. Dalam cara menangkarkan burung kacer,kita dapat memanfaatkan kandang minimalis hingga bentuk kandang tak harus mesti bagus dan permanen, seadanya juga tak pula mesti kandang yang berukuran besar kita mampu memanfaatkan kandang yang terbuat dari kawat kassa.kemudian kita masukan kotak sarang juga sebagai tempat telur serta mengeram nantinya,kotak mampu kita untuk dalam bentuk persegi.
  2. Selanjutnya kita masukan kedua induk burung kacer yang betina terlebih dahulu, ingat induk betina mesti yang telah berusia.berusia dalam arti indukan telah siap kawin.seterusnya untuk induk jantan kacer kita taruh di lokasi yang agak berjauhan, yang tentunya ke-2 induk tersebut tak dapat saling melihat satu sama lainnya cuma dapat mendengar dari ocehan masing-masing burung tersebut.
  3. Dengan kita lakukan trick begitu kita dapat dengan langsung sang induk burung kacer yangbetina dapat terpancing birahinya dia dapat merasa gelisah waktu mendengar nada ocehan induk burung kacer jantan tersebut. bila beliau telah membelas ocehan induk yang jantan sehingga ocehan ke-2 indukan burung kacer tersebut dapat saling bersahutan.yang artinya mereka siap untuk di pertemukan.
  4. Sesudah kita mengetahui respon ke-2 indukan untuk sangkar indukan jantan dapat kita pindahkan lebih dekat dengan yang betina, mampu kita gantung dengan cara berdekatan dengan induk betina dengan melakukan trick seperti ini dari sekian banyak hari hingga sampai kita melihat aktifitas dari sang induk yang bakal sedang menyiapkan sarangnya bersamamemunguti bahan sarang untuk di tempatinya dia bertelur.
  5. Sesudah proses ini berlangsung kita serentak mampu memasukan induk jantan kedalam sangkar induk betina. yang harus anda ingat pastikan anda memasukan induk jantan padawaktu sore hari ,menjelang adzan magrib.lantaran pada waktu tersebut yakni merupakan waktuyang paling tepat untuk ke-2 indukan saling beristirahat. Sewaktu dalam proses perjodohan ini berlangsung kita melakukan pengamatan dengan caramengecekbila ke-2 indukan tersebut telah saling berjodoh juga telah timbul tanda-tanda birahi muncul dan seterusnya mampu kita pasttikan,ke-2 indukan burung kacer tersebut dapat langsung melaksanakan perkawinan.
  6. Tahapan selanjutnya kita hanya mesti senantiasa mengamati perkembangan ke-2 indukan burung kacer tersebut serta tidak jarang burung yang sudah mulai jodo tidak akur, karena ada salah satu burung yang bersikap lebih agresif dengan menyerang pasanganya dan seandainyademikian kemungkinan ada sekian banyak penyebab yang di antaranya merupakan.:1. Salah satu di antara indukan burung kacer mengalami kelebihan birahi.trick yang harus kita lakukan adalah dengan memberikan pakan penambah yang berupa poding.
    kebanyakan usia induk pun mempengaruhi elemen tersebut.jikalau salah satu indukan masih tetap muda aspek tersebut dapat senantiasa berjalan. dengan melalui trick yang harus mestikita tempuh bersama menganti dengan indukan kacer yang telah cukup umur.2. Seandainya kita mempunyai indukan jantan lebih agresif  di bandingkan dengan yang betina kita dapat mengganti induk betina yang sudah mempunyai usia lebih tua dari pada induk kacer yang jantanya.

itulah tadi pembahasan mengenai cara mengembangbiakan burung kacer, yang dapat kita lakukan jika ingin melakukan pengembangbiakan burung kacer, ada kalanya jika kalian mencari informasi untuk cara perkembangan burung kacer silahkan kalian dapat coba trik dan cara di atas yang kami telah sediakan sebelumnya, namun jika kalian masih belum jelas dan paham atau kurang lengkap, kalian dapat mencari tahu informasi lainya pada komunitas burung kacer indonesia, atau mencari tahu informasinya pada pakar burung kacer.

Begitu sobat untuk informasinya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat memberikan dampak positif bagi kalian semua.. terima kasih

Mungkin Berita dibawah ini yang Anda Cari