Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Kalian tau nggak apa itu burung cucak ijo? mungkin bagi kalian yang memiliki hoby koleksi burung mungkin tak asing lagi bagi kalian mendengar apa itu burung cucak ijo. cucak ijo merupakan burung yang memiliki dominan ciri khas berwarna hijau.

Gambar Burung Cucak Ijo
Gambar Burung Cucak Ijo

Tak hanya cantik si hijau burung ini sangatlah populer diantara burung-burung yang lain yang banyak dicari oleh para pecinta koleksi burung ini, karena kicauan burung cucak ijo ini tak kalah nyaring degan burung lain.

burung yang memiliki ciri khas berwarna hijau ini bukan hanya kicauannya saja yang menjanjikan, fisiknya yang sangat cantik juga sangat dicari para koleksi pecinta burung maka tak heran lagi jika para pengoleksi burung ini banyak yang bisa memodifikasi suara kicauan burungnya agar lebih berkicau lebih nyaring dan bervarian.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Rajin Bunyi

Gambar Perawatan Burung Cucak Ijo
Gambar Perawatan Burung Cucak Ijo

Untuk segmen kali ini kita bahas bagaimana cara merawat burung cucak ijo ini dengan cara misalnya memberi pakan burung secara rutin, memandikan burung cucak ijo secara rutin, melakukan proses penjemuran, menjaga kebersihan kandang juga dilakukan harus dengan rutin. berikut beberapa ulasan cara merawat burung cucak ijo dengan baik :

1. Menentukan Kandang Burung Cucak Ijo

Ada beberapa kandang dengan jenis variasi yang menarik yang bisa kalian pilih untuk si cantik cucak ijo ini, namun kalian harus perhatikan untuk menentukan kandangnya agar tidak salah memlihara, pasalnya jika kalian memelihara tidak hanya satu atau dua cucak ijo.

Kalian harus memilih kandang yang lebih besar ruangnya agar lebih bisa lebih beradaptasi dengan leluasa. tidak hanya itu saja kita juga harus melengkapi kandang tersebut dengan beberapa akesoris antara lain tempat pakan burung, tempat minum, tempat untuk bertengger si burung cucak ijo, dan alas kandang juga perlu di perhatikan.

2. Menentukan Perbedaan Jenis Kelamin Cucak Ijo

para pengoleksi burung tentu ini sangatlah di perhatian untuk membedakan kelaminnya, fungsi dari ini merupakan cara yang mudah untuk menentukan kualitas dari kicauan burung cucai ijo ini. sebab burung cucak ijo yang berjenis kelamin jantan akan lebih memiliki suara kicauan yang sangat nyaring dan bagus dibandingkan dengan kicauan burung cucak ijo yang betina.

3. Memandikan Burung Cucak Ijo

Agar lebih fresh cucak ijo ini alangkah baiknya kita biasakan untuk di mandikan, untuk pemula saja mandikan cucak ijo ini sekali satu hari secara rutin dengan kurun waktu sekitar 2 minggu setelah pemeliharaan, setelah terbiasa latihlah dengan pemandian 1 hari 2 kali pemandian,

Tetapi perlu di perhatikan lagi sebelum dimandikan alangkah baiknya burung cucak ijo ini diangin-anginkan terlebih dahulu dengan cara di pindahkan dari kandang dan di pindahkan ke tempat yang lebih terbuka selama kurun waktu 30 menit selanjutnya mandikan burung ini dengan cara di semprot ataupun dengan keramba.

4. Proses penjemuran Burung Cucak Ijo

Untuk proses penjemuran ini biasanya di lakukan dengan cara setelah pemandian burung cuca ijo ini. biasanya utnuk di lakukan penjemuran di lakukan pada waktu pagi hari sekita pukul 8 pagi, karena sinar matahari tersebut sangatlah membantu perkembangan si burung cucak ijo ini

5. Pemberian Pakan Burung Cucak Ijo

Inilah moment yang paling inti yang harus kalian perhatikan, ada beberapa jenis pakan burung yang dapat kita sajikan untuk si cantik cucak ijo ini. perlu di perhatikan juga untuk pemberian pakan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral. pakan yang tergolong bagus yang memiliki banyak vitamin diantaranya vitamin D3, A, B1, E dll.

6. Pemberian Makanan Tamabahan Burung Cucak Ijo

Selain memberikan pakan yang mengandung banyak nutrisi, buah dan sayur merupakan poin penting untuk di berikan kepada si cantik cucak ijo ini, karena kandungan vitamin di dalam buah dan sayuran ini sangat membantu untuk pengembangan dan metabolisme si burung cucak ijo ini. bukan hanya untuk kandngan gizi saja akan tetapi memang burung cucak ijo ini sangatlah menyukai buah dan sayuran yang segar d antaraya pisang, pepaya, tomat, apel dll .

7. Memberikan Ekstra Fooding

Pemberian ekstra fooding merupakan hal yang penting yang perlu di perhatikan, pemberiaan ektra fooding sangat baik untuk metabolisme cucak ijo ini, ekstra fooding yang di maksudkan merupakan pemberian pakan berupa: kroto, kelabang, belalang, ulat bambu, jangkrik dll. namun tak banyak burung yang menyukai ekstra fooding ini, akan tetapi untuk pemberian ekstra fooding pada si cucak ijo ini perlu di coba, karena cucak ijo menyukai EF ini.

8. Pembersihan Kandang Burung Cucak Ijo

Rutin harus di lakukan pembersihan kandang ketikan kita memelihara hewan peliharaan, tentu saja banyak hewan dan terutama burung cucak ijo yang gak bertahan lama dengan kondisi kandang yang kurang terawat, kalian tentu harus perhatikan unsur kebersihan terutama kebersihan kandang yang banyak terdapat kotoran- kotoran burung,

Agar perkembangan kesehatan dari burung cucak ijo ini terjaga, maka kita perlu rutin membersihkan dan merawat kandang agar tetap bersih dan sehat. karena kandang yang bersih akan terhindar dari kontaminasi bakteri yang menggangu kesehatan burung dari penyakit-penyakit.

9. Jauhkan dari Jangkakauan Pengganggu Burung Cucak Ijo

yang disini maksudkan adalah jauhkan dari penggangu bukan hanya dari manusia yang usil saja, akan tetapi hindarkan dari jangkauan binatang yang mengancam ketenangan si burung cucak ijo ini. contoh lain anjing yang mengaung dapat menggangu konsentrasi dan ketenangan si cucak ijo ini yang menimbulkan si burung ini stres dan mengakibatkan kematian.

10. Lakukan Latihan

Hal yang penting agar memiliki pemeliharaan yang berkualitas maka kalian perlu melakukan hal ini suatu pelatihan agar burung cucak ijo kalian menghasilkan kualitas yang baik. bagaimana cara kalian untuk melakukan pelataihan agar dapat berkicau dengan baik bisa dengan mudah anda dapat dngan pemasteran atau mendengarkan suara-suara dari burung lain gar cucak ijo kaliam bisa berkicau dengan bagus lagi.

11. Pertemukan dengan Teman Sejenis

Cara ini juga dapat kalian lakukan dengan mudah agar si burung cucak ijo ini berkualitas tinggi dengan cara pertemukan si cucak ijo ini degan teman sejenisnya, dengan bisa kalian lakukan dengan pemeliharaan teman kalian, pastinya si cucak ijo ini akan memacu melakukan latian berkicau dengan teman sejenis yang dianggapnya saingan

12. Pemeriksaan kesehatan

Tidak perlu rutin untuk memeriksakan kesehatan burung ini, akan tetapi jika ada keganjalan pada perubahan yang dialami si cucak ijo ini misalnya lebih pasif dari biasanya, kurang berkicau kerontokan bulu. jika ini yang dialami si cucak ijo maka kalian perlu memeriksanya dan kalian perlu kasih vaksin burung.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Demikian untuk segment kali ini yang membahas cara merawat burung cucak ijo, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian para pencinta burung dalam perawatan yang rutin untuk si cucak ijo ini dan tidak sembarangan memelihara burung peliharaan, dan banyak hal yang harus di perhatikan agar pemeliharaan burung kalian berkualitas tinggi terima kasih.

Pencarian burung terbaru:

  • BURUNG CUCAK HIJAU
  • burung cara perawatan
  • cara memelihara burung lowbirth
  • Cara pemeliharaan burung

Tinggalkan komentar