Cara Merawat Burung Dara

Burung merpati merupakan burung yang paling banyak diminati dan paling populer sepanjang masa di Indonesia , hampir setiap masyarakat di Indonesia pasti pernah punya burung merpati ini . Burung merpati cocok digunakan untuk berbagai kontes balapan biasanya untuk lomba adu kecepatan dan kalangan merpati .

Burung merpati atau yang memiliki nama lain burung dara ini merupakan burung yang bisa diajak bersahabat dengan manusia dengan sikap nya yang mudah beradaptasi dengan kondisi alam membuat para pecinta burung sangat suka memelihara burung dara ini.

Burung merpati atau dara juga dilambangkan erat dengan lambang kesetiaan karena memang burung merpati sangat setia terhadap pasangan nya dan bahkan jika sudah memiliki satu pasangan tidak akan mudah untuk berpaling .

Jenis – Jenis Burung Merpati di Dunia

Asal kalian tahu jika sebagian masyarakat Indonesia menganggap semua burung merpati sama ternyata itu tidak benar melainkan burung merpati sangat banyak sekali jenis nya untuk mengetahui jenis – jenis burung merpati anda bisa melihat nya dibawah ini lengkap dengan penjelasannya :

1. Burung Merpati Batu

Gambar Burung Merpati Batu
Gambar Burung Merpati Batu

Untuk jenis burung merpati yang pertama yaitu burung merpati batu , burung merpati batu yang juga memiliki nama latin Columba livia memiliki karakter yang unik dan paling mudah untuk dijinakan jika kebanyakan burung susah untuk dijinakan namun untuk burung merpati yang satu ini paling mudah untuk dipelihara.

Burung merpati batu jika anda pergi ke eropa akan sangat mudah untuk ditemui apalagi di kota kota besar , berbeda dengan di negara Indonesia burung merpati tersebut sangat jarang di temukan di kota – kota karna mungkin burung tersebut memiliki nilai jual sehingga banyak yang memelihara nya ketimbang dibiarkan di jalanan.

Pakan burung merpati batu juga hampir sama dengan burung merpati yang lainnya yaitu sangat suka sekali dengan jagung , warna bulu nya juga relatif memiliki warna abu – abu sehingga sulit membedakan burung merpati batu jantan dan betina.

2. Burung Merpati Hias Indian Fantail

Gambar Burung Merpati Hias Indian Fantail
Gambar Burung Merpati Hias Indian Fantail

Jenis burung merpati yang kedua yaitu burung merpati hias yang bernama Burung merpati Indian Fantail , burung merpati jenis ini termasuk burung yang sangat langka karena hanya ada di negara Eropa saja , namun juga dapat ditemui juga di negara India sesuai dengan nama nya Indian Fantail.

Burung merpati indian fantail memiliki bulu yang sangat unik sekali dengan corak warna putih dan abu – abu yang abstrak membuat burung merpati tersebut sangat indah dan cocok sekali untuk pecinta burung hias. Untuk harga burung merpati jenis tersebut harganya bisa saja mahal karena sangat langka di Indonesia.

Salah satu bagian tubuh dari burung merpati hias indian fantaill yaitu pada bagian ekor nya yang menjulang tinggi ke bagian atas layaknya burung merak yang memiliki ekor yang sangat indah.

3. Burung Merpati Jacobin Pegeon

Gambar Burung Merpati Jacobin Pegeon
Gambar Burung Merpati Jacobin Pegeon

Untuk jenis burung merpati yang selanjutnya yaitu burung merpati jacobin pegeon , burung ini memiliki kepopuleran yang hampir sama dengan burung merpati batu .

Pada jaman dahulu untuk mengirim pos atau surat – surat berharga biasanya menggunakan burung merpati karena burung merpati sangat jinak dan dapat dilatih untuk berbagai keperluan manusia , burung merpati jenis ini berasal dari luar negeri dan sangat jarang ditemui di Indonesia.

Burung merpati yang ada di Indonesia mungkin hanya memiliki jenis yang lebih sedikit dan berbeda beda di setiap daerah nya ada yang menyebutnya dengan burung dara tlampik , megan , cito , mangset dan masih banyak yang lain lagi .

Cara Merawat Burung Dara Balap Agar Jinak

Diatas merupakan jenis – jenis burung merpati yang ada di dunia untuk tips atau cara merawat burung merpati agar lebih jinak dan bisa di prospek untuk lomba balap merpati berikut ini tips dan cara nya :

1. Memilih Burung Dara yang Tepat

Jika anda hendak memelihara burung merpati anda harus g memilih burung dara yang tepat karena untuk perawatan dari burung merpati yang satu dengan yang lain nya sangatlah berbeda – beda.

Anda harus selektif lagi dalam memilih burung merpati jika annda ingin memilih burung merpati yang di prospek untuk lomba ada jenis merpati tersendiri atau mungkin hanya untuk kesenangan saja anda bisa memilih burung merpati yang ,biasa di perjual belikan di pasar burung .

Nahh, untuk memutuskan membeli burung dara sebaiknya belilah yang masih sehat dan juga harus sepasang agar nantinya dapat di ternak dengan mudah tanpa harus mencari pasangan nya lagi.

2. Menyiapkan Kandang Khusus Untuk Burung Dara

Menyiapkan kandang khusus merupakan bagian yang penting karena kandang burung merpati dengan burung yang lain nya sangat berbeda jika burung kicau ataupun hias biasanya menggunakan kandang yang digantung , sedangkan kandang burung dara bentuknya seperti seperti rumah namun kecil dan cukup untuk beberapa burung dara.

Namun lebih luas kandang nya akan lebih baik karena akan menghindarkan burung dara dari rasa stress akibat kepanasan. Untuk ukuran standard kandang burung bisa dengan luas sekitar 2,5 sampai 3 meter saja.

3. Memberi Pakan yang Berkualitas dan Cukup

Pemberian makanan untuk burung dara sangatlah penting karena akan membuat burung merpati menjadi lebih aktif dan akan bertahan hidup lebih lama , untuk makanan burung merpati anda bisa memberikan makanan biji – bijian seperti jagung yang sudah di giling kasar .

Juga anda bisa tambahkan makanan tambahan lainnya seperti ramuan jamu dan sebagainya ini juga sangat karena akan menunjang daya kekebalan tubuh burung dara.

4. Melatih Burung Agar Hafal Kandang

Melatih burung merpati agar jinak ada step by step nya yang harus dilakukan tidak boleh ngasal dan harus sesuai dengan kondisi burung merpati tersebut. jika anda baru membeli burung merpati anda tidak boleh langsung langsung melatih burung merpati agar hafal kembali ke kandang karena akan berakibat fatal bisa saja burung yang anda beli bisa terbang dan kembali ke rumah sang penjual.

Perlu dilakukan secara bertahap dari jarak yang terdekat terlebih dahulu selanjutnya baru merambah ke jarak yang jauh – jauh , untuk mengakalinya anda bisa menggunakan burung merpati betina agar burung merpati jantan dapat kembali ke kandang.

5. Rutin Memandikan Burung Dara

Kegiatan memandikan burung dara sangat mengasyikan jika anda memang benar – benar memiliki hoby memelihara burung akan terbiasa menghadapi tersebut, memandian burung dara dapat bertujuan untuk menambah burung dara agar lebih sehat dan lebih terawat .

Dengan memandikann burung dara setiap hari juga akan membuat burung dara terhindar dari kutu burung yang dapat membuat burung tidak nyaman , lakukan hal tersebut secara rutin bisa di pagi hari dan bisa juga pada waktu sore hari. Untuk hasil lebih maksimal anda bisa menggunakan sabun khusus untuk memandikan burung dara yang banyak dijual di toko pakan ternak .

Baca Juga : Cara Merawat Burung Trucukan

Bagaimana mudah bukan untuk membuat burung dara jinak ? anda bisa melakukan metode diatas dan kami yakin burung dara yang anda miliki bisa lebih jinak dan bahkan bisa di prospek untuk lomba ajang balapan burung dara.

Pencarian burung terbaru:

  • cara merawat burung dara
  • cara memelihara burung dara
  • cara membuat burung merpati menjadi klebet an
  • Cara membuat burung dara balap
  • cara memandikan merpati yang baik
  • cara memandikan burung merpati
  • cara memanaskan burung dara betina
  • cara agar burung dara
  • waktu yang cocok mandiin merpati biar jinak dan giring
  • biar merpati jinak

Tinggalkan komentar