Cara Merawat Burung Kutilang

Burung kutilang adalah salah satu burung yang mungkin masih belum banyak dikenal orang karena burung ini tidak begitu menarik dari segi suaranya dan sangat tidak cocok untuk dijadikan sebagai burung kicau , namun bukan tidak mungkin jika burung kutilang masih banyak peminat nya.

Gambar Burung Kutilang
Gambar Burung Kutilang

Burung ini biasanya hanya untuk dijadikan peliharaan biasa saja sebagai burung hias walaupun memang kicauan nya tidak begitu diminati oleh sebagian pecinta burung.

Jika anda bisa merawat burung kutilang dengan baik bisa jadi burung kutilang dapat memiliki kicauan yang bagus dan bahkan bisa gacor , namun untuk perawatan nya juga tidak mudah tergantung dari bagaimana anda merawat nya .

Burung kutilang sendiri masuk ke dalam kategori burung cucak yang memang di kategorikan dapat berkicau dengan baik , burung kutilang ini bisa ditemui dengan mudah di hutan dan sangat mudah dikenali suaranya jika anda sering bepergian ke hutan jika beruntung anda bisa melihat langsung burung kutilang tersebut.

Fakta Menarik Burung Kutilang , Habitat Asli dan Spesiesnya

Ada beberapa fakta menarik mengenai burung kutilang yang mungkin para pecinta burung masih awam mengenai hal ini berikut ini fakta menarik burung kutilang :

1.Burung kutilang memiliki daerah persebaran yang lumayan luas dari mulai wilayah selatan tiongkok hingga menuju daerah asia tenggara dan termasuk juga wilayah jawa dan bali. Walau daerah persebaran nya memang luas burung kutilang tidak memiliki jenis yang banyak .

2. Habitat burung kutilang sendiri kerap di ditemukan di hutan dan biasanya menggerombol dengan burung trucukan , bahkan kedua burung tersebut kerap di kaitkan mungkin bisa saja kedua burung tersebut bisa menghasilkan keturunan namun sangat tidak mungkin karena berbeda jenis tentunya.

3. Pecinta burung di Indonesia masih menganggap jika burung kutilang memiliki suara yang bahaya untuk burung lain , mengapa di anggap berbahaya karena burung kutilang tersebut memiliki suara yang mati atau dalam kata lain memiliki suara yang satu jenis sehingga banyak pecinta burung yang takut burung miliknya termaster oleh burung kutilang tersebut.

4. Burung kutilang walaupun hidup di alam bebas dan susah di dapatkan namun sangat mudah beradapatasi dengan lingkungan , banyak diantara pecinta burung menyukai burung kutilang ini karena memang perawatan nya juga lumayan mudah jika dibandingkan dengan burung lain seperti burung lovebird misalnya.

5. Burung kutilang saat ini habitat nya sudah sangat terancam dan populasinya dari tahun ketahun sudah sangat berkurang karena di eksploitasi secara berlebihan oleh oknum yang kurang bertanggung jawab , mengingat burung ini memiliki nilai jual yang lumayan tinggi.

Ciri Ciri Burung Kutilang dan Karakternya

Gambar Burung Kutilang Jantan
Gambar Burung Kutilang Jantan

Itu beberapa fakta seputar burung kutilang namun hanya sebatas itu saja mungkin kurang cukup karena tidak spesifik membahas burung kutilang padahal burung kutilang memiliki banyak sekali ciri khusus atau karakteristik yang bahkan pecinta burung mungkin belum mengetahui nya berikut info lebih lengkapnya :

1. Ciri Fisik Burung Kutilang

Informasi yang pertama kami akan bahas yaitu ciri ciri fisik burung kutilang yang dimana mungkin pecinta burung pastiny sudah mengetahuinya namun mungkin yang masih awam bisa saja belum mengetahui banyak tentang burung kutilang ini .

Ukuran tubuh burung kutilang memiliki panjang sekitar 20 cm dari mulai paruh hingga ekor paling ujung itu untuk ukuran burung kutilang dewasa jika masih anakan ukuran nya masih sangat kecil sekali .

Warna burung kutilang lebih dominan berwarna coklat , sebenarnya ada warna kuning di bagian tubuhnya namun hanya sebagian saja masih lebih banyak warna coklat nya.

2. Karakteristik Burung Kutilang

Burung kutilang memiliki karakter yang sangat bersahabat dengan burung lainnya dan jika dipelihara juga mudah untuk di rawat , mudah dijinakan serta mudah beradapatasi dengan lingkungan sekitar .

Burung ini biasanya hidup berkelompok dengan jumlah kelompok nya 5-10 burung , pada saat berkelompok juga tidak hanya saat bertengger namun pada saat mencari makanan juga mereka terbang berkelompok.

Diatas hanyalah sebagaian ciri – ciri umum nya saja sebenarnya untuk lebih mendetail lagi burung kutilang memiliki ciri yang berbeda dari mulai ciri – ciri burung kutilang jantan dan burung kutilang betina itu memiliki perbedaan yang sangat mencolok sekali seperti berikut ini :

Ciri Ciri Burung Kutilang Jantan

  • Burung kutilang jantan sangat mudah dikenali yaitu dari segi bentuk kepala nya yang memiliki ukuran besar .
  • Memiliki jambul yang lebih tinggi dan lebih tegak serta memiliki suara ngekek yang panjang .
  • Memiliki warna bulu dibawah ekor yang berawarna orange dan sangat terang warna nya.

Ciri Ciri Burung Kutilang Betina

  • Burung kutilang betina memiliki postur tubuh yang lumayan kecil dibandingkan dengan burung kutilang jantan.
  • Bentuk kepalanya juga agak minimalis dan jika dilihat auranya sangat terlihat sekali bahwa burung tersebut betina.
  • Suara kicauan dari burung kutilang betina juga berbeda tidak keras dan suaranya terputus -putus berbeda dengan burung kutilang jantan yang dapat ngekek panjang.

Cara Merawat Burung Kutilang Agar Gacor dan Ngekek Panjang

Gambar Penjemuran Burung Kutilang
Gambar Penjemuran Burung Kutilang

Itu merupakan ciri ciri burung kutilang jika dilihat dari jenis kelamin nya , nahh jika anda sudah memiliki burung kutilang dan bingung bagaimana merawat burung kutilang biar gacor dan ngekek panjang berikut ini info lengkap nya :

1. Memandikan Burung Kutilang Secara Teratur

Untuk menjadikan burung kutilang anda gacor dan cepat bunyi ada hal – hal yang harus di perhatikan kita mulai dari hal yang satu ini yaitu memandikan burung kutilang dengan rutin , karena semua burung memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda jika anda rajin memandikan burung kutilang kami jamin burung anda bisa sehat dan bahkan bisa lebih aktif lagi dan yang terpenting terhindar dari penyakit dan kutu.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Ini memang sering dianggap sepele padahal memiliki peranan yang sangat penting sekali jika anda selalu membersihkan kandang burung kutilang dengan teratur akan menjadikan burung nyaman dan sehat serta dapat menghindarkan burung kutilang dari rasa stress.

3. Memberikan Makanan Tambahan

Jika anda ingin burung kutilang yang anda miliki dapat bunyi dengan cepat atau bahkan ngekek panjang gacor nya anda bisa memberikan perawatan tambahan dengan memberikan makanan tambahan seperti extra fooding dari mulai voer, multivitamin yang terbuat dari bahan – bahan makanan yang bergizi seperti biji bijian dan sebagainya.

4. Pemasteran Burung

Ini merupakan hal yang paling penting jika anda sudah merawat dengan berbagai metode namun tidak dilatih menggunakan pemasteran burung pastinya akan susah di kemudian hari dan bahkan pertumbuhan suara nya sangat lambat malahan bisa tidak gacor suaranya.

Pemasteran bisa dilakukan pada waktu malam hari atau bisa pada pagi hari setelah burung di mandikan sambil di jemur di bawah matahari pagi bisa juga sekalian di latih dengan metode pemasteran bisa menggunakan Mp3 Kicauan burung kutilang dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Merpati

Bagaimana mudah bukan merawat burung kutilang jika anda serius menekuni nantinya akan membuahkan hasil yang terpenting dari beberapa metode diatas anda harus rajin dan secara kontinyu lebih baik dalam hal perawatan , metode diatas merupakan metode yang paling mudah dan bisa di terapkan untuk pecinta burung yang masih pemula.

Pencarian burung terbaru:

  • Cara merawat burung kutilang
  • cara merawat kutilang
  • cara memilih kutilang yang bagus
  • cara memelihara burung kutilang
  • ciri ciri burung kutilang
  • https://hargaburung id/cara-merawat-burung-kutilang/
  • cara merawat kutilang yang baru di beli agar tetap sehat
  • Cara merawat anak burung kutilang
  • perawatan kutilang
  • burung kutilang anakan

Tinggalkan komentar