Cara Merawat Burung Pentet

Burung pentet merupakan salah burung kicau yang paling banyak digemari oleh pecinta burung di Indonesia.

Lanius schach memiliki jenis yang tak kalah banyaknya dibandingkan dengan burung lain, terkadang bahkan sampai pecinta burung tidak dapat membedakan jenis burung pentet yang satu dengan burung pentet yang lainnya.

Burung yang lucu ini bisa dijadikan sebagai burung peliharaan biasa dan juga dapat dijadikan sebagai burung kicau, karena burung ini memiliki kebiasaan dan suara yang sangat unik sekali sehingga tak heran banyak penggemar dari burung minimalis yang satu ini.

Selain disebut burung pentet, burung ini juga biasa disebut burung cendet. Namun dari satu daerah dengan daerah lain memiliki nama yang berbeda beda.

Untuk nama populer dari burung ini yaitu burung pentet atau burung cendet.

Cara Merawat Burung Pentet
arenahewan.com

Bagi pecinta burung pemula, burung pentet sangat asing bagi mereka. Terlebih lagi, burung ini sangat jarang ada yang punya. Masih kalah populer dengan burung lovebird dan burung minimalis lainnya.

Namun setidaknya burung pentet masih dapat ditemui dan tidak terdapat adanya tanda-tanda terjadinya kepunahan.

Walaupun demikian, kita harus wajib untuk menjaganya jangan sampai kita tidak melindungi habitat asli dari burung pentet tersebut.

Saat ini populasi spesies burung di Indonesia semakin menurun karena adanya eksploitasi yang berlebihan dari spesies burung endemik di Indonesia.

Gambar Burung Pentet Gacor
Gambar Burung Pentet Gacor

Oleh karena itu saat ini diberlakukan undang undang yang melindungi burung-burung yang ada di Indonesia bukan hanya burung saja yang diberlakukan peraturan dan perundangan namun hewan-hewan lainnya juga ikut seperti primata dan reptil dan yang lainnya.

Memelihara burung pentet sebenarnya tidak susah-susah amat. Jika kita sudah tau seluk beluk burung yang kita miliki, pastinya akan terasa mudah.

Apalagi jika kita sehari-hari berhadapan langsung dengan burung, pastinya akan sangat mudah sekali merawat semua burung yang kita punya termasuk burung pentet.

Cara Merawat Burung Pentettt
Burungnya.com

Burung pentet setidaknya dapat gacor jika kita dapat merawat nya dengan baik.

Yang terpenting yaitu Anda harus telaten dan rajin dalam merawat burung pentet, karena burung pentet jika dirawat dengan baik akan mendapatkan kualitas yang unggul juga dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain akan mendapatkan kualitas yang unggul jika anda merawat burung pentet secara konsisten, burung ini dapat gacor dengan rajin dan bahkan bisa Anda ikutkan ke dalam kontes burung kicau.

Merawat burung pentet dapat dibagi menjadi beberapa metode yang dari mulai makanan apa yang harus diberikan, kesehatan burung pentet, dan masih banyak lagi berikut ini kami akan share merawat burung pentet dengan mudah agar cepat gacor :

Cara Merawat Burung Pentet Agar Cepat Gacor

Gambar Burung Pentet/Cendet
macaubiodiversity.org

Di bagian ini merupakan info yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta burung. Dengan mengetahui bagaimana cara merawat burung pentet anda akan mendapatkan pengetahuan tambahan.

Ada banyak cara dan metode untuk merawat burung tersebut namun kali ini kami pilihkan metode yang termudah untuk merawat burung pentet sebagai berikut.

1. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung Pentet

Dengan memperhatikan kebersihan kandang burung pentet, burung pentet akan lebih terawat dan enak di pandang mata.

Apalagi burung pentet memiliki warna yang indah pastinya sangat cocok di tempatkan di kandang yang memiliki keadaan bersih dan terhindar dari kotoran.

2. Berikan Makanan Terbaik Untuk Burung Pentet

Burung pentet juga membutuhkan nutrisi agar tubuh nya sehat dan selalu memiliki kondisi yang fit diantara ciri – ciri burung sehat yaitu selalu aktif di kandang, dengan memberikan makanan teratur dan tidak sembarangan akan membuat burung pentet rajin gacor.

Berikan juga vitamin tambahan untuk burung pentet salah satu makanan yang dianjurkan yaitu yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

3. Perhatikan Jenis Kelamin Burung Pentet

Burung pentet yang gacor biasanya memiliki jenis kelamin jantan kalau jenis kelamin betina biasanya jarang sekali ada yang bisa gacor. Dengan mengetahui jenis kelamin burung pentet nantinya akan mudah memfilter burung pentet mana yang dapat dijadikan sebagai kontestan burung kicau.

Burung pentet yang memiliki jenis kelamin jantan berciri warna nya hitam gelap dan sangat aktif berbeda dengan burung pentet betina yang cenderung masif dan jarang sekali berkicau.

4. Menjemur Burung Pentet Secara Rutin

Penjemuran burung pentet dapat dilakukan pada waktu tertentu dan tempat yang khusus jangan sembarang tempat karena nantinya akan mempengaruhi kelangsungan pertumbuhan dari burung pentet, penjemuran burung pentet dapat dilakukan pada waktu atau jam 7 pagi hingga jam 9 pagi.

Untuk waktu sore juga bisa melakukan proses penjemuran yaitu dengan jam 3 hingga jam 5 sore penjemuran dapat dilakukan cukup 2 jam sehari saja.

Untuk penempatannya taruh lah burung pentet di lingkungan yang seperti habitat aslinya yaitu dengan penuh pepohonan atau minimal ada pandangan yang luas untuk burung pentet agar dapat merasakan hawa yang segar dari udara sekitar.

5. Memasterkan Burung Pentet

Dengan melakukan pemasteran burung akan menghasilkan burung pentet yang terlatih dan akan lebih cepat gacor , jika perawatan sudah dilakukan anda tinggal memasterkan burung pentet dengan burung lainnya yang memiliki suara berbeda agar dapat bervariasi jenis kicauannya.

6. Pengasingan Burung Pentet

Jika saat keadaan aktif berbunyi burung pentet sewaktu – waktu dapat berhenti berkicau Anda harus segera melakukan tindakan yaitu dengan mengasingkan burung pentet dan jauhkan dari jangkaun dengan burung lainnya.

Karena pada saat kondisi tersebut burung pentet akan merasa tersaingi dengan burung lainnya oleh sebab itu lebih baik di jauhkan saja dengan menjauhkan burung pentet dengan burung lain akan menambah kepercayaan diri burung pentet tersebut.

Cara tersebut sebenarnya hanya pada saat kondisi tertentu saja boleh dilakukan dan juga boleh tidak.

7. Memberikan Sayur – Sayuran

Dengan memberikan makanan seperti sayur – sayuran akan lebih memudahkan burung pentet dalam proses pertumbuhannya jika sudah memberikan makanan yang terbaik sesuai dengan cara yang sebelumnya Anda perlu menambah makanan seperti sayur dan biji bijian.

8. Pemberian Jamu

Memberikan jamu merupakan hal yang penting jamu yang diberikan untuk burung pentet yaitu jamu khusus yang dimana dapat menjadikan burung pentet lebih aktif dan lebih bertenaga.

Namun untuk pemberian jamu ini ada waktu – waktu tertentu tidak selalu setiap hari namun dengan kurun waktu seminggu sekali juga sudah cukup mengingat jamu ini hanya merupakan makanan tambahan saja.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Perkutut

Bagaimana mudah bukan merawat burung pentet?

Anda bisa menggunakan metode diatas untuk burung pentet dewasa saja jika anda memiliki burung pentet anakan dan masih di bawah umur 3 bulanan lebih baik cukup membersihkan kandang dan sediakan minum saja.

Semoga bermanfaat!

Kategori Cendet

Tinggalkan komentar