Cara Merawat Burung Prenjak

Burung prenjak merupakan salah satu jenis burung yang berukuran kecil dan tergolong banyak peminat nya , namun sejatinya burung prenjak memiliki jiwa petarung dan bahkan sering di ikutkan ke berbagai kejuaraan burung dari mulai kontes kicau ataau kontes burung yang lainnya.

Burung prenjak memiliki kicauan yang keras sehingga terkadang suara dari burung ini dapat mengalahkan beberapa burung yang lainnya malahan tidak ada kicauan burung yang lebih keras dari pada burung tersebut.

Pecinta burung pastinya sudah paham betul dengan karakter burung prenjak ini namun untuk pecinta burung yang masih pemula mungkin saja masih bingung bagaimana cara merawat burung prenjak dengan baik namun untuk perawatannya memang dibutuhkan kekonsistenan memang tidak mudah untuk merawat burung prenjak apalagi burung ini sudah terkenal di masyarakat dengan suaranya yang sangat bagus .

Adapun burung prenjak juga memiliki banyak sekali jenis nya bahkan pecinta burung yang masih pemula masih bingung membedakan burung prenjak yang satu dengan yang lainnya , burung prenjak memiliki habitat yang mudah di temukan adapun habitat asli nya di hutan – hutan yang rindang dan di ketinggian beberapa ratus meter diatas permukaan laut .

Populasi burung prenjak di alam saat ini sudah sangat berkurang sekali diakibatkan oleh melonjak nya eksploitasi terhadap burung ini karena memang memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Namun untuk menanggulangi hal tersebut saat ini banyak pecinta burung yang mengakali nya yaitu dengan ternak burung prenjak secara buatan karena hal ini sangat efektif sekali tidak dapat membuat populasi burung prenjak berkurang namun malah tambah banyak populasi nya ini menandakan bahwa pecinta burung masih perduli dengan populasi dari burung prenjak .

Jenis – Jenis Burung Prenjak dan Habitat Asli

Berikut ini ada banyak sekali jenis burung prenjak yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk para pecinta burung untuk mengetahui jenis burung prenjak dan bagaimana cara merawat nya :

1. Burung Prenjak Kepala Merah

Gambar Burung Prenjak Kepala Merah
Gambar Burung Prenjak Kepala Merah

Jenis burung prenjak yang pertama yaitu burung prenjak kepala merah , jenis burung prenjak yang satu ini sangat menarik karena memiliki ciri – ciri yang sangat mudah dikenali yaitu memiliki corak warna merah di kepala nya . Burung ini banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia khususnya di daerah jawa karena banyak terdapat burung perenjak jenis kepala merah.

Burung prenjak kepala merah mudah ditemuai di hutan – hutan yang rindang dan banyak pepohonan untuk merawat burung prenjak kepala merah cukup mudah nanti akan kami bahas di segment khusus cara merawat burung prenjak.

2. Burung Prenjak Sawah

Gambar Burung Prenjak Sawah
Gambar Burung Prenjak Sawah

Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang paling gampang di temui di sekitar kita apalagi kalau di daerah kita masih terdapat pesawahan pastinya akan sangat banyak sekali terdapat burung prenjak sawah.

Burung prenjak sawah identik dengan padi yang dimana merupakan makanan utama burung tersebut habitat burung prenjak sawah seusai dengan nama nya yaitu di pesawahan dan seringkali menjadi musuh para petani yang dimana burung tersebut sering mencuri padi milik petani.

Jika dibedakan dengan burung prenjak yang lainnya , burung sawah memiliki tingkat kepopuleran nya yang tinggi karena memang sangat mudah ditangkap dan di ternak oleh pecinta burung yang sudah lama maupun yang masih pemula.

3. Burung Prenjak Lumut

Gambar Burung Prenjak Lumut
Gambar Burung Prenjak Lumut

Untuk jenis burung prenjak yang terakhir yaitu burung prenjak lumut , burung prenjak lumut tergolong masih asing di telinga pecinta burung karena burung ini jarang sekali ada dan mungkin untuk populasinya saat ini berkurang sangat drastis habitat nya sudah terancam oleh karena itu kita sebagai pecinta burung harus selalu melestarikan alam agar spesies burung yang ada di Indonesia tidak hilang .

Ciri khusus dari burung prenjak lumut yaitu hampir sama seperti butung prenjak kepala merah namun perbedaanya hanya sedikit sekali yaitu body nya yang minimalis dari pada burung prenjak kepala merah. Nahh,, sesuai dengan topik utama cara merawat burung prenjak berikut ini ada info menarik bagaimana cara merawat burung prenjak agar cepat gacor sebagai berikut :

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Gacor

1. Perhatikan Pakan Burung Prenjak

Hal yang perlu di perhatikan saat pertama kali akan merawat burung prenjak yaitu faktor makanan , karena ini memang sangat berpengaruh sekali pada perkembangan seekor burung .

Apalagi jika anda ingin membuat burung anda sehat dan gacor pastinya konsumsi harus diperhatikan secara penuh tidak boleh ngasal . Untuk pakan burung prenjak bisa berupa voer dan kroto serta di beri minum hangat secukupnya harus yang sudah masak ya karena bakteri pada air sangat banyak sekali jika belum di masak.

2. Pemberian Makanan Tambahan Burung Prenjak

Untuk menambah kualitas burung prenjak diperlukan makanan tambahan baik berupa makanan alami ataupun yang organic. Untuk menjadikan burung prenjak siap gacor dan juga siap untuk di ikutkan lomba anda harus rajin memberikan makanan tambahan .

Makanan tambahan untuk burung prenjak bisa berupa 2 ekor jangkrik pada pagi hari dan juga sore hari , untuk makanan jangkrik anda bisa pilih bagian terbaik nya yang berupa daging saja yaitu pada bagian perut saja jangan semua bagian tubuh jangkrik di berikan kepada burung prenjak.

Nahh,, untuk menambah daya tahan tubuh jangkrik pemberian serangga lainnya juga perlu seperti ulat hongkong, ulat hongkong ini dipercaya oleh para pecinta burung karena dapat memberikan efek yang signifikan kepada burung prenjak.

3. Proses Pemandian Burung Prenjak

Jika burung prenjak sudah terpenuhi dari mulai kandang , makanan pokok dan makanan tambahan burung prenjak tahap selanjutnya yaitu anda memandikan burung prenjak dengan rutin .

Tujuan dari pemandian burung prenjak yaitu untuk menjadikan burung prenjak selalu segar dan fit , selain itu juga dapat menjadikan burung prenjak lebih sehat dan terhindar dari kutu yang dapat menyebabkan burung prenjak tidak nyaman.

Proses pemandian burung prenjak bisa dilakukan pada waktu sore hari dan pagi hari dan itu juga harus rutin tidak boleh malas .

4. Proses Penjemuran Burung Prenjak

Proses yang selanjutnya yaitu tahap penjemuran burung prenjak untuk merawat burung prenjak memang butuh kekonsistenan yang tinggi dan harus disiplin dari mulai memandikan , memberi makanan , merawat kandang dan sebagainya.

Untuk proses yang terakhir pada segment cara merawat burung prenjak yaitu dengan menjemur burung prenjak setelah di mandikan , untuk penjemuran bisa dilakukan dengan kurun waktu 1 hingga 2 jam saja .

Waktu yang sangat efektif untuk menjemur burung prenjak yaitu pada jam 7 hingga jam 10 pagi atau jika cuaca cerah anda bsia menjemur nya pada waktu sore hari pada saat jam 3 hingga jam 5 sore.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren

Bagaimana mudah bukan untuk merawat burung prenjak kepala merah ?? informasi ini sangat penting sekali mengingat semakin banyaknya peminat burung prenjak di Indonesia baik burung prenjak anakan maupun yang sudah dewasa.

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung prenjak
  • makanan burung prenjak sawah
  • cara merawat burung prenjak
  • perawatan burung prenjak
  • prenjak lumut
  • makanan prenjak
  • cara menjinakan burung prenjak
  • merawat burung prenjak
  • cara merawat prenjak
  • makanan prenjak sawah

Tinggalkan komentar