Cara Ternak Kenari

Ternak burung memang suatu kegiatan yang sangat menguntungkan sekaligus sebagai media untuk menyalurkan hobi. Namun untuk menernak burung memang tidak lah mudah perlu keahlian khusus dan harus memiliki pengetahuan yang luas dari suatu burung.

Gambar Ternak Kenari Lokal
Gambar Ternak Kenari Lokal

Jika anda bisa mengembangbiakan burung malahan akan menjadi ladang rejeki yang tidak terduga disamping menernak burung itu mudah jika sudah tahu cara nya.

Hasil ternakan juga bisa anda jual kepada para pecinta burung untuk harga nya juga lumayan tinggi jadi tidak kaget kalau sekarang banyak pecinta burung yang berlomba – lomba untuk mengembangbiakan burung dengan cara mereka masing – masing .

Apalagi yang di ternak itu burung kenari pastinya sangat menjanjikan bukan ? harga burung kenari sendiri itu sangatlah mahal apalagi yang sudah gacor dan sering mengikuti kontes kicau burung harga nya bisa mencapai jutaan rupiah.

Peminat burung kenari juga semakin tahun semakin meningkat dengan perawatan burung kenari yang mudah dan tidak ribet sehingga banyak pecinta burung yang suka memelihara burung kenari ini.

Mengapa harus ternak burung kenari ? disamping memiliki harga jual yang tinggi burung kenari ini juga tidak sepi peminat pasti pecinta burung yang masih pemula memiliki burung kenari untuk pertama kali nya .

seperti yang sudah kami tulis tadi burung kenari perawatan nya juga sangat sederhana anda bisa memberikan makanan seperti biji – bijian dan jika ingin membuat burung kenari anda gacor,

Anda bisa tambahkan makanan tambahan seperti vitamin burung kenari yang sudah terbukti ampuh menjadikan burung kenari gacor. Jika anda masih bingung bagaimana cara untuk ternak burung kenari dengan mudah berikut info nya.

Cara Ternak Burung kenari Paling Cepat dan Mudah

Gambar Ternak Kenari
Gambar Ternak Kenari

1. Bisa Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari

Bagi anda calon peternak baru hal yang paling elementer yaitu anda harus bisa membedakan jenis kelamin burung kenari hal ini sangat penting sekali pasalnya jika anda tidak bisa membedakan jenis kelamin burung kenari.

Gambar Burung Kenari Jantan dan Betina
Gambar Burung Kenari Jantan dan Betina

Bagaimana nanti anda mencoba ternak burung sedangkan untuk mengembangbiakan burung kenari harus bisa mengawinkan jenis burung kenari betina dengan burung kenari jantan. Bagi anda yang masih bingung cara membedakan jenis kelamin burung kenari , berikut cara nya :

Jenis Kelamin Betina

Nah untuk mengetahui bahwa burung tersebut berjenis kelamin betina anda harus bisa melihat ciri – ciri berikut ini
pada bagian kloaka atau bagian dubur tidak memiliki tonjolan melainkan datar dan juga dari suara nya dapat kita ketahui bahawa jenis kelamin burung tersebut betina.

Yaitu jika burung kenari betina mengeluarkan suara yang tidak ngeroll dan tidak begitu nyaring pada saat berkicau pun suara nya sering putus – putus. Nah.,, untuk ukuran tubuh juga tergolong lebih kecil dan agak sedikti bulat

Jenis Kelamin Jantan

Berbeda dengan burung kenari jenis kelamin jantan burung ini memiliki kloaka yang terdapat tonjolan dan juga bentuknya vertikal dan tegak lurus ini menandakan bahwa jenis kelamin burung tersebut jantan.

Ada lagi ciri – ciri yang dapat membedakan jenis kelamin tersebut yaitu suara nya sangat nyaring dan gacor roll nya juga panjang tidak putus – putus sedangkan untuk ukuran tubuh juga tergolong lebih besar ketimbang dengan jenis kelamin betina. Bagaimana mudah bukan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari ?

2. Ketahuilah Usia Burung Kenari dan Kepantasan Burung Kenari

Usia burung kenari dan kepantasan nya untuk di kawinkan ternyata ini bisa jadi salah satu aspek yang paling penting karena burung kenari memang harus diketahui apakah burung tersebut sudah siap untuk di kembang biakan atau belum.

Biasanya umur yang pas untuk seekor burung kenari yaitu 6 bulan untuk burung kenari berkelamin betina dan 7-9 bulan untuk burung kenari berkelamin jantan. Juga ada beberapa spesies burung kenari yang usia ideal nya mencapai 10 bulan yaitu burung kenari yorkshire.

Nah,, jika anda sudah bisa mengetahui usia burung kenari dan kesiapan burung untuk di kembang biakan anda tinggal menangkar kan kedua burung kenari yang sudah siap umur untuk di masukan ke dalam satu kandang.

TIPS :

Agar burung kenari cepat berkembang biak anda harus bisa mengetahui ciri – ciri burung kenari yang sedang birahi , ini menjadi penunjang untuk kesuksesan menernak burung kenari.

Pasalnya ada kasus kedua burung sudah memiliki umur yang cukup namun masih belum bisa birahi dan anda harus bisa membedakan burung kenari yang sedang birahi . ada pun ciri – ciri nya sebagai berikut :

Ciri – Ciri Burung Kenari yang Sedang Birahi :

Burung kenari yang sedang birahi memiliki kebiasaan yang unik seperti hal nya burung kenari jantan dia sering berkicau dan sangat gacor serta dia akan menabrakan diri ke sangkar dan sangat aktif sekali pada saat itu.

Anda harus bisa mengerti anda bisa masukan burung kenari betina ke dalam nya agar bisa dapat berkembang biak. Namun untuk ciri – ciri nya kadang berbeda dengan burung kenari jantan jika betina aktifitas yang paling terlihat yaitu sering mengembangkan sayap nya.

3. Menyiapakan Proses Penjodohan

Untuk menyiapkan tahap yang selanjutnya yaitu proses penjodohan di perlukan sarana dan prasarana yang harus anda perhatikan anda bisa meletakan burung kenari yang sudah siap untuk di kawinkan ke dalam sangkar yang bagus dan luas.

Ada teknik menjodohkan burung yang terbaru yaitu dengan menggunakan sangkar burung box , sangkar burung box ini digunakan khusus pada saat akan menjodohkan burung kenari berikut tips nya :

Cara Menjodohkan Burung Kenari dengan Sangkar Box

1. Siapkan terlebih dahulu sangkar box yang terpisah dari satu box yang berisi jantan dan satu sangkar box lagi untuk kelamin betina.

2. Jika sudah siap anda tinggal dekatkan kedua sangkar box tersebut yang sudah berisi burung kenari jantan dan betina selanjutnya anda juga bisa letakan kedua sangkat box tersebut ke dalam sangkat gantung.

3. Untuk proses penjodohan idealnya di lakukan pada jam – jam tertentu yaitu pada jam 7 pagi hingga jam 9.30 dan biasakan untuk di mandikan terlebih dahulu agar segar .

4. Untuk menjaga kesuburan kedua burung kenari anda harus perhatikan asupan makanan nya seprti makanan yang bergizi tinggi ada beberapa makanan yang kami rekomendasikan untuk burung kenari yaitu telur puyuh, apel, sayuran dan vitamin tambahan.

Jika ketiga cara sudah anda lakukan pastinya burung kenari akan cepat mengandung dan bertelur diatas merupakan cara yang sering di lakukan dari orang – orang yang sudah berpengalaman .

Namun jika anda memiliki tips sendiri anda bisa gunakan tips tersebut apakah benar – benar work atau tidak.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

Banyak sekali versi menernak burung kenari dan diatas merupakan cara yang paling mudah dan cepat, sekian info bagaimana cara menernak kenari paling mudah dan lengkap semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikut nya .

Terima Kasih !!

Pencarian burung terbaru:

  • ternak kenari
  • cara ternak kenari
  • cara ternak burung kenari
  • cara berternak burung kenari
  • ternak burung kenari
  • cara beternak kenari
  • penangkaran burung kenari
  • ternak knari
  • beternak burung kenari
  • Beternak kenari yg baik