Cara Ternak Lovebird

Burung memang binatang yang paling di sukai laki-laki untuk dipelihara, apalagi untuk lovebird. Ini merupakan jenis burung dengan bulu indah berwarna-warni dan memiliki bentuk burung yang unik. Bukan hanya sebagai hobi namun juga menghasilkan pundi-pundi uang, asalkan bisa menerapkan cara ternak lovebird dengan benar.

Gambar Lovebird Biola
Gambar Lovebird Biola

Memang Anda awalnya hanya pemula yang tahu burung dari luarnya saja, namun setelah memelihara lovebird. Maka akan tahu, bagaimana cara makan, menghindari burung mengalami stres dan menghasilkan burung berkualitas bagus dengan nilai jual tinggi. Apalagi jika bisa memelihara dengan menetaskan telur sendiri, hasilnya tentu lebih bagus.

Itulah kenapa, kini kolektor burung mulai mengembangkan cara ternak burung lovebird agar menghasilkan burung yang lebih bagus bahkan belum ada sebelumnya. Ini akan jadi hal langka sehingga nilai jual semakin tinggi, bukan hanya menghasilkan burung dengan bulu indah namun juga ukurannya memengaruhi harga.

Gambar Lovebird Ngekek
Gambar Lovebird Ngekek

Untuk mendapatkan hasil lovebird yang bagus, maka harus mengikuti cara ternak lovebird lengkap agar semua telur bisa menetas dan menghasilkan lovebird lebih bagus, bahkan tahan terhadap hama. Baik itu hama dari luar atau penyebab stres yang memicu kematian burung.

Bahkan pemilihan indukan untuk perkawinan juga jadi pertimbangan utama, ini agar menghasilkan lovebird yang berkualitas. Beberapa peternak berpengalaman, bahkan berhasil mendapatkan bibit unggul berkualitas sehingga semakin meningkatkan nilai jual lovebird itu sendiri.

Panduan Cara Ternak Untuk Menghasilkan Lovebird Berkualitas Premium

Gambar Lovebird Pasvio
Gambar Lovebird Pasvio

Cara Ternak Lovebird yang Benar

Jika ingin mendapatkan anakan lovebird yang lebih unggul, maka harus tahu cara beternak lovebird lengkap. Dimulai dari pemilihan kandang untuk perkawinan, gunakan ukuran sedang. Banyak peternak menggunakan kandang dengan ukuran 60 x 44 x 40 sentimeter dan menempatkan satu kandang dalam bentuk box home.

Ini ukuran ideal untuk sepasang lovebird kawin hingga bertelur, tenang saja bagi pemula ada banyak model kandang perkawinan ini di toko burung. Tinggal sebutkan saja untuk perkawinan lovebird, ada beberapa ukuran. Ini bergantung berapa banyak lovebird yang akan dikawinkan, tetapi idealnya dalam satu kandang hanya ada sepasang lovebird saja.

Perhatikan umur indukan, untuk hasil yang bagus minimal lovebird berumur 7 hingga 8 bulan. Bagi jantan, idealnya lebih muda dari betina. Misalkan jantan ovebird 8 bulan, maka pilih betina 9 bulan. Perkawinan lovebird yang baik, memang sebaiknya pilih umur yang lebih dewasa karena hasilnya lebih bagus.

Penempatan kandang juga harus hati-hati, sebaiknya di pepohonan yang sepi agar segera terjadi perkawinan antara burung jantan dan betina. Karena jika muncul indukan jantan atau betina lainnya, maka hasil anakan tidak sesuai keinginan.

Proses perjodohan berlangsung cepat, maksimal satu bulan maka akan betina sudah akan bertelur. Selama masa perkawinan sebaiknya berikan makanan dengan protein tinggi, misalkan jagung, canary seed atau kangkung segar.

Setelahnya tunggu hingga anakan lovebird menetas, pisahkan indukan jantan dan betina. Karena indukan jantan akan cenderung menganggap anakan sebagai makanan. Setelah dua minggu, maka pisahkan dengan indukan betina, sehingga anakan bisa berkembang lebih bagus.

Gambar Lovebird Batman
Gambar Lovebird Batman

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Sebenarnya cara ternak burung jenis lovebird hampir sama, namun untuk menghasilkan telur lebih cepat di musim perkawinan, maka sebaiknya mengikuti cara ternak burung lovebird cepat bertelur. Jika normalnya dalam satu bulan, dalam dua minggu hingga 20 hari maka sudah akan terlihat telur dalam kandang perkawinan.

Rahasianya ada pada penambahan lampu spektrum yang berfungsi seperti matahari, ini akan menjaga keseimbangan suhu dalam kandang. Tidak terlalu panas, cukup tambahkan lampu yang bisa memberikan suhu warna 20 celsius (5500 Kelvin). Namun jangan terlalu sering, istirahatkan burung 10 jam setiap harinya.

Memancing lovebird segera kawin dan bertelur, tempatkan jantan atau betina lainnya. Ini akan memicu gairah kawin lebih cepat dan menghasilkan telur berkualitas. Tempatkan pasangan yang berlawanan sehingga burung akan lebih cepat gairah dan pilih indukan yang agresif.

Makanan lovebird yang akan kawin juga harus diperhatikan dan biasanya memang dibedakan, sebaiknya tempatkan kangkung, biji kuaci dan tauge. Ini sudah terbukti bisa memicu hormon indukan betina cepat bertelur, meskipun baru mengalami perkawinan dalam beberapa hari saja.

Minum lovebird yang akan kawin juga harus ekstra dibersihkan, jika biasanya tempat minum di ganti seminggu sekali. Sekarang harus mengganti dan membersihkannya setiap hari dan pakai air aqua dan hindari campuran besi dan lumpur yang ada dalam air sumur.

Jika sudah melakukan semua hal, namun tidak bisa mempercepat lovebird bertelur, bisa jadi muncul kendala. Seperti indukan kurang bagus, munculnya telur infertile, burung monomorfik seksual sehingga tidak bisa mengenali betina dengan baik. Bisa jadi burung ingin jodoh yang lain, penempatan betina juga memengaruhinya.

Gambar Lovebird Lucu
Gambar Lovebird Lucu

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Jangan salah, ternyata pemula juga bisa menghasilkan lovebird yang berkualitas. Bahkan dalam pengalaman pertama mencoba mengawinkan lovebird, ini bukan kebetulan namun insting yang dimiliki penyuka burung bulu indah tersebut.

Ada baiknya mengikuti cara ternak lovebird pemula, pertama perhatikan indukan yang digunakan. pastikan jika betina memiliki ukuran fisik burung yang lebih besar. Ini terlihat dari ukuran tulang panggul yang lebih lebar, jika membeli indukan baru. Pastikan ini sepasang, karena banyak penjual burung nakal yang menjual penjantan saja.

Saat mengawinkan, sebaiknya pilih betina dengan usia di atas 1 tahun, semakin dewasa memang hasilnya akan semakin bagus. Pilih juga indukan betina dengan suara bagus, sedangkan pejantan dengan bentuk fisik yang lebih bagus.

Makanan sebaiknya gunakan yang sudah tersedia di toko burung saja, sudah ada banyak makanan khusus untuk perkawinan yang akan mempercepat masa kawin, membuat bergairah burung dalam kandang dan bertelur lebih cepat.

Gambar Lovebird Parblue
Gambar Lovebird Parblue

Cara Ternak Lovebird Koloni yang Benar

Ada banyak cara ternak untuk burung lovebird, mengapa harus menggunakan cara ternak lovebird koloni ? Ini akan membuat burung berkembang lebih cepat, pertumbuhan lebih bagus dan hasil lovebird lebih bagus dari indukan yang digunakan sebelumnya. Bahkan ternak koloni untuk lovebird, terbukti bisa mempercepat masa perkawinan dan bertelur.

Hal yang harus diperhatikan pada kualitas indukan lovebird, sebaiknya pilih dengan kualitas yang berbeda. Misalkan indukan jantan dengan fisik yang bagus, maka pilih indukan betina dengan suara merdu. Persilangan kedua indukan tersebut, akan menghasilkan anakan lovebird yang bersuara merdu dengan fisik bagus.

Jangan paksakan lovebird yang belum ingin kawin, dimana ada tahapan burung akan mengalami masanya sendiri. Mulai dari anakan, dewasa, hingga siap kawin. Jika memaksakan anakan lovebird yang belum cukup umur untuk kawin, hasilnya tidak bagus dan lama bertelur.

Memang ada banyak cara ternak lovebird untuk mendapatkan anakan unggul, gunakan teknik yang mudah dan menghasilkan lebih bagus. Bahkan untuk pemula, biasanya mendapatkan hasil sangat bagus dengan perkawinan lovebird yang tepat. Gunakan indukan berkualitas dan sudah siap kawin, perhatikan juga umur lovebird.

Pencarian burung terbaru:

  • cara ternak lovebird
  • ternak lovebird
  • cara ternak lovebird agar cepat bertelur
  • ternak love bird
  • cara beternak lovebird
  • cara ternak love bird
  • cara ternak burung lovebird
  • ternak lb
  • https://hargaburung id/cara-ternak-lovebird/
  • cara ternak