Harga Burung Poksay

Memiliki burung kicau sebagai hewan peliharaan memang sangat menghibur, apalagi di saat sedang suntuk suara kicauan yang merdu bisa menghilangkan penat.

Ada banyak jenis burung kicau yang ada di Indonesia, sebut saja seperti Cucak Hijau, Murai dan Pleci yang sudah cukup terkenal.

Burung Poksay juga merupakan salah satu jenis yang masih memiliki banyak peminat, meskipun tidak sebanyak pada masa jayanya di era tahun 90-an.

Burung Poksay kini sudah termasuk hewan yang lumayan sulit ditemukan, untuk beberapa jenis yang berasal dari luar negeri, seperti Poksay Hongkong bahkan sudah langka dan jenis lainnya yang terancam punah. Tidak heran bila hal tersebut membuat harga burung Poksay berada di atas rata-rata.

Gambar Burung Poksay
Gambar Burung Poksay

Pada dasarnya burung yang memiliki nama latin Garrulax ini masuk dalam kategori burung hutan membuat karakternya sangat kuat dan cenderung dominan.

Suaranya terbilang keras, melengking dan cenderung menyerang, tidak heran burung lain bisa terintimidasi bila ditempatkan berdekatan.

Faktor ini juga yang membuat harga burung Poksay menjadi mahal. Mengenalnya lebih jauh bisa membantu Anda untuk memahami karakter setiap jenisnya. Apalagi bila saat ini Anda sedang tertarik untuk memeliharanya. Berikut ini ulasan singkat yang bisa Anda pelajari.

Poksay Hongkong

Memiliki alunan kicau yang sangat merdu dengan nada keras seolah menantang yang sangat khas. Tampilan fisiknya tidak terlalu besar dengan warna dominan hitam. Harga Poksay Hongkong dapat mencapai hingga Rp 3.000.000 untuk yang sudah bisa gacoran.

Poksay Mandarin

memiliki tubuh yang indah dengan body yang hampir seluruhnya dibalut oleh warna hitam atau abu-abu, pada bagian kepala ada sedikit sentuhan warna coklat tua. Harga Poksay Mandarin berada yaitu di bawah Rp 1.000.000.

Poksay Jambul Putih

Memiliki ciri-ciri fisik yang sudah bisa ditebak yaitu adanya jambul berwarna putih bersih pada bagian kepalanya. Untuk bulu-bulu yang menghiasi tubuhnya didominasi oleh warna coklat yang sangat indah. Harga Poksay Jambul putih yang beredar di pasaran mulai dari Rp 1.000.000.

Poksay Medan

Memiliki ciri-ciri bulu yang menghiasi bagian tubuhnya berwarna coklat dan warna abu-abu dari leher hingga kepala. Ukurannya terbilang kecil namun suaranya keras dan berisik. Saat ini harga Poksay Medan bisa dibandrol pada rentang Rp 300.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000 tergantung ukurannya.

Poksay hitam

Biasa ditemukan di daerah pegunungan di hutan Sumatera. Warna bulunya seluruhnya hitam, dari kepala hingga ekor dengan warna paruh orange tua. Harga Poksay Hitam terbilang murah, untuk yang sudah bisa gacoran saja dihargai sekitar Rp 300.000.

Poksay Sumatra

Merupakan burung endemik dari Pulau Sumatera, populasinya sudah sangat menipis dan sangat sulit ditemukan. Penampilan fisiknya sangat menarik karena dari leher hingga kepalanya dihiasi warna putih bersih, sementara bagian badan memiliki bulu berwarna hitam. Untuk harga Poksay Sumatra cukup mahal bisa dijual lebih dari Rp 1.000.000.

Poksay Jambul

Memiliki persebaran habitat yang di sekitar Indochina hingga ke Pegunungan Himalaya. Burung ini sangat indah dengan jambul dan ekor cukup panjang menjadi ciri fisiknya. Jenis ini juga cukup langka sehingga harga Poksay Jambul lebih dari Rp 1.000.000.

Burung Poksay Hongkong
Burung Poksay Hongkong

Daftar Harga Burung Poksay Terbaru

Jenis Burung PoksayHarga
Burung Poksay HongkongRp 3.000.000
Burung Poksay MandarinRp 900.000
Burung Poksay JambulRp 1.000.000
Burung Poksay Jambul PutihRp 1.100.000
Burung Poksay MedanRp 500.000
Burung Poksay HitamRp 300.000
Burung Poksay SumatraRp 900.000

Baca Juga : Harga Burung Jalak Suren

Burung Poksay Mandarin
Burung Poksay Mandarin

Demikianlah ulasan mengenai jenis dan harga burung Poksay yang populer di Indonesia. Bila Anda memilikinya diharapkan bisa ikut melestarikan dan menjaganya agar tidak punah.

Semoga suara merdu burung Poksay bisa terus terdengar di jagat dunia burung kicau Indonesia sampai kapan pun.

Kategori Poksay

Tinggalkan komentar