Jenis dan Makanan Burung Mantenan Agar Gacor

Kalian tahu gak apa itu burung mantenan. burung yang saya akan bahas di segment kali ini adalah soal burung mantenan. burung mantenan atau nama lainnya adalah burung sAepah ini cukup banyak di Indonesia. Nama latin dari burung ini adalah pericrocotus ini di jadikan sebagai masternya burung yang lain.

Burung ini sangat beragam variasinya, dan sangat beragam jenisnya. Dan berikut adalah jenis- jenisnya burung mantenan diantaranya:

Jenis- jenis Burung Mantenan / Sepah

1. Burung Mantenan/Sepah Hutan (Pericrocotus flammeus)

Gambar Burung Mantenan Sepah Hutan (Pericrocotus flammeus)
Gambar Burung Mantenan Sepah Hutan (Pericrocotus flammeus)

Burung dengan nama latinnya Scarlet Minivet dan nama Melayu Burung Mas Belukar memiliki ukuran besar kurang lebih 19 cm dengan beraneka ragam warna.

Burung jantan berwarna hitam biru dengan dada dan perut merah, begitu juga tungging, sisi terluar bulu ekor, dan dua bercak pada sayap.

Burung mantenan betina berwarna lebih abu-abu pada punggung serta warna kuning, yang melebar sampai tenggorokan, dagu, penutup telinga, dan dahi.

Sepah hutan bersuara lembut dengan suara bernada tinggi. Burung Mantenan hutan merupakan penghuni tetap di dataran rendah dan perbukitan dengan persebaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

2. Burung Mantenan/Sepah Kecil (Pericrocotus cinnamomeus)

Gambar Burung Mantenan Sepah Kecil
Gambar Burung Mantenan Sepah Kecil

burung ini ternyata di inggris sangat populer dengan nama Small Minivet. Memiliki ukuran kurang lebih 15cm, berwarna abu-abu, merah, dan hitam.

Perbedaannya dengan burung mantenan lain adalah kepala dan mantel jantan abu-abu serta tubuh bagian bawah betina keputih-putihan dan lebih buram.

Memiliki nada tinggi yang memberikan isyarat panggilan di antara anggota kelompoknya. Penyebaran global meliputi India, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia), Kalimantan,jawa, dan Bali.

Burung mantenan lebih menyukai hutan terbuka, hutan mangrove, tanah pertanian, dan pedesaan. Terbang dalam kelompok kecil yang aktif dan ribut, mencari makan di puncak pohon-pohon yang tinggi.

3. Burung Mantenan/ Sepah Gunung (Pericrocotus miniatus)

Gambar Burung Mantenan Sepah Gunung (Pericrocotus miniatus)
Gambar Burung Mantenan Sepah Gunung (Pericrocotus miniatus)

Setelah kita bahas soal burung sepah kecil, ini saya bahas juga soal burung mantenan/ sepah gunung burung ini Memiliki nama lain Sunda Minivet dengan ciri ukuran sekitar 19 cm, berwarna merah dan hitam dengan ekor panjang.

Ciri-ciri burung betinanya memiliki kombinasi kepala hitam, ekor sangat panjang, dan tidak ada warna merah pada bulu sekunder.

Burung Betinanya cukup unik dengan warna bulu hitam dan merah seperti jantan, warna merah meliputi tenggorokan, dagu, dan dahi, serta mantel yang kemerahan.

Memiliki konsonan suara keras berkepanjangan burung sepah gunung banyak di temukan di wilayah Sumatera dengan persebaran di pegunungan Leuser dan sepanjang Bukit Barisan sampai Dempu serta sebagian pulau jawa.

Umumnya terdapat di hutan pegunungan pada ketinggian 1.300-2.500 m. Burung ini lebih suka hidup dalam kelompok besar sampai. Jika pergi ke hutan Anda akan menemukannya di perkebunan pinus, kadang-kadang juga bisa dijumpai di lahan pertanian.

4. Burung Mantenan/Sepah Dagu Kelabu (Pericrocotus solaris)

Gambar Burung Mantenan Sepah Dagu Kelabu 1
Gambar Burung Mantenan Sepah Dagu Kelabu 1

Burung selanjutnya yang saya bahas kali ini adalah burung sepah dagu yang memiliki nama latin Grey-chinned Minivet ini berukuran sedang (17 cm), berwarna merah atau kuning. Sepah jantan berwarna merah, memiliki perbedaannya dengan burung sepah lain yaitu tenggorokan dan penutup telinga yang abu-abu gelap suram.

Sedangkan sepah betina berwarna kuning, ciri utamanya yaitu tidak ada warna kuning pada dahi, penutup telinga, dan tenggorokan.

Suara khas lembut yang dikeluarkan dari mantenan jenis ini adalah sedikit parau . Burung ini pun cukup popular dengan penyebaran global meliputi Himalaya, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.

Secara umum burung mantenan dagu kelabu merupakan penghuni tetap yang berdomisili di pegunungan Sumatera dan Kalimantan bagian utara, di hutan-hutan pada ketinggian antara 1.300-2.000 m.

5. Burung Mantenan/Sepah Tulin (Pericrocotus igneus)

Gambar Burung Mantenan Sepah Tulin (Pericrocotus igneus)
Gambar Burung Mantenan Sepah Tulin (Pericrocotus igneus)

Fierv Minivet merupakan nama latin dari burung ini, burung sepah tulin berukuran kecil (15 cm), bercorak merah padam dan hitam. Burung mantenan jantan memiliki warna merah terang pada kepala, punggung, sayap, dan tengah ekor hitam mengkilap serta sapuan jingga pada perut dan sisi ekor.

Pada mantenan betina, kepala dan punggung abu-abu, muka dan tubuh bagian bawah kuning, berubah menjadi jingga pada penutup bawah ekor dan tunggir.

Burung Sepah Tulin memiliki suara khas meninggi nan merdu . Persebarannya meliputi Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Namun kadang juga bisa ditemukan di hutan mangrove dan hutan-hutan sampai ketinggian 300 m di Sumatera.

itu saja si yang saya ketahui tentang jenisnya mungkin masih banyak dan masih lengkap juga seputar jenis burung mantenan dan persebarannya. namun kali ini juga saya akan bahas mengenai makanan apa saja yang baik bagi burung mantenan ini. dan berikut adalah ulasannya :

Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor

Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor
Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor

Untuk makanan utama burung mantenan dapat Anda berikan kepada semua jenis burung mantenan dari mulai mantenan hutan, mantenan gunung dan burung mantenan lainnya nah, berikut jenis makanan burung mantenan diantarannya:

1. Buah-buahan Segar

Makanan burung mantenan yang biasanya disukai oleh burung mantenan yaitu buah- buahan segar .burung mantenan pada umumnya memang suka dengan buah buahan segar apalagi di habitat aslinya burung mantenan hanya memakan buah buahan saja.

Buah buahan segar untuk burung mantenan sebaiknya diberikan setiap hari karena buah buahan sangat penting sekali untuk menjaga pertumbuhan burung tersebut juga dapat memberikan nustrisi yang dimana tidak ada pada makanan pokok yang lain.

2. Kroto

Untuk makanan burung mantenan selanjutnya yaitu kroto , kroto memang sudah terkenal menjadi makanan pokok burung kicau. Bukan hanya untuk burung mantenan saja. namun kebanyakn burung oleh pemiliknya di kasih makan kroto. karena kroto adalah makanan yang sangat mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan burung.

Anda bisa memberikan burung mantenan kroto setiap hari maksimal 1 sendok teh saja, kroto berguna untuk membantu burung mantenan yang sedang tumbuh bisa juga untuk membantu burung saat terjadi proses mabung.

3. Ulat hongkong

Ulat hongkong merupaka makanan juga yang sangat baik bagi burung mantenan. bukan cuma kroto dan buah segar saja yang sangat di sukai burung mantenan, ulat hongkong juga sangat di sukai oleh burung yang satu ini.

Ulat hongkong ini bisa membantu stamina dalam tubuh burung-burung yang lainnya. bisa kalian dapatkan ulatini di toko penjualan pakan burung.

4. Vitamin dan Vaksin Burung

Walaupun mantenan sudah diberikan makanan pokok namun harus di beri vitamin burung juga, vitamin burung berguna untuk menjaga daya tahan tubuh burung mantenan.

Pemberian vitamin burung untuk mantenan bisa Anda berikan setiap satu minggu sekali karena vitamin burung termasuk ke dalam makanan tambahan burung jadi Anda harus menjadwalnya bisa setiap minggu sekali atau dua minggu sekali. Anda dapat membeli vitamin burung mantenan di toko terdekat harga nya juga cukup terjangkau.

Baca Juga : Makanan Burung Mantenan

Sekian segment kali ini saya bahas, maaf apabila dalam kata-kata masih banyak kekurangan, semoga bermanfaat untuk semuannya. terima kasih

Mungkin Berita dibawah ini yang Anda Cari