Jenis Burung Murai Batu

Burung murai batu merupakan burung yang sudah terkenal dan sudah tidak asing lagi para pecinta burung. Burung ini merupakan burung yang sangat eksotis dan banyak di miliki oleh para penggemar burung.

Burung murai batu juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung kicau pasalnya burung ini sangat suka berkicau dan sangat rajin sekali apalagi kalau sudah gacor suaranya sangat menyenangkan sekali.

Sehingga banyak sekali kejuaraan – kejuaraan burung yang mendapati burung murai batu sebagai juara nya.

Habitat Asli Burung Murai Batu

Burung murai batu termasuk burung endemik yang banyak sekali terdapat di Indonesia burung murai ini dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti di daerah Sumatera, Kalimantan, dan juga pulau Jawa.

Burung murai batu sangat mudah di temukan di berbagai daerah di Indonesia karena memang burung ini memiliki kemampuan berkembang biak yang baik.

Selain itu burung murai batu juga dapat beradaptasi dari lingkungan yang sangat baik sehingga burung murai batu dapat bertahan dari kepunahan.

Jenis – Jenis Burung Murai Batu di Indonesia

Burung murai batu memang sudah terkenal oleh kalangan pecinta burung namun ada banyak sekali jenis murai batu yang mungkin para pecinta burung belum mengetahuinya. Berikut jenis murai batu di Indonesia dan penjelasan nya.

1. Burung Murai Batu Medan

Murai Batu Medan
Murai Batu Medan

Burung murai batu medan merupakan spesies burung jenis burung murai batu yang paling bagus yang sangat di minati oleh para pecinta burung. Sebenarnya burung murai batu medan bukan berasal dari medan asli melainkan dari beberapa daerah di Aceh diantaranya yaitu pada Sidempuan, Semenanjung Malaysia dan beberapa daerah Aceh lainnya.

2. Burung Murai Batu Nias

Murai Batu Nias
Murai Batu Nias

Burung murai batu nias merupakan jenis burung murai batu terbaik yang memiliki postur tubuh yang minimalis dan juga memiliki warna yang sangat menarik sekali rata rata burung murai batu nias ini memiliki warna hitam yang khas atau sering disebut dengan warna blacktail.

3. Burung Murai Batu Jawa

Murai Batu Jawa
Murai Batu Jawa

Burung murai batu Jawa mungkin salah satu burung murai batu yang sangat sulit untuk ditemukan mungkin bisa saja faktor penyebab dari ke langkaan burung murai batu ini karena habitat aslinya sudah tiada. Harga burung murai batu jawa bisa saja mahal karena memang sangatlah sulit untuk ditemukan.

4. Burung Murai Batu Kalimantan

Murai Batu Kalimantan
Murai Batu Kalimantan

Burung murai batu kalimantan ternyata juga memiliki beberapa jenis yang mungkin Anda belum tahu yaitu burung murai batu Banjar, burung murai batu Palangka, burung murai batu Mahkota. Ketiga jenis burung muria batu ini bisa terbilang banyak peminatnya disamping karena harganya juga sangat murah namun apabila sudah jadi harganya bisa mahal.

5. Burung Murai Batu Sabang

Murai Batu Sabang
Murai Batu Sabang

Burung murai batu Sabang sangatlah unik dari beberapa burung murai batu lainnya burung ini sangatlah mudah dikenali pada ekornya. Dan uniknya lagi ekornya dapat memiliki panjang hingga 20 cm dan ini sangatlah langka sekali keberadaannya.

6. Burung Murai Batu Irian

Murai Batu Irian
Murai Batu Irian

Jenis burung murai batu di Indonesia yang terakhir kami bagikan yaitu burung murai batu Irian, dari ciri cirinya sebenarnya burung murai batu Irian tidak benar benar berasal dari sana.

Hanya saja warna burung Irian ini hitam legam layaknya kulit khas orang – orang di Irian sana. Burung murai batu Irian sendiri ekornya juga bisa bertambah panjang hingga 35 cm fantastis bukan.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Kenari Dan Harganya

Demikian info mengenai jenis burung murai batu di Indonesia serta habitat asli dari burung murai batu, sebenarnya masih banyak sekali jenis jenis burung murai batu yang ada di Indonesia namun diatas kami sajikan jenis jenis burung murai batu yang paling banyak di cari dan paling banyak di minati oleh para pecinta burung. Terima kasih semoga bermanfaat !!

Kategori Murai