Jenis Pleci

Burung pleci merupakan burung yang sudah populer di Indonesia dan banyak sekali pecinta burung yang memelihara burung mini ini.

Burung pleci atau yang memiliki nama latin Zosterops ini merupakan termasuk ke dalam marga burung kacamata. Burung pleci ini memiliki anggota yang sangat besar dan sering berkelompok, kelompoknya bisa mencapai ratusan ekor.

Habitat Asli Burung Pleci

Burung pleci pada awalnya ditemukan di daerah Afrika, Asia dan Australia burung ini sering kali hinggap di beberapa pohon yang rindang yang jauh dari perkotaan namun saat ini populasi burung pleci sudah sangat langka dan susah untuk ditemui secara liar.

Akibat pembalakan liar dan eksploitasi secara berlebihan menjadikan populasi burung pleci kian menurun. Walaupun demikian di indonesia masih bisa ditemui spesies burung pleci ini karena banyak para pecinta burung yang bisa menernak burung ini.

Kontes burung kicau juga sering kali diikuti oleh burung pleci yang memang memiliki suara yang gacor dan ngeroll bahkan kerap menjadi juara di beberapa ajang kontes burung kicau .

Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Untuk memiliki burung pleci yang pandai ngeroll dan gacor sebenarnya sangat mudah dan tidak rumit anda tinggal merawatnya seperti biasa dan rutin untuk dibersihkan setiap hari jangan malas karena akan mempengaruhi kondisi psikologis burung tersebut.

Berikan asupan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi seperti biji – bijian dan beberapa makanan yang lainnya jangan lupa untuk melatih kemampuan kicauan burung pleci yang Anda miliki dengan cara masteran dengan burung lain. Mudah bukan ?

Namun para pecinta burung mungkin masih belum mengetahui jenis jenis burung pleci yang ada di Indonesia dan dunia berikut kami akan sajikan info macam macam jenis burung pleci lengkap dengan penjelasannya.

8 Jenis Pleci yang Bagus untuk Dilombakan

1. Burung Pleci Dakun Maput

Gambar Burung Pleci Dakun Maput
Gambar Burung Pleci Dakun Maput

Jenis pleci yang pertama kami akan bahas yaitu jenis burung pleci dakun maput atau dijuluki dengan pleci dada kuning mata putih.

Burung pleci dakun maput ini memiliki ciri ciri ada warna putih pada kelopak matanya dan melingkar dengan  sempurna. Juga ada warna lain yang menghiasi tubuhnya seperti warna kuning dan warna hijau.

Habitat burung pleci ini berada di Jawa lebih tepat nya di daerah Kudus, Jawa Tengah. Burung pleci jenis ini bisa dikatakan menjadi burung pleci yang paling istimewa dari beberapa jenis burung pleci yang lain karena memiliki suara yang khas dan bening.

Untuk harga dari burung pleci dakun muput sendiri di banderol dari harga 350 ribu hingga 2 juta rupiah. Bagaimana tertarik menambah koleksi burung pleci Anda ?

2. Burung Pleci Dakun Macok

Gambar Burung Pleci Dakon Macok
Gambar Burung Pleci Dakon Macok

Jenis burung pleci yang selanjutnya yaitu burung pleci macok atau disebut dengan burung pleci mata coklat ini merupakan spesies jenis burung pleci yang unik. Burung ini memiliki ciri – ciri hampir sama dengan burung pleci dakun maput namun yang membedakan burung pleci ini yaitu kelopak matanya yang berwarna coklat.

Harga burung pleci dakun macok ini ditaksir mencapai 50 hingga 2 juta rupiah tergantung dari kualitas dan umurnya.

3. Burung Pleci Dakun Kuning Bali

Gambar Burung Pleci Dakun Kuning Bali
Gambar Burung Pleci Dakun Kuning Bali

Burung pleci dakun Bali ini bisa jadi sangat mirip dengan burung pleci dakun Maput karena memiliki warna putih di bagian matanya. Walaupun demikian ada perbedaan yang nampak jelas jika di perhatikan dengan teliti yaitu ukuran tubuhnya lebih minimalis ketimbang burung pleci jenis dakun maput.

Suaranya juga tak kalah nyaring dengan burung pleci jenis yang lainnya dan karakter suaranya bahkan mirip dengan suara ayam alas.

4. Burung Pleci Auriventer

Burung pleci auriventer ini mungkin sangat asing bagi para pecinta burung khususnya bagi pecinta pleci, burung jenis ini dikenal sangat agresif dan memiliki suara yang lantang dan berani sehingga harga dari burung jenis ini sangat mahal di pasaran bisa sampai jutaan.

Habitat burung pleci auriventer ini tersebar di wilayah Indonesia Utara lebih tepatnya di daerah Kalimantan, Riau dan sekitarnya.

5. Burung Pleci Buxtoni

Gambar Burung Pleci Buxtoni
Gambar Burung Pleci Buxtoni

Jenis pleci yang ini sedikit berbeda dengan burung pleci jenis yang lainnya, mungkin pecinta burung juga asing dengan burung pleci yang satu ini karena memang spesies burung pleci ini sudah jarang sekali ada di Indonesia mungkin karena habitat aslinya sudah tidak ada, maka dari itu burung pleci satu ini akhirnya mengalami penurunan jumlah spesies.

Burung pleci buxtoni ini memiliki ciri – ciri yang mudah dikenali yaitu terdapat warna putih di dadanya dan bulunya berwarna kuning. Burung ini tersebar di wilayah Jawa Barat dan di bagian wilayah Pulau Sumatera .

6. Burung Pleci Montanus

Gambar Burung Pleci Montanus
Gambar Burung Pleci Montanus

Burung pleci selanjutnya yaitu burung pleci jenis montanus burung pleci ini sering disebut juga dengan burung pleci gunung karena habitatnya di alam liar dan dataran tinggi.

Burung ini sangat mudah di temui di Pulau Jawa khususnya di daerah – daerah pegunungan yang tinggi nya berkisar hingga 3000 MDPL.

Kicauan burung pleci montanus ini sangat kasar dan ngebass, warna bulunya juga mudah untuk dikenali yaitu memiliki warna abu – abu di dadanya dan hijau kecoklatan di punggungnya.

7. Burung Pleci Black Capped

Gambar Burung Pleci Black Capped
Gambar Burung Pleci Black Capped

Jenis pleci ini memang hampir mirip dengan burung pleci jenis dakun maput namun kalau di lihat dari bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan burung pleci dakun maput.

Karakter burung pleci ini sangatlah unik sekali disamping memiliki suara yang ngebass dan ngeroll juga sangat aktif sekali. Makanan burung pleci ini seperti biasa serangga – serangga kecil dan biji – bijian segar langsung dari pohon atau bunga.

8. Burung Pleci Sulawesi

Gambar Burung Pleci Sulawesi
Gambar Burung Pleci Sulawesi

Burung pleci sulawesi ini selain memiliki nama latin Zosterops Atrifrons juga sering dijuluki sebagai burung pleci dahi hitam. Alasan burung pleci ini disebut dengan burung pleci hitam karena ada corak warna hitam di dahinya dan sangat mudah untuk dilihat dengan mata telanjang,

Burung pleci jenis ini tersebar dari mulai Pulau Sulawesi hingga di daerah sekitarnya seperti Pulau Seram dan Kepulauan Sula. Harga burung pleci sulawesi sendiri di banderol mencapai 75 ribu hingga 500 ribuan saja cukup murah bukan ?

Bagaimana setelah kami jelaskan macam – macam jenis burung pleci di Indonesia apakah anda tertarik ingin menambah koleksi burung kicau Anda ? Untuk masalah harga juga tergolong murah tidak sampai berjuta – juta . Walaupun ada itu pun hanya sebagian kecil saja.

Baca Juga : Jenis Burung Jalak

Masih banyak jenis burung pleci yang ada di Indonesia dan di atas kami berikan secara garis besarnya saja yang sering dijumpai dan diperjual belikan di Indonesia. Demikian info mengenai jenis pleci dan gambarnya semoga bermanfaat.

Mungkin Berita dibawah ini yang Anda Cari