Makanan Burung Ciblek

Ciblek merupakan jenis burung petarung (fighter) yang cukup aktif. Untuk menunjang sifat dan karakternya, maka pemberian pakan harus menjadi perhatian utama dalam rawatan hariannya. Dengan demikian, burung akan tetap lincah, langsing, aktif, dan punya mental bagus, sehingga selalu siap dilombakan.

Perawatan yang berkesan asal-asalan, tanpa didukung pakan berprotein tinggi, akan membuat burung kurang aktif dan malas berkicau. Ciri-ciri ciblek yang kekurangan protein adalah sering mengembangkan bulunya serta gerakan menjadi lamban.

Karena itu, jangan abaikan asupan pakan bergizi untuk ciblek Anda. Anda pun bisa memberikan pakan voer khusus yang lebih terjamin kandungannya. Pakan ini bisa kita buat sendiri dengan mencampur beberapa bahan tambahan ke dalam voer kering yang biasa dikonsumsi burung.

Rekomendasi Makanan Burung Ciblek

Gambar Makanan Burung Ciblek
Gambar Makanan Burung Ciblek

1. Jangkrik

Pada tubuh serangga berantena yang terkenal dengan suara krik-krik saat malam ini, mengandung banyak nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan burung ocehan. Nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, karbohidrat, asam amino, protein kolagen, hormon steroid, hormon progesterone, dan hormon estrogen.

Nah, dengan demikian, memberikan jangkrik kepada burung ciblek secara rutin membuat kesehatan burung ciblek lebih terjaga. Karena kesehatan burung terjaga, burung tak mudah terserang berbagai penyakit

2. Kroto

Kroto sebenarnya diberikan kepada burung ciblek agar  rajin berbunyi dan selalu sehat. Namun setiap penggemar burung bermacam-macam dalam memberikan dosis makan kroto kepada burung mereka.

Ada yang memberikan setaip hari setiap sore dan pagi hari, ada juga yang memberikan  dua kali sehari, tiga hari sekali, semimggu sekali atau bahkan memberikan kroto ketika burung kesayangan mereka ingin dilombakan.

3. Ulat (ulat kandang atau ulat hongkong)

Ulat Hongkong adalah ulat yang berdarah panas mungkin karena makanannya yang selalu diberi Voer dan juga karena kulitnya yang kasar. lalu apa akibatnya kalau burung ciblek diberikan UH secara berlebihan.
Tergantung situasi dan kondisi tempat dimana anda berada, biasanya menjelang musim hujan UH ramai digunakan oleh kicau mania untuk menghangatkan burungnya dikala kedinginan dimusim hujan, lalu begitu musim kemarau / panas tak satupun dari kicau mania memberikan UH kepada burung kesayangannya tersebut.

4. Voer Bertekstur Lembut dan Susu Bubu (Sebagai Campuran Voer)

Voer memang bukan hanya untuk makanan burung ciblek saja, banyak burung sudah mencoba makanan voer ini dan juga sudah terbukti dapat membuat burung voer lebih sehat dan berkembang dengan cepat.

Sebenarnya makanan saja kurang cukup untuk membuat burung ciblek anda gacor dan ngebren secara setabil maka dari itu kita harus tahu cara merawat ciblek yang baik dan benar berikut ini kami.

Cara Merawat Ciblek Harian

Gambar Ciblek Gacor
Gambar Ciblek Gacor

1. Selain jangkrik, anda juga bisa memberikan 3 ekor ulat hongkong yang berwarna putih kepada burung Ciblek dengan memotongnya terlebih dahulu.

Berikan pakan ulat ini pada pagi atau sore hari sekali untuk pakan alami berupa kroto segar sebaiknya anda berikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.

4. Pakan buatan bisa berbentuk voer lembut tidak hanya voer anda dapat menambahkan 2 sachet susu bubuk kemasan kecil.

5. Jemur burung Ciblek anda minimal 2 jam dalam sehari penjemuran bisa dilakuakn di pagi hari sebelum dimandikan atau bisa juga setelah burung dimandikan.

6. Mandikan burung secara basah kuyup caranya dengan menyiapkan mangkok kecil berisi air dan biarkan burung bereksplorasi dengan air dalam mangkok tersebut.

7. Sediakan lingkungan yang nyaman kondusif dan tenan dalam artian agar burung diletakkan pada posisi yang berjauhan dengan burung predator atau burung sejenis agar kondisi emosinya tidak terganggu.

8. Kebersihan kandang atau sangkar memiliki sangkar burung yang bersih akan enak di pandang mata dan membuat burung ciblek anda akan terjaga kesehatannya untuk menjadikan burung ciblek cepat gacor berikut kami rekomendasikan makanan burung

9. Melakukan pemasteran secara teratur manfaat memaster Ciblek secara teratur akan dapat membuat burung anda ngebren dan gacor cara pemasteran yaitu sehabis burung anda di mandikan dan di jemur.

10. Melatih fisik Ciblek dengan Cara di umbar pengumbaran burung bermanfaat agar burung anda sehat secara fisik dan mental lakukan pengumbaran seminggu 2 kali.

11. Tempel burung Ciblek jantan dengan burung yang masih muda/ burung betina minimal dua kali dalam seminggu dengan durasi kurang lebih dua jam. Hal ini bertujuan untuk mengasah mental sang burung.

12. Melakukan Testing ke lapangan aklah burung Ciblek anda ke ajang perlombaan untuk melatih mentalnya. Anda bisa mengikutkannya dalam ajang latber atau latpres di sekitar tempat tinggal anda.

Ciblek merupakan salah satu burung kicau yang cukup banyak digemari oleh para pecinta burung kicau. Tetapi tidak sedikit sobat kicaukan yang belum tahu pasti tentang cara membedakan ciblek jantan dan betina.
Memang untuk membedakan burung ciblek jantan dan betina susah-susah gampang, khususnya bagi para pemula. Tetapi yakinlah, semakin lama dan tekun anda mempelajari tentang ciblek maka kesulitan itu akan segera hilang dan berubah menjadi ilmu yang sangat berharga.
Bagi para pemula, tentu masih membutuhkan petunjuk dan panduan untuk membedakan ciblek jantan dan betina. Sebelum itu mari kita baca artikel lain tentang ciblek berikut ini:

Ciri- Ciri Burung Ciblek Jantan

Gambar Burung Ciblek Jantan 
Gambar Burung Ciblek Jantan

 

1. Saat ciblek masih bakalan/anakan, pada ujung paruhnya berwarna hitam.

2. Sedangkan ciblek yang sudah dewasa, pada bagian bawah paruh berwarna full hitam.

3. Pada bagian bulu dada atas berwarna hitam.

4. Samping kanan dan kiri dada berwarna hitam pula.

5. Bulu di bagian atas kepala sampai sayap berwarna abu-abu cenderung gelap.

6. Memiliki paruh yang tebal dan berwarna hitam.

7. Memiliki rongga mulut berwarna hitam.

8. Memiliki ukuran badan lebih besar daripada ciblek betina.

9. Memiliki ekor yang lebih panjang dan rapat daripada ciblek betina.

10. Memiliki kepala yang bulat dan besar.

11. Memiliki kaki yang panjang dan proporsional.

12. Jika didekatkan dengan burung sejenis, ciblek janta akan langsung bereaksi.

13. Memilikisuara kicauan yang bervariasi. Salah satu ciri khasnya adalah ciklak-ciklak diselingi dengan suara tembakan.

Ciri-Ciri Burung Ciblek Betina 

1. Memiliki ukuran badan yang lebih kecil daripada ciblek jantan.

2. Pada bagian atas mata, terdapat alis berwarna putih.

3. Pada bagian bawah paruh berwarna putih.

4. Memiliki ekor yang lebih pendek daripada ciblek jantan.

5. Memiliki suara kicauan yang cenderung monoton/tidak bervariasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya.

Namun jika kalian kurang berkenan denganpostingan kami, kalian bisa hadiri organisasi atau keompok pecintaciblek, yang mana disitu banyak sekali informasi mengenai burung ciblek dan pengetahuan perawatan burung ciblek agar bisa gacor dengan baik.

Baca Juga : Makanan Burung Nuri

Namun jangan lupa jikakalian meelihara burung ciblek atau burunglain, tetaplah menjaga keestarian burung ni agar tetap terjaga kelestariannyaagar tidak cepat punah. Terimakasih sobat kicau mania

Pencarian burung terbaru:

  • pakan burung ci
  • Makan apa yg bikin burung ciblek cepat gacor
  • Makan burung ciblek
  • makanan yang baik buat prenjak jali
  • pangan burung ciblek
  • serangga yang berbunyi krik krik
  • voer ciblek
  • voer makanan burung ciblek
  • voor bagus buat burung ciblek

Tinggalkan komentar