Makanan Burung Gereja

Burung gereja jenis burung kecil passeridae burung yang sering terlihat di kota-kota ini sangatlah banyak dan liar. burung ini memiliki ciri- ciri bentuk tubuh yang munguil, dan memiliki warna tubuh yang coklat ke abu – abuan memiliki bentuk yang gemuk juga berekor pendek dan memiliki paruh yang cukup kuat juga.

Burung yang liar ini sangat banyak dalam penyebarannya, terutama di Indonesiapun sudah sangat banyak. Sebenarnya asal mula burung ini adalah terdapat pada daratan Eropa, Afrika, dan Asia.

Burung liar ini tidak banyak yang ingin memeliharanya, namun ada juga beberapa orang yang ingin membudidayakan burung kecil ini walaupun sebenarnya burung ini sudah banyak penyebarannya.

Untuk mendapatkan burung ini sangatlah mudah sekali dengan kita menangkapnya seperti memakai jaring di persawahan atau beberapa tempat yang memang sering atau banyak di temukan burung gereja ini. Maka dari itu ada beberapa tips atau cara untuk membudidayakan burung kecil ini diantaranya :

Cara Menjinakan Burung Gereja Dengan Mudah 

Gambar Burung Gereja
Gambar Burung Gereja

1. Simpan Dalam Sangkar

Setelah kita mendapatkan burung gereja tersebut dari habitat aslinya dan ingin membudidayakan burung gereja tersebut adalah dengan cara kita menyangkarkan burung tersebut layaknya memelihara burung yang lainnya. namun berbeda dengan pepemeliharaan burung yang lainya.

Khusus untuk burung gereja ini kalian bisa memberikan sangkar yang lebih kecil dari biasnya. mengapa demikian? karena untuk bertujuan agar burung gereja ini lebih sering terdiam, namun sebenarnya agar si burung lebih tenang saja, dan lebih mudah untuk kita jinakan.

dan setelah jinak nanti burung tersebut bisa dapat kita pindahkan pada tempat yang lebih besar dari sebelumnya, agar kita lebih tau perkembangan dari gerak si burung tersebut.

2. Penempatan Sangkar Burung Yang Tepat

Cara berikutnya adalah tempatkan burung dalam sangkar itu di tempat yang lebih ramai. maksudnya tempatkan pada tempat yang sering untuk berinteraksi atau lalu lalang cara tersebut berfungsi agar terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan bisa untuk terbiasa dalam keramaian.

Namun pasda tahap ini memang burung tidak langsung terbiasa dalam keramaian, dan burung gereja ini pastinya akan sangat merasa terganggu, namun lambat laun burung ini akan merasa terbiasa dengan suasana barunya.

3. Mengelus Burung Gereja

Tips selanjutnya adalah mengelus atau memperlakukan burung gereja dengan baik setelah di jemur. Caranya keluarkan burung gereja dalam sangkar dan pegang menggunakan tangan kiri kita. Kemudian selanjutnya kita bisa mengelus ngelus kepala burung dengan sangat perlahan.

Fungsi dari ini bisa membuat burung merasa lebih tenang dan bisa membuat burung lebih kenal dengan majikannya. Selain itu juga secara tidak langsung kita berinteraksi dengan burung yang membuat burung lebih dekat dan lebih mengenali majikannya.

4. Jauhkan Dari Binatang Lain

Tips berikutnya adalah jauhkan dari jangkauan binatang yang dapat mengganggu ketenangan si burung gereja tersebut misalnya dari binatang kucing yang biasanya bisa mengancam nyawa burung gereja ini jangan sesekali burung tersebut diletakan di bawah, biarkan burung tersebut dalam kondisi di atas dan di gantungkan.

5. Memberikan Makan

Setelah beberapa tips diatas, tidak lupa kita untuk memberikan makanan kepada burung gereja tersebut hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan burung gereja agar bisa bertumbuh dengan baik. Ada beberpa jenis makanan yang dapat kita berikan kepada burung gereja.

Biasanya burung gereja sangat menyukai yang namanya biji- bijian. Akan tetapi biji – bijian yang  di berikan kepada burung gereja ini tidak sembarangan.

Jika kita akan memeberikan pada burung yang dewasa pastinya akan berbeda pula dengan  makanan biji-bijian yang akan di berikan kepada anakan gereja yang biasa di berikan untuk makanan burung gereja dewasa antara lain biji- bijiaan, dan serangga yaitu diantaranya:

Jenis Makanan Burung Gereja

1. Beras Merah

Beras Merah Untuk Burung
Beras Merah Untuk Burung

Beras merah sangatlah baik untuk pertumbuhan burung jika diberikan kepada burung gereja dewasa untuk pertumbuhan dan kualitas gacor si burung gereja ini, beras merah sangatlah bergizi dan mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan burung dan juga dapat menambahakan stamina bagi si burung dewasa ini.

Namun jika ingin di berikan pada anakan burung gereja, alangkah baiknya jika beras merah tersebut, di tumbuk dulu agar lebih halus, dan kasihlah beras tersebut air sedikit hingga menjadi adonan namun masih padat cara memberikan makannya dengan cara kita mnyuapkan adonan beras merah tersebut ke mulut burung gereja.

2. Jagung

Jagung Untuk Burung
Jagung Untuk Burung

Selain beras merah, biji-bijian yang bagus juga ada pada jagung, jagung juga memiliki nutrisi dan kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan burung gereja, namun jika kita akan memberikan makanan jagung ini kepada burung gereja tersebut alangkah baiknya hancurkan sedikit jagung tersebut agar lebih berukuran kecil karena tubuh dan paruh burung gereja sangatlah mungil.

Dan tujuan di tumbuk juga agar lebih mudah untuk di makan burung gereja tersebut, karena ukuran jagung pastinya berbeda dengan beras merah yang lebih berukuran kecil.

3. Padi

Makanan Burung Gereja
Makanan Burung Gereja

Dan selain beras merah dan jagung, ada juga makanan yang baik untuk di konsumsi burung gereja, yaitu padi padi merupakan sumber protein bagi makhluk hidup baik manusia maupun binatang termasuk pada burung gereja ini.

Padi yang banyak mengandung karbohitrat akan memberikan efek positif bagi pertumbuhan burung gereja dan perkembangan burung gereja selain mengandung banyak karbohitrat padi juga sangat mudah di temukan dan banyak sekali orang yang memiliki persediaan padi.

Selain itu juga memang umumnya burung gereja akan memakan sisa – sisa padi yang berada di persawahan dan burung gereja sangatlah menyukai yang namannya padi.

4.  Serangga

Serangga Untuk Burung
Serangga Untuk Burung

Selain biji- bijian tak jarang pula bagi pembudidaya burung gereja ini memberikan pakan berupa serangga serangga juga mengandung banyak nutrisi untuk kekuatan dan daya tubuh burung biasanya para pembudidaya memberikan makanan berupa serangga misalnya jangkrik, belalang, dan ada juga kroto.

Namun jangan terlalu sering untuk memberikan makanan ini pada burung gereja, karena burung gereja tidak begitu menyukai dan tidak baik juga untuk di konsumsi terlalu sering dan terlalu berlebihan.

Sebaiknya makanan berupa ini di berikan 4-5 hari saja pada burung gereja. memnag kandungan  serangga juga sangat baik untuk pertumbuhan burung gereja.

Diatas adalah beberapa tips dan trik cara untuk membudidayakan burung gereja. Meskipun tidak banyak yang membudidayakan burung ini, namun itulah trik dan tipsnya agar kita bisa lebih tepat dan bisa lebih tahu, dan jika kurang tepat bisa kalian tanyakan pada pakarnya yang lebih detail dalam membudidayakan burung gereja ini.

Baca Juga : Makanan Burung Parkit

Walaupun memang kelestarian burung ini sangatlah banyak dna populasi burung ini sangat banyak, namun kita jangan anggap remeh dalam mebudidayakan burung ini, karena burung merupakan makhluk hidup yang harus kita jaga dan lestatarikan bersama terima kasih

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung gereja
  • pakan burung gereja
  • Makanan burung greja
  • Makanan untuk burung gereja
  • Makanan burung gere
  • cara menjinakan burung gereja liar
  • pakan burung greja
  • jenis pakan burung gereja
  • burung greja di beri makan apa
  • www merawat burung gereja dan makanannya

Tinggalkan komentar