Makanan Burung Jalak Kebo

Burung jalak kebo atau jalak kerbau atau jalak hitam merupakan satu diantara jenis burung jalak yang dibekali keunikannya tersendiri.

Gambar Burung Jalak Kebo
Gambar Burung Jalak Kebo

Salah satu keunikan dan karakteristik jalak kebo adalah berteman baik dengan hewan mamalia bernama kerbau. Itulah sebabnya pengicau berperawakan hitam ini lebih akrab disebut jalak kebo. Sebelum anda mulai memeliharanya sebaiknya ketahui dulu perbedaan ciri-ciri jalak kebo jantan dan betina.

Gambar Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina
Gambar Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Namun bila anda belum tahu perbedaan jalak kebo jantan dan jalak kebo betina seperti apa, maka kemungkianan besar anda akan salah pilih dalam menentukan kelaminnya, sehingga timbulah penyesalan di belakang hari.

Burung jalak kebo jantan kualitasnya dinilai lebih ok, khususnya dalam membawakan lagu yang beragam dengan suara nyanyian lebih kencang dan merdu dibanding jalak kebo betina.

Perbedaan ciri jalak kebo jantan dan betina selain dapat dikenali dari suara kicauannya juga dapat dikenali dari postur dan warna bulu yang menghiasi tubuhnya tersebut.

Khusus jalak kebo jantan biasanya warna bulunya lebih tegas dan legam serta postur badannya terlihat lebih besar dan memanjang. Sementara untuk jalak kebo betina warna bulunya tak setegas burung pejantan serta postur cendrung lebih kecil. Baik inilah tips selengkapnya.

Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Gambar Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina
Gambar Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan

  1. Warna hitam di kepala dan sayap sangat tegas.
  2. Badan berukuran lebih besar dan panjang.
  3. Kepala berbentuk kotak dan tampak lebih besar.
  4. Kloaka lebih menonjol dan ditumbuhi bulu-bulu halus.
  5. Paruh tampak lebih kokoh, kuat dan panjang.
  6. Jambul di sekitar pangkal paruh relatif panjang, rapih dan hitam mengkilap.
  7. Bulu ekor sering menyatu atau rapat / tidak membuka.
  8. Suara gacoran bervariasi dan bervolume volume lantang.

Ciri-Ciri Jalak Kebo Betina

  1. Bulu hitam di bagian kepala dan sayap cendrung pudar.
  2. Postur tubuh tampak lebih mungil / kecil dan pendek.
  3. Bentuk kepala bulat / tidak kotak seperti pada pejantan.
  4. Ven atau kloaka relatif datar dan bulu halusnya kurang lebat.
  5. Memiliki paruh yang tampak pendek lagi tipis.
  6. Mahkota yang tumbuh di atas pangkal paruh pendek dan kurang rapi.
  7. Bulu ekor umumnya sering membuka, lebar atau mengembang.
  8. Suara kicau jalak kebo betina kalah berkualitas dengan pejantan.
Itulah beberapa tips sederhana namun cukup akurat untuk dapat memastikan mana burung jalak kebo jantan dan jalak kebo betina.
Dengan mengetahui karateristik atau pertanda yang telah dijelaskan di atas, maka anda akan mampu membedakan jenis kelamin burung jalak kebo betina dan jantan dengan lebih gampang khususnya burung dewasa bukan muda atau bakalan.
Walaupun panduan di atas bukan jaminan 100 % tingkat akurasinya namun sudah cukup membantu para jalak mania dalam menganalisa jenis kalamin burung jalak kebo.
Setelah kita bahas mengenai perbedaan burung jalak kebo jantan dan betina, sekarang kita akan bahas mengenai jenis makanan burung jalak kebo.
Macam dan jenis makanan jalak kebo yang menunjang supaya rajin berbunyi dan gacorJalak kebo atau juga biasa dikenal sebagai jalak hitam merupakan salah satu jenis jalak yang sangat banyak diminati oleh para pecinta burung.
Gambar Burung Jalak Kebo Jantan
Gambar Burung Jalak Kebo Jantan
Tidak hanya memiliki suara yang unik, penampilan dari jalak kebo itu sendiri karena bulu hitamnya yang mengkilap berhasil memikat perhatian banyak orang.

Meski perawatan harian yang terbilang susah-susah gampang, namun dengan sedikit pengalaman Anda sudah bisa merawat dengan baik seekor jalak kebo. Salah satu poin penting dalam merawatnya adalah makanannya.

Makanan jalak kebo memang sama dengan burung lainnya, namun jika Anda lebih selektif bisa memberikan hal yang tentu baik oleh jalak kerbau Anda.

Banyak jenis makanan yang baik untuk jalak kebo, salah satunya adalah buah-buahan. Buah-buhahan atau sayuran terbilang sangat berkhasiat untuk jalak kebo, tidak hanya jalak kebo saja karena juga penting untuk segala jenis burung.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah jenis-jenis makanan jalak kebo yang baik untuk menunjang kesehatannya.

Jenis Makanan Burung Jalak Kebo

Gambar Makanan Burung Jalak Kebo
Gambar Makanan Burung Jalak Kebo

1. Pisang Kepok, Buah, dan Sayuran

Semua jenis pisang sangatlah disukai oleh jalak kebo karena membantu dalam mengurangi lapar dan meningkatkan asupan kebutuhan vitamin dalam tubuh burung. Selain itu, pisang memiliki khasiat energy yang tinggi sehingga membantu burung untuk bangkit dari kelelahan dan lainnya.

Salah satu jenis pisang yang sangat bagus untuk jalak kebo adalah pisang kepo, khususnya yang memiliki daging berwarna putih. Kandungan yang terdapat dalam pisang ini antara lain 11 mg kalsium yang baik untuk tulang, 14 mg vitamin C untuk pertahanan tubuh, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 1 mg niasin, dan 206 IU vitamin A.

Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk pertumbuhan si jalak. Jalak kebo yang terbilang kurus bisa diatasi dengan jenis pisang ini karena mengandung banyak karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar otot dalam tubuh burung. Pemberian pisang khususnya jenis ini akan meningkatkan kemampuan jalak dalam berkicau, cerdas, aktif, dan lincah.

2. Voer

Voer terbilang sangat efektif untuk diberikan kepada jalak kebo yang pemiliknya memiliki pekerjaan yang banyak karena dapat menjaga staminanya sepanjang hari.

Kadar protein yang harus ada dalam voer berkisar 12 sampai 18% disertai dengan kandungan lemak, energi metabolisme, serat kasar, mineral, vitamin, dan karbohidrat. Voer juga berfungsi untuk meningkatkan stamina agar jalak kebo lebih efektif dalam bergerak dan berkicau.

3. Kroto

Kroto juga termasuk makanan burung jalak kebo karena bisa menunjang kebutuhan nutrisi untuk burung. Kroto sangat efektif jika dicampurkan dengan makanan EF seperti jangrik, ulat hongkong, atau belalang kemudian diberikan kepada jalak kebo setiap pagi harinya. Kroto atau telur semut rangrang ini juga sangat baik untuk mendongrak kemauan dari si burung jika malas dalam berkicau.

4. Voer

Voer terbilang sangat efektif untuk diberikan kepada jalak kebo yang pemiliknya memiliki pekerjaan yang banyak karena dapat menjaga staminanya sepanjang hari. Kadar protein yang harus ada dalam voer berkisar 12 sampai 18% disertai dengan kandungan lemak, energi metabolisme, serat kasar, mineral, vitamin, dan karbohidrat. Voer juga berfungsi untuk meningkatkan stamina agar jalak kebo lebih efektif dalam bergerak dan berkicau.

5. Ulat Hongkong

Ulat hongkon menjadi pakan tambahan jalak kebo yang sangat di sukai. Meskipun kandungan protein yang ada di dalam ulat hongkong cukup tinggi, maka pemberian wajib kita batasi.

Jika memberi pakan jalak kebo dengan ulat hongkong secara berlebihan, dapat mengakibatkan kurang baik untuk kesehatannya.

Nah itulah makanan atau pakan jalak kebo yang dapat anda aplikasikan dalam memberikan pakan harian maupun lomba. Pakan tersebut berupaya agar burung jalak kerbau sehat dan mau rajin perbunyi atau gacor.

Baca Juga : Makanan Burung Trucukan

Sebenarnya makanan jalak kebo di alam liar hampir sama dengan pakan harian yaitu pisang, kroto, dan jenis serangga kecil.terima kasih salah kicau mania.

Pencarian burung terbaru:

  • voer jalak kebo
  • pakan burung jalak
  • burung jalak kebo makanan
  • harga jalak kebo bakalan
  • ef yg baik jalak kebo
  • yg cocok untuk ngisi jalak kerbau apa?
  • ciri ciri jalak kebo jantan
  • cara pemberian pisang pada burung jalak kebo
  • Burungkolibri ninjagacor
  • buah mkanan burung kebo

Tinggalkan komentar