Makanan Burung Kutilang Emas dan Cara Merawatnya

Burung kutilang atau di sebut juga dengan genthilang yang mana sebutan tersebut terdapat di pulau Jawa. Nama latin dari burung tersebut adalah pycnonotus aurigaster yang di peroleh dari bulu burung yang di sekitar area pantatnya yang memiliki warna jingga.

Burung yang memiliki ukuran tubuh rata-rata panjang 20 cm ini untuk burung yang sudah berusia dewasa.

Gambar Burung Kutilang Emas
Gambar Burung Kutilang Emas

Burung ini memiliki habitat yang tersebar sangat luas sampai dengan ketinggian mencapai 1.600 mdpl. Burung ini tak hanya di daerah tinggi saja. Akan tetapi burung ini juga terdapat pada tempat-tempat yang terbuka, semisal ada di perkebunan, tepian jalan , semak belukar, dan ada juga yang berada di halaman rumah.

Tak sedikit orang yang ingin memelihara binatang yang satu ini, meskipun mungkin untuk suara burung ini tak seindah dan tak sebagus kicauan burung yang lainnya. Tetapi banyak sekali orang yang menginginkan burung ini terlatih dan lebih memiliki kualitas suara yang bagus.

Adapun cara yang di lakukan bagi para penggemar burung kutilang agar burung tersebut memiliki kualitasatau tingkat suara kicau yang bagus dan tak ingin kalah dengan pemelihara burung yang lain. Berikut adalah cara-caranya diantara lain sebagai berikut:

Cara Merawat Burung Kutilang Emas

Gambar Burung Kutilang Emas Gacor
Gambar Burung Kutilang Emas Gacor

1. Pemeliharaan Sejak Dini (sejak bayi)

Pertama jika kalian ingin memelihara burung kutilang lebih gampang, bisa dengan cara ini untuk permulaan pemeliharaan, kenapa kita harus memilih cara pemeliharaan sejak dini atau sejak bayi.

Karena efektif sekali jika kita merawatnya sejal bayi dan efek dari ini sangatlah positif agar burung kutilang yang kita pelihara ini tidak terlanjur menirukan suara burung kutilang yang lainnya yang menurut para orang burung kutilang yang sudah dewasa tidak memiliki suara yang bagus seperti yang kita inginkan.

Dengan hal ini juga kalian bisa dapatkan burung kutilan sesuai apa yang ingin kalian pelihara ( burung kutilang akan terbiasa terlatih ).

2. Melakukan Pemasteran

Setelah kita memelihara burung kutilak sejak bayi, alangkah baiknya tahap selanjutnya adalah melatih burung tersebut untuk dapat terbiasa dengan apa yang kita inginkan. Dengan cara melalukan pemasteran agar burung bisa terbiasa dengan apa yan kita ajarkan, pemasteran sejak dini ini akan sekali memiliki dampak yang sangat positif untuk burung yang kit pelhara.

Pemasteran yang saya maksudkan disini adalah kita dapat melatih burung itu untuk dapat menirukan kicauan burung yang cantik, semisal kit lakuakan dengan menyetel mp3 suara_ suara burung berkicau atau menyandingkan satu burung untuk pemasteran.

3. Pisahkan dari Burung Kutilang yang Sudah Liar

Untuk cara yang lainnya adalah kita dapat mengasingkan burung yang sudah kitaa pelihara dengan burung kutilang yang lain atau burung kutilang yang sudah sangat liar. Hal ini sangat di perlukan agar burung kutilang yang masih bayi ini tdak menirukan suara burung kutilang yang sudah liar itu.

burung yang masih bayi ini cenderung sekali mencari contoh atau cenderung lebih menirukan suara apa yang burung kecil ini dapatkan, maka dari itu saran saya adalah jauhkan jangkauan burung kecil Anda dengan suara burung kutilang yang liar.

4. Memberikan Pakan yang Berkualitas

Selain perawatan itu juga ada yang lebih penting dan lebih pengaruh untuk suara burung kutilang Anda agar lebih bagu, yaitu dengan cara memberikan makanan yang berkualitas untuk si kutilang ini.

Sangat berpengruh sekali ketikan kita memberikan makanan yang tidak sesuai untuk burung kita. Dan berikut adalah makanan yng baik untuk di konsumsi burung kutilang antara lain :

Rekomendasi Makanan Burung Kutilang Emas

Makanan Burung Kutilang
Makanan Burung Kutilang

1. Buah-buahan

Gambar Buah Buahan Pisang Untuk Burung
Gambar Buah Pisang Untuk Burung

Untuk makanan pokok yang sering di konsumsi oleh burung anakan kutilang ini adalah buah-buahan. Buah-buahan ini sangat di senangi oleh burung yang satu ini. Tetapi ada juga beberapa buah yang tidak di sukai oleh burung kutilang. Namun kebanyakan burung ini sangat menyukai buah-buahan diantaranya adalah buah pisang, pepaya, dan lain sebaainya.

selain menyukai buah- buahan juga memang buah- buahan ini sangat membantu untuk pertumbuhan dan membantu perkembangan si burung kutilang ini.

Buah-buahan yang mengandung zat dan mineral aktif ini sangatlah bermanfaat, misal ada kandungan vitamin, protein, mineral dll.

3. Extra Fooding

Gambar Extra Fooding Untuk Kutilang
Gambar Extra Fooding Untuk Kutilang

Selain buah- buahan juga ada juga yang baik bagi pertumbuhan si burung kutilang anakan untuk menjadi burung yang berkualitas, yaitu memberikan ekstra fooding untuk anakan kutilang. Ekstra fooding yang di maksudkan adalah memberikan makanan berupa, kroto, belalang, jangkrik, ulat hongkong, dll

Memberikan kroto untuk burung kutilang sangatlah baik karena mampu meningkatkan peforma kicauan burung supaya tetap fit, bugar dan rajin berkicau.

Pemberian kroto pada burung kicauan lebih baik diberikan saat burung kutilang masih muda terutama pada burung yang masih dalam tahap pemasteran.

Hal ini dikarenakan dapat membuat peningkatkan perkembangan otak sehingga burung akan lebih cepat mengingat dan menyimpan memori mengenai lagu atau irama yang diajarkan oleh masternya.

Pemberiaan belalang pada burung juga sangat bermanfaat belalang diyakini dapat meningkatkan kualitas suara burung kicauan. Selain itu, burung yang terbiasa makan belalang akan memiliki warna bulu yang lebih berkilau.

Namun ketika belalang dan kelabang makin sulit didapatkan di pasar burung, para kicaumania beralih kepada jangkrik yang lebih mudah didapatkan.

3. Makanan Buatan

Selain buah dan ekstra fooding juga ada makanan buatan yang dapat di konsumsi makanan buatan yang dimaksud bukan makanan yang terbuat dari bahan -bahan yan terbuat dari bahan kimia.

Melainkan makanan alami yang sudah di buat atau di produksi secara otomatis di pabrik bahan- bahan yang digunakan juga sebenarnya bahan alami seperti makanan utama burung kutilang di habitat aslinya namun jika sudah masuk ke pabrik bahan makanan tersebut dicampur dan di produksi secara masal alhasil seperti voer atau sejenisnya.

makanan tambahan Diatas merupakan makanan utama burung kutilang jika Anda memiliki burung kutilang yang masih anakan mungkin menu makanan bisa berbeda dengan makanan burung kutilang yang sudah dewasa.

Karena jika burung kutilang yang masih anakan diberi makanan yang sama seperti burung kutilang dewasa nantinya bisa menyebabkan fatal dan hasilnya bisa menyebabkan anguan pada kesehatan anakan burung kutilang.

oke guys itulah tadi beberapa tips untuk cara merawat dan memelihara kutilang yang baik dan yang bisa kita dapatkan untuk kutilang yang lebih berkualitas, mungkin jika kalian belum mkasimal dalam merawat burung ini, kalian bisa tanyakan pada pakar atau pada komunitas pecinta burung kutilang.

Disana kalian akan lebih mendapatkan wawasan yang lebih luas dan akan lebih pandai lebih lengkap juga soal bagaimana cara merawat burung kutilang yang baik dan memelihara kutilang yang lebih berkualitas lagi.

Baca Juga : Makanan Burung Kutilang

Karena jika kalian inginn memiliki burung kutilang yang lebih berkualitas, pastinya tidak sembarangan untuk pemeliharaanya butuh waktu dan butuh ekstra ketelatenan.

Tinggalkan komentar