Makanan Burung Lovebird

Burung lovebird seakan-akan menjadi burung primadona di Indonesia dengan suaranya yang khas dan warna bulunya yang terkenal cantik dan bervariatif.

Burung lovebird memiliki harga yang cukup lumayan, ada yang memiliki harga sedang ada juga yang memiliki harga yang mahal. Bahkan harga lovebird bisa sampai ratusan juta rupiah.

Biasanya  burung lovebird yang memiliki harga diatas puluhan juta itu yang sudah memiliki perawatan unggulan serta telah memiliki segudang prestasi dari mulai kontes burung kicau hingga kontes lomba burung yang lainnya.

Gambar Burung Lovebird Makan
Gambar Burung Lovebird Makan

Burung lovebird sejatinya juga sangat mudah beradaptasi sehingga banyak yang suka untuk memeliharanya, juga terkenal karena sangat bersahabat sekali dengan manusia.

Sebagian pecinta burung masih ada yang menganggap bahwa merawat burung lovebird memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena burung ini banyak maunya dari mulai pakan khusus lovebird hingga kandang lovebird yang khusus.

Kebiasaan burung lovebird yang sering menggigiti sarang burung juga harus diperhatikan sebaiknya Anda membeli atau menggunakan sangkar burung yang terbuat dari besi agar nantinya sangkar burung awet dan tidak terjadi kebobolan.

Foto Burung Lovebird
wallpaperg.com

Jika menggunakan sangkar kayu akan sangat berbahaya sekali paruh lovebird memiliki kekuatan yang cukup untuk mematahkan kayu sehingga sangat mudah sekali kabur atau terbang, banyak sekali kasus yang seperti itu maka dari itu gunakan sangkar yang kuat yang sudah terbukti bagus dan awet.

Untuk merawat burung lovebird juga tidak boleh ngasal dan salah satu faktor keberhasilan merawat lovebird yaitu makanan, makanan menjadi salah satu pondasi untuk hampir semua burung dengan memberikan makanan yang berkualitas lovebird akan lebih sehat dan bisa tumbuh dengan baik, dan malahan menjadi faktor utama untuk membantu lovebird gacor.

Gambar Burung Lovebird Lucu
singing-wings-aviary.com

Adapun burung lovebird sendiri memiliki pakan-pakan yang khusus seperti yang sudah kami infokan tadi karena burung lovebird banyak maunya dan sering bikin repot majikannya namun Anda harus tetap sabar karena lovebird jika kita bisa menekuninya dengan sabar akan menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit loh.

Berikut ada daftar makanan burung lovebird yang mungkin bisa untuk referensi Anda yang masih bingung sebenarnya burung lovebird suka nya makan apa sih?

Makanan Burung Lovebird dan Khasiatnya

Mengapa pada umumnya? karena kita akan membahas makanan burung lovebird secara garis besar atau pada umumnya agar nantinya pecinta burung bisa memilih menu makanan yang cocok untuk lovebird kesayangannya, adapun menu atau makanan lovebird sebagai berikut.

1. Milet Putih dan Merah

Gambar Milet Putih dan Merah
Gambar Milet Putih dan Merah

Jika Anda sudah berpengalaman dengan dunia burung sudah pasti tidak akan kesulitan untuk menentukan makanan burung lovebird, lovebird pada dasarnya memang sangat membingungkan untuk mengerti apa kesukaan makanan lovebird memang harus teliti atau kita bisa mencari pengetahuannya dari berbagai sumber.

Milet murah dan putih memang sebenarnya makanan kesukaan semua burung kicau namun burung lovebird yang paling suka dengan makanan tersebut, milet putih dan merah sendiri memiliki banyak sekali khasiatnya untuk lovebird.

Baca Juga : Harga Burung Lovebird

Adapun manfaat dari milet putih dan merah yaitu bisa untuk memberikan ketahanan daya tubuh terhadap lovebird, juga dipercaya membantu lovebird lebih cepat gacor. Walaupun belum ada penelitiannya terkait dengan bahan makanan tersebut namun sudah banyak yang terbukti.

Untuk pemberian makanan milet putih dan merah Anda bisa memberikannya setiap hari pada waktu pagi hari dan waktu sore hari. Dengan diberikannya milet ini akan menjamin bahwa burung lovebird akan cepat gacor sesuai dengan yang Anda inginkan namun juga harus di imbangi dengan perawatan yang intensif dan latihan yang teratur.

2. Jagung Manis

Gambar Jagung Manis Makanan Lovebird
Gambar Jagung Manis Makanan Lovebird

Banyak yang beranggapan bahwa jagung manis merupakan salah satu makanan burung lovebird yang paling favorit dan bahkan hampir semua burung kicau menyukai menu makanan ini.

Untuk menemukan jagung manis ini juga sangat mudah kita bisa mendapatkannya di pasar atau di yang berjualan sayur pasti Anda menemukan jagung manis ini. Jagung manis dipercaya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk lovebird.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird

Salah satunya yaitu bisa menjaga kesehatan mata lovebird juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh lovebird. Adapun kandungan yang terdapat pada jagung manis yaitu vitamin B dan C, Asam Folat dan Beta Karoten.

Untuk penyajiannya dapat dengan merebus terlebih dahulu jagung manis sebelum diberikan ke lovebird tujuannya agar mudah dimakan dan diserap oleh pencernaan burung lovebird.

3. Biji Oat

Gambar Biji Oat Makanan Lovebird
Gambar Biji Oat Makanan Lovebird

Biji ternyata bukan hanya untuk makanan manusia saja loh, saat ini banyak pecinta burung yang meyakini biji oat juga bisa bermanfaat untuk satwa. Salah satunya burung kicau.

Biji oat dipercaya memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, dan ini memang sudah terbukti karena sudah ada penelitiannya. Bukan hanya terdapat karbohidrat saja, juga terdapat kandungan gizi yang lain seperti kalori dan protein yang tinggi.

Biji oat dapat Anda berikan kepada lovebird setiap hari, atau setiap beberapa kali seminggu saja karena bukan makanan pokok. Lebih baik setiap 3 kali seminggu agar dapat menjadi variasi makanan untuk setiap harinya.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Lovebird

Biji oat bisa Anda berikan kepada lovebird mulai sejak dari kecil atau sejak anakan, agar nantinya terbiasa memakan biji oat. Jika tidak terbiasa, nantinya akan susah makan menu oat yang cenderung hambar rasanya.

Biji oat dapat membuat burung lovebird lebih aktif, lebih sehat, serta jika Anda ingin burung Anda cepat mengalami proses mabung bisa Anda berikan biji oat ini. Sebagian dari pecinta burung malah menantikan proses mabung agar bulunya akan lebih bagus lagi dari sebelumnya.

4. Buah Apel Merah

Gambar Buah Apel Merah
Gambar Buah Apel Merah

Jangan kaget memang lovebird memiliki selera yang sangat banyak sekali dari mulai sayuran dan buah-buahan. Salah satunya buah apel merah banyak yang mengira buah apel merah hanya untuk manusia saja dan ternyata tidak.

Lovebird sangat menyukai buah ini dengan khasiatnya yang begitu banyak. Mengapa harus apel merah padahal kan masih banyak apel yang lain?

Alasannya yaitu karena buah apel merah dipercaya memiliki kandungan lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel hijau.

Untuk penyajian buah apel merah untuk lovebird, bisa Anda berikan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Tujuannya agar buah apel merah lebih steril dan terhindar dari zat yang berbahaya seperti pestisida dan lainnya.

5. Biji Kenari

Gambar Biji Kenari
Gambar Biji Kenari

Untuk menu makanan burung lovebird yang terakhir yaitu biji kenari, atau yang biasa disebut juga dengan canary seed. Sesuai dengan namanya, biji kenari biasanya diberikan untuk burung kenari saja.

Namun seiring berjalannya waktu biji kenari juga dapat diberikan kepada burung lovebird dan burung kicau lainnya. Biji kenari ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk semua burung kicau terlebih lagi untuk lovebird.

Baca Juga : Makanan Burung Kenari

Dengan tipikal burung ini yang rajin gacor, sangat cocok sekali jika diberi makan dengan menu biji kenari. Untuk penyajiannya bisa setiap hari agar bisa lebih cepat gacor dan merangsang pertumbuhan kenari.

Untuk pemula tentu mungkin masih bingung apalagi banyak sekali beberapa makanan yang mungkin terdengar sangat asing.

Tinggalkan komentar