Makanan Burung Manyar

Burung manyar merupakan burung yang termasuk burung dalam kategori burung kecil pemakan biji-bijian, burung ini sangat unik sekali karena memiliki kemampuan kicau yang bervariasi. burung manyar ini merupakan jenis burung dari keluarga ploceidae.

Jika kalian ingin memelihara burung manyar sebagai burung masteran, kalian bisa pilih burung manyar dengan tig jenisini, yaitu burung manyar tempua, burung manyar emas, serta manyar jantan.

Namun bukan hanya cari tahu saja tentang jenis burung yang dapat di masterkan, akan tetapi kalian harus bisa merawat burung ini dengan sebaik mungkin. Karena jika ingin kalian memiliki burung yang berkualitas tinggi, kalian harus memperhatikan beberapa hal sebagi berikut:

Cara Menjinakan Burung Manyar

Gambar Burung Manyar
Gambar Burung Manyar

1. Memilih Anakan Burung Manyar

Anakan Burung Manyar
Anakan Burung Manyar

Cara pertama yang harus kalian lakukan jika kalian ingin memiliki burung yang untuk di jadikan sebagai masteran adalah dengan cara memilih anakan atau piyikan burung manyar.

Hal ini di karenakan sangat mudah jika untuk melatih burung anakan manyar, jika kita melatih sejak dini, pastinya burung akan sangat terbiasa dengan intruksi yang telah di berikan oleh sang pemilik.

2. Memposisikan Kandang

Memposisikan Kandang
Memposisikan Kandang

Jika kalian sudah memiliki anakan burung manyar sebaiknya kalian dapat memposisikan kandang burung dengan tepat, karenaini juga sangat mepengaruhi kondisi mood dari burung manyar dimana jika memposisikan kandang burung manyar samapi salah, pastinya akan sangat fatal.

Yaitu burung bisa merasakan stres, dan ini yang dapat mengakibatkan pembahayaan pada nyawa si burung. Alangkah baiknya jika kalian ingin memelihara burung manyar anakan sebaiknya kalian bisa meposisikan kandang dengan di gantung secara rendah saja, jangan terlalu tinggi.

Dan tidak hanya memposisikan burung di kandang dengan rendah akan tetapi kalian juga bisa menempatkan burung ini di temapt yang ramai di lalui oleh interaksi manusia. disitulah burung akan bisa terbiasa dengan interaksi manusia.

3. Pemandian Burung

Gambar Burung Manyar Setelah Mandi
Gambar Burung Manyar Setelah Mandi

Step berikutnya adalah memandikan burung manyer secara rutin, mengapa burung juga harus kita mandikan? agar burung terhindar dari bahaya kuman atau bakteri yang menempel pada sayap si burung. Jika burung rutin dimandikan pastiny burung akan lebih merasakan segar dan lebih sehat juga tentunya.

Cara memandikannya sangatlah mudah yaitu dengan cara seprotkan burung dengan spray lakuakan langkah ini minimal 2 kali sehari anatar pagi dan sore.

4. Menjemur Burung

Gambar Menjemur Burung Manyar
Gambar Menjemur Burung Manyar

setelah menadikan burung alangkah baiknya kita lakukan penjemuran pada burung tersebut, Jangan sampai lupa untuk menjemur burung sebentar pada saat matahari terbit.

Tapi lebih baik untuk menjemur sebelum jam 12. Tapi usahakan agar burung manyar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena bisa saja sinar matahari mendadak bersinar terik.

Sinar matahari yang terik bisa berakibat fatal. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada burung manyar dikarenakan terkena serangan heat stroke. Tapi jika penjemuran burung manyar di waktu yang pas. Justru akan memberikan banyak manfaat bagi burung manyar.

5. Membersihkan Kandang Burung

Membersihkan Kandang Burung
Membersihkan Kandang Burung

Tidak hanya burung saja yang harus di bersihkan, akan tetapi kebersihan kandang juga sangat penting bagi kesehatan burung agar tetap terjaga dengan baik, kandang yang bersih pastinya burung akan terjaga juga kesehatannya dan akan terhindar juga dari berbagai macam penyakit yang dapat mengancam nyawa burung.

Caranya yaitu bersihkan kandang burung dari kotorannya, bersihkan juga tempat atau wadah minum dan makanan si burung, bila perlu di semprot jugadengan menggunakan air.

6. Penggantian Air Minum Secara Rutin

Penggantian Air Minum Secara Rutin
Penggantian Air Minum Secara Rutin

Bukan hanya kebersihan burung dan kandng juga Rutin untuk mengganti air minum burung manyarpun sangatlah penting, Sehingga kemungkinan burung manyar sakit akibat minuman yang terkontaminasi bisa terhindar.

Air minum bisa berakibat fatal, jadi kalian harus memperhatikan kondisi air. Kalian harus rutin memberikan mereka air bersih. Jangan lupa untuk selalu membuang air yang tersisa dan menggantinya dengan yang baru.Karena bisa saja air minum yang lama sudah terkontaminasi.

7. Pilih Jenis Makanan yang Tepat

Inilah hal yan sangat penting yng perlu kalian perhatikan, yaitu dengan cara memberikanjenis makanan yang tepat. bagi kalian pemula pastinya belum begitu paham jenis makanan apa saja yang dapat di berikan untuk burung manyar ini.

Dimana makanan ini sangatlah berpengaruh untuk kualitas burung mayar. Jika jita salah dalam memberikan jenis makanan pada burung manhar ini pastinya akan berakibatkan fatal. semisal burung jadi malas, burung jadi sakit atau bahkan bisa mengancam nyawa si burung ini.

Dan berikut ini adalah jenis-jenismakanan yang di sukai oleh burung manyar, dan yang dapat meningkatkan perkembangan burung dan dapat meberikan kualitas burungmejadi lebih tinggi. diantaranya adalah:

Jenis Makanan Burung Manyar

1. Beras Merah

Gambar Beras Merah Untuk Burung
Gambar Beras Merah Untuk Burung

Beras merah, merupakan jenis tumbuhan yang termasuk varietas serealia, sesuai dengan namanya bentuk dari beras merah mirip dengan beras biasa, berbentuk lonjong, mengkilap dan berwarna mendekati merah tua.

Beras merah banyak diberikan pada anak burung, karena kandungan Fosfor dan Se, membantu dalam pembentukan tulang pada masa pertumbuhan.

Beras merah setidaknya mengandung sekitar 85% karbohidrat yang terdiri dari lemak dan protein, 7% serat, vitamin B, kalsium, kalium dan magnesium.

Beberapa mineral tersebut berperan penting bagi metabolisme tubuh, beras merah mampu mencegah terjadinya kegemukan karena rendahnya kalori dalam beras merah.

2. Milet

Milet Untuk Burung
Milet Untuk Burung

Makanan selanjutnya adalah milet Milet adalah jenis tanaman serealia berbulir kecil, jika burung manyar peliharaan  diberikan milet umumnya menjadi lebih sehat, aktif dan rajin berbunyi.

Kita dapat memberikan racikan milet dengan bahan lainnya sebelum diberikan kepada burung peliharaan, seperti direndam dalam adonan telur dan juga dicampur dengan cangkang telor.

3. Padi/ Gabah

Gambar Gabah Untuk Burung Manyar
Gambar Gabah Untuk Burung Manyar

Sama halnya antara beras merah dan milet, gabah atau padi juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan burung manyar.

Jika burung manyar di berikan gabah atau padi pastinya sanagt mebantu sekali pertumbuhan burung, [padi juga sangat baik daam kandungannya kandungan karbohitrat, protein magnesium dan lainnya,

4. Ekstra Fooding

Ekstra Fooding Untuk Burung
Ekstra Fooding Untuk Burung

Selain biji-bijian alangkah baiknya jika di berikan makanan tambahan berupa ekstra fooding, yang termasuk makanan jenis ekstra fooding adalah kroto, jangkrik, belalang, ulat hongkong. Makanan tambahan berupa ekstra fooding ini sangatdapat membantu pertumbuhan dari burung manyar ini.

Sekian sobat kicau mania itulah sedikit pebahasan mengenai burung manyar, cara perawatan, jenis makanannya jika kalian menyukai peiharaan seperti burung manyar ini, alangkah baiknya rawatlah semaksimal mungkin jangan sampai keliru dalam perawatanya karena jika salah dalam perawatannya itu akan sangat fatal.

Baca Juga : Makanan Burung Prenjak

Dan kami anjurkan untuk kalian para pecinta  burung manyar bergabunglah juga dengan komunitas pecinta burung manyar, karena disitulah kalian akan banyak memnemukan berbagai tips dan trik agar burung kalian lebih gacor lagi. terima kasih itu saja yang dapat kami sampaikan sobat. salam kicau mania.

 

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung manyar
  • makananan burung manyar

Tinggalkan komentar