Makanan Burung Nuri

Burung nuri merupakan burung yang meiliki paruh bengkok dan memiliki warna burung yang sangat indah, burung ini sangatlah cerdas untuk menirukan suara burung yang lainnya yang sering burung ini dengar sehari-hari.

Gambar Burung Nuri
Gambar Burung Nuri

Bukan hanya menirukan suara burung yang laiinya saja akan tetapi burung nuri juga memiliki kemampuan menirukan suara manusia jika dilatih dengan telaten.

Banyak sekali orang yang menyukai burung yang cerdas ini, bukan hanya kemampuannya saja yang bisa meniru suara burung lain dan manusia, akan tetapi banyak peminat yang menyukai burung ini karena keindahan bulunya juga.

Jika kita sudah memiliki burung nuri pastinya, kalian tidak ingin dong memiliki burung yang pasif dan burung yang liar, pasti kalian harus lebih eksta dalam melatih dan memberikan fasilitas ternyaman untuk si burung ini agar dia lebih aktif dan bisa lebih diajak dalam berinteraksi.

Adapun beberapa tips dan trik untuk memlihara dengan baik si burung nuri tersebut agar lebih aktif dalam perkembangan dan lebih baktif dalam berinteraksi dengan kita.

Cara Menjinakan Burung Nuri

1. Kandang

jika kalian memelihara burung nuri, sebaiknya carilah tempat yang nyaman untuk si burung nuri tersebut, misalnya jika burung nuri kita pelihara masih dalam keadaan baru dan kondisi burung tersebut masih asing dan masih liar.

Sebaiknya tempatkan burung nuri tersebut di area atau di tempat yang lebih ramai dengan banyak manusia, agar burung tersebut bisa lebih terbiasa berinteraksi dengan manusia atau pemiliknya.

Jangan biarkan kita mengurung dirikan burung nuri, karena menurut saya, menaruh burung nuri di kandang yang tertutup sebenarnya kurang sangat tidak efektif, agar burung tersebut bisa cepat jinak pada pemiliknya dan kurang bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar. alangkah baiknya saya sarankan agar burung tersebut lebih terbuka dalam penempatan kandang.

2. Penempatan

Burung nuri jika sudah sangat aktif, atau burung yang sudah jinak pada pemiliknya, burungtersebut tidak akan takut terhadap manusia.

Tidak akan terganggu dalam tekanan dan tidak akan stres dengan keadaian ramai oleh manusia pastinya burung nuri akan lebih mendekati kita, dan burung nuri ini akan bisa lebih kita pegang, dan bisa di kasih makan dengan tangan kita secara langsung, dan sesekali burung nuri akan bisa hinggap pada tangan dan punggung kita.

3. Memandikan Burung

Selanjutnya adalah dengan cara memandikan burung nuri dengan cara memandikan minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari, cara memandikannya sangat mudah sekali, yaitu dengan cara di semprot dengan botol spray. caranya mandikan sampai burung tersebut bash kuyup.

Dalam kondisi inilah burung akan merasa dingin dan burung tersebut akan lebih merasakan lapar karena burung banyak membakar kalori untuk menghangatkan tubuhnya dan setelah proses pemandian alangkah baiknya burung tersebut di jemur agar cepat kering.

4. Pemasteran

tahap ini adalah taap diaman yang sangat penting untuk mengaktifkan si burung tersebut, ya pemasteran ini biasanya di lakukan ketika burung tersebut sudah benar-benar jinak. cara pemasteran tersebut adalah dengan menyetel suara burung- burung berkicau pada mp3 player.

Adapun jika ingin burung nuri berbicara selayaknya menirukan suara manusia, sebaiknya kita tempatkan burung tersebut di tempat yang sering di ruang tamu atau di ruang yang sering banyak interaksi terhadap manusia. selain itu ajaklah berbicara burung peliharaan kita.

5. Memberi Makan

Selain tahap- tahap di atas, yang penting an yang perlu kita lakukan adalah memberikan pakan pada burung nuri secara teratur, tak hanya itu saja burung nuri juga sangat menyukai bebagai makanan.

Inilah tips yang sangat penting dalam pertumbuhan burung nuri dalam tahap memberi makan, ya kali ini juga akan saya bahas, jenis makanan apa saja yang baik untuk di konsumsi bagi burung nuri, antara lain:

Makanan Burung Nuri

1. Biji-Bijian

Gambar Biji-bijian Untuk Burung`
Gambar Biji-bijian Untuk Burung

Burung nuri biasanya lebih menyukai yang namanya biji- bijian. Namun burung jenis paruh bangkok ini akan lebih menyukai makanan yang di berikan oleh pemiliknya pada pertama kalinya burung ini makan, sebenarnya tidak semua burung nuri ini menyukai biji-bijian.

Diantaranya biji-bijian tersebut adalah jagung, beras merah, kacang biji, dll. biji-bijian terseut sebenarnya sangat membantu dalam perkembangan burung nuri untuk dapat berkembang dengan baik, karena biji-bijian ini sangat mengandung protein dan zat besi, serta vitamin yg baik bagi tubuh.

2. Bubur Buatan

Gambar Bubur Buatan untuk Burung Nuri
Gambar Bubur Buatan untuk Burung Nuri

Bubur buatan yang di maksud disini adalah adonan yang di buat atau di blender dengan beberapa bahan antara lain campuran dari sayuran, biji-bijian, gandum, beras merah, milet dan lain-lain. yang nantinya bisa untuk di sajikan dalam bentuk cair( di minumkan ) pada burung nuri tersebut.

3. Suplemen dan Vaksin

Gambar Suplemen dan Vaksin Burung
Gambar Suplemen dan Vaksin Burung

Selain di berikan makanan pokok, sebaiknya kita kasih kan sebagai makanan tambahan beruipa suplement atau vaksin, agar pertumbuhan burung nuri dapat terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang burung nuri seketika. biasanya vaksin tersebut dapat kita dapatkan di toko khusu pakan burung.

4. Sayuran dan Buah Segar

Gambar Sayuran dan Buah Segar Untuk Burung
Gambar Sayuran dan Buah Segar Untuk Burung

Selain di atas kita juga dapat memberikan sayuran dan buah- buahan yang segar, yang dapat kita konsumsikan pada burung nuri tersebut.

Pasti kalian sudah paham mengenai kanadungan dalam sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral aktif, bukan hanya itu saja sayur dan buah juga dapat membantu sekali dalam pertumbuhan bulu- bulu burung nuri agar lebih terlihat lebih cerah dan segar.

sayuran dan macam buah apa saja yang dapat kita berikan pada burung nuri ini, diantaranya ada brokoli, pisang, pepaya, kentang, kacang hijau, wortel tomat, apel, dan lainnya.

5. Pelet Burung atau Voer Burung

Gambar Pelet Burung atau Voer Burung
Gambar Pelet Burung atau Voer Burung

Makanan jenis ini merupakan makanan yang dibuat dengan berbagai macam campuran seperti buah dan sayuran, hanya saja makanan ini menjadi lebih praktis karena sudah dibuat dalam bentuk pelet.

Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk meracik makanan burung itu sendiri, namun burung anda juga masih tetap mendapatkan nutrisi dari kandungan makanan yang didapatkan.

sekian beberapa tips dan trik yang bisa kalian dapatkan dan kalian peroleh untuk merawat burung nuri agar lebih aktif dan lebih cerdas.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan burung peliharaan anda lebih aktif dalam berinteraksi, karena untuk merawat sesuatu atau terutama merawat burung tidak semuanya mudah kita lakukan, harus ekstra lebih tlaten dan sabar.

Karena jika kalian salah dalam perawatan atau penanganan akan fatal, karena tidak sembaranganamun jika kalian masih belum yakin dalam tips dan trik ini, kalian bisa hubungi atau bergabung dengan komunitas pecinta burung nuri untuk informasi – informasi seputar penanganan dan perawatan yang baik untuk burung nuri.

Baca Juga : Makanan Burung Pleci

Dan harus lebih ekstra juga si sebenarnya heheheh dalam merawat burung peliharaan kita,  semoga ini bisa bermanfaat dan salam pecinta burung. terima kasih

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung nuri
  • pakan burung nuri
  • pelihara burung punai
  • makanan buat burung nuri
  • jenis makanan burung nuri
  • makanan burung nurg
  • makanan burung nuri merah
  • makanan burung nuru merah
  • makanan untuk burung nuri
  • makanan yg tepat untuk burung nuri ambon

Tinggalkan komentar