Makanan Burung Pelatuk

Burung pelatuk merupakan burung yang memiliki paruh yang runcing, yang dapat menyadap atau mematuk batang pohon.

Tujuan dari mematuk dan menyadap batang pohon adalah sebagai alat komunikasi kepemilikan daerah melalui sinyal kepada pesaing- pesaingnya.

Gambar Burung Pelatuk
Gambar Burung Pelatuk

Burung pelatuk atau nama lainya adalah ordo piciformes kenapa burung pelatuk ini sering mematuk batang pohon Mula-mula, burung pelatuk mencari terowongan dengan menyadap batang.

Begitu terowongan itu ditemukan, burung pelatuk memahat kayu sampai menciptakan pembukaan ke terowongan.

Lalu menjulurkan lidahnya ke terowongan untuk mencoba mencari tempayak.

Lidah burung pelatuk panjang dan berujung kait. Dengan lidahnya burung pelatuk menusuk tempayak dan menariknya keluar batang.

Gambar Burung Pelatuk Gacor
Gambar Burung Pelatuk Gacor

Burung pelatuk juga menggunakan paruhnya untuk membuat lubang yang lebih besar sebagai sarangnya sekitar 15-45 cm (6-18 inchi) di bawah permukaan yang dibuka. Sarang-sarang itu hanya dilapisi dengan keping-keping kayu dan menyimpan 2-8 telur putih yang dikeluarkan betinanya.

Karena di luar jangkauan penglihatan, sarang ini tidak terlihat pemangsa dan telurnya tidak perlu dikamuflase. Rongga yang dibuat oleh burung pelatuk juga digunakan kembali sebagai sarang oleh burung-burung lain, seperti beberapa bebek dan burung hantu, dan mamalia, seperti tupai pohon Kali ini kita akan bahas ciri- ciri burung pelatuk

Karakteristik Burung Pelatuk Paling Lengkap

1. Mempunyai Paruh yang sangat keras, kuat, dan runcing seperti pahat. Fungsi Paruh burung Pelatuk berfungsi mengelupas kulit pohon dan mencari serangga yang bersembunyi di kulit pohon.

Selain itu juga berfungsi untuk membuat rongga pada batang pohon untuk menyimpan telur nya dari bahaya pemangsa.

2. Memiliki Lidah ukuran cukup panjang dan lengket. Fungsi Lidah burung Pelatuk berfungsi untuk menjulurkan dan menangkap serangga untuk dimakan.

3. Mempunyai Kaki dengan cakar yang kuat. Fungsi Cakar burung Pelatuk berfungsi untuk menggenggam atau bertengger pada batang pohon meskipun berada di permukaan vertikal.

4. Memiliki Bulu Ekor yang sangat kaku. Fungsinya untuk membantu tetap stabil bertengger di pohon yang tinggi.

5. Mempunyai otot Kepala dan otot leher dengan yang sangat kuat. Fungsinya mampu melakukan 20 patukan per detik pada batang pohon.

6. Memiliki Bantalan yang terletak di kepala, berfungsi sebagai peredam hentakan.

Itulah ciri-ciri burung pelatuk si pelatuk batang pohon, setelah kita bahas tentang ciri-ciri burung pelatuk, selanjutnya kita akan bahasmengenai jenis makanan apa saja yang sering di makan oleh burung pelatuk.

Pasti kalian penasarankan makanan apa saja yang di cari oleh burung pelatuk ini dengan burung tersebut sering mematuk batang pohon.

Biasanya bagi burung yang masih liar dialam bebas, burung pelatuk mencari makanan biasanya mencari makanan berupa ulat, larva, semut, serangga kecil, biji- bijian.

Makanan yang baik bagi burung pelatuk, jika kalian memelihara burung pelatuk di rumah. Apa sajakah yang dapat di konsumsi oleh burung pelatuk disini kami akan bahas beberapa macam jenis makanan yang baik bagi burung pelatuk.

Pada dasarnya Burung Pelatuk merupakan salah satu jenis Burung masteran yang sangat senang dengan jenis makanan serangga yang memiliki ukuran kecil seperti telur semut pohon, ulat yang ada di sela sela batang pohon, kroto dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena itu dalam hal perawatannya supaya burung pelatuk tersebut selalu tetap gacor setiap saat sebagai burung masteran kicau kesayangan anda anda bisa memberikan jenis pakan Ef dan salah satunya merupakan Ef kroto.

Jenis- Jenis Makanan Burung Pelatuk

Makanan Burung Pelatuk
Makanan Burung Pelatuk

Dan dalam hal perawatan sehari harinya anda bisa menggunakan sangkar yang terbuat dari besi ini menjaga agar burung tersebut tidak lepas.

Di karenakan jenis burung ini kebiasaannya mematuk matuk batang kayu, jadi jika anda memberikan sangkar yang terbuat dari kayu tentunya akan dapat lepas dengan mudah.

dan tentunya anda bisa memberikan batang kayu di dalamnya supaya terbiasa di alamnya. berikut adalah jenis makanan burung pelatuk untuk biasa di pelihara

1. Kroto

Kroto Untuk Burung Pelatuk
Kroto Untuk Burung Pelatuk

Kroto Pemberian kroto dapat membantu menjaga kondisi burung pelatuk agar tetap bugar, fit, dan rajin bunyi Pada burung yang masih muda/ trotolan, apalagi masih dalam tahap pemasteran, pemberian kroto sangat bermanfaat dan membantu perkembangan otak, sehingga burung lebih cepat merekam dan menguasai lagu-lagu masterannya.

Karena itulah, kroto tidak bisa dilepaskan dalam perawatan hariannya. Bagi burung pelatuk dewasa yang mengalami macet bunyi, stres, dan selalu terlihat lesu, ditandai dengan bulu-bulunya yang mengembang, pemberian kroto secara rutin setiap hari bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Bagi kicaumania yang sudah berpengalaman, kroto juga bisa menjadi obat yang tepat dalam mengatasi aneka masalah yang dihadapi oleh burung piaraannya.

2.  Ulat Hongkong

Ulat Hongkong Untuk Burung Pelatuk
Ulat Hongkong Untuk Burung Pelatuk

Ulat hongkong (mileworm) merupakan salah satu jenis ulat yang biasa dan sering dijadikan sebagai makanan yang sangat populer untuk burung.

Ulat hongkong dipercaya sebagai sumber protein yang cukup baik bagi burung pemeliharaan. bukan hanya burung pelatuk saja yang dapat di berikan ulat hongkong ada cukup banyak jenis burung yang biasa diberi makan atau mengkonsumsi ulat hongkong.

Antara lain burung kacer, burung jalak putih, burung kenari, burung beo, burung jalak bali, dan jenis-jenis burung yang mengkonsumsinya.

Penggunaan ulat hongkong sebagai pakan burung juga dapat menimbulakan beberapa penyakit bagi burung peliharaan, seperti sakit mata dan juga pencernaan yang kurang baik.

Hal ini biasa disebabkan karena ulat hongkong yang diberikan sebagai pakan burung tidak berkualitas. maka dari itu saya anjurkan untuk tidak terlalu sering burung memakan ulat hongkong.

3. Jangkrik

Jangkrik Untuk Burung
Jangkrik Untuk Burung

Daging jangkrik memang jarang dijadikan bahan konsumsi. Lebih seringnya, jangkrik malah dijadikan pakan burung atau ikan hias. Padahal, jangkrik memiliki kandungan protein tinggi sama halnya dengan udang dan belalang.

Jangkrik sangat mudah dijumpai di lingkungan lembab. Umumnya, hewan jenis ini suka tinggal di area rerumputan seperti sawah atau tanah lapang.

Maka dari itu saya anjurkan untuk burung pelatuk ini di berikan pakan berupa jangkrik karena kandungannya yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan burung pelatuk.

4. Voer

Voer Untuk Pelatuk
Voer Untuk Pelatuk
Jenis pakan Ef ini juga tentunya burung pelatuk tersebut menyukainya dan bisa anda berikan pada burung tersebut supaya mendorong burung agar lebih rajin lagi dalam hal berbunyi.
Perlu anda ingat juga jika burung pelatuk tersebut belum menyukai voer alangkah baiknya anda melatihnya agar burung bisa makan voer.
Kandungan voer juga sangat baik dan banyak mengandung gizi, cuma perbedaanya kalau voer merupakan makanan alami yang bercampuran kemudian di kemas menjadi bentuk makanan yang lebih praktis.
Dan  agar lebih terbiasa burung pelatuk memakan voeralangkah baiknya jika salah tau caranya merupakan bisa dengan mencampurkan jenis Ef kroto, Ef jangkrik, Ef Ulat Hongkong dengan voer yang halus, lama kelamaan burung tersebut akan bisa akan voer dengan sendirinya.
Itulah bebarapa pengenalan tentang burung pelatuk yang harus kita ketahui, karena memang sangat penting jika kita ingin merawat atau memelihara hewan peliharaan. Terimakasih

Tinggalkan komentar