Makanan Burung Perkutut

Burung perkutut adalah burung kicauan yang populer di kalangan masyarakat, pemilik burung ini biasanya di dominasi oleh orang dewasa dan orang tua dan lebih sering sebagai burung hias saja suaranya yang khas membuat burung ini kian di gemari.

Merawat burung perkutut juga terbilang cukup mudah dan tidak memperlukan biaya yang banyak paling hanya butuh perawatan harian saja seperti pemberian makanan atau vitamin serta perawatan tambahan seperti proses penjemuran dan penangkaran.

Seringkali pecinta burung perkutut ingin mempunyai perkutut yang gacor maupun rajin bunyi nah, salah satu faktor utama untuk menjadikan perkutut gacor yaitu kita harus memberikan makanan yang berkualitas untuk lebih jelasnya berikut ini ada makanan utama burung perkutut yang wajib anda tahu.

6 Makanan Utama Burung Perkutut

1. Millet

Gambar Makanan Millet
Gambar Makanan Millet

Jika anda pecinta burung yang sudah lama pastinya mengenal makanan jenis ini, millet adalah sejenis biji-bijian yang memiliki warna putih dan kekuning-kuningan. Jenis makanan ini sangatlah cocok untuk burung perkutut karena burung ini pada dasarnya sangat suka berkicau.

Konsumsi berlebih millet juga sebenarnya tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan berat badan berlebih jika perkutut sudah memiliki berat badan yang berlebih nantinya akan sulit untuk beraktivitas bahkan bisa saja malas untuk berkicau.

2. Jewawut

Gambar Makanan Burung Jewawut
Gambar Makanan Burung Jewawut

Jika anda masih pemula pastinya mendengan jenis makanan ini masing asing, jewawut adalah satu makanan utama burung perkutut jewawut masuk ke dalam jenis biji-bijian namun ada perbedaannya dari millet yaitu untuk warna jewawut berwarna orange.

Untuk kandungan protein jewawut sendiri sangat tinggi sehingga jenis makanan ini kerap di rekomendasikan untuk anda yang ingin burung perkutut cepat gacor, bukan hanya untuk menambah kegacorannya namun dapat mempercepat proses pertumbuhan burung perkutut.

3. Ketan Hitam

Gambar Makanan Burung Ketan Hitam
Gambar Makanan Burung Ketan Hitam

Makanan utama perkutut yang selanjutnya yaitu ketan hitam, banyak kalangan pecinta burung menganggap ketan hitam dapat membantu tubuh burung perkutut hangat.

Ketan hitam dapat anda berikan untuk perkutut jika pada waktu musim dingin atau sedang musim hujan supaya kondisi tubuh burung perkutut dapat terjaga, musim hujan dapat mengakibatkan burung perkutut terserang penyakit maka dari itu ketan hitam salah satu solusinya.

4. Kacang Hijau

Gambar Makanan Burung Kacang Hijau
Gambar Makanan Burung Kacang Hijau

Makanan utama perkutut yang selanjutnya yaitu kacang hijau pemberian kacang hijau secara rutin juga dapat membantu burung perkutut tumbuh dengan cepat.

Pemberian kacang hijau bisa dengan di loloh secara langsung oleh pemiliknya jika kesusahan anda bisa melihat tutorialnya di youtube. Ada baiknya sebelum kacang hijau di berikan kepada perkutut di rendam terlebih dahulu dengan air yang sudah di masak.

Untuk aturan perendamannya bisa antara waktu 6 hingga 8 jam, tunggu sampai kacang hijau benar-benar berkembang. Tidak ada aturan pemakaian pakan kacang hijau burung perkutut yang masih piyik pun dapat mengkonsumsi kacang hijau ini.

5. Beras Merah

Gambar Makanan Burung Beras Merah
Gambar Makanan Burung Beras Merah

Makanan utama perkutut yang selanjutnya yaitu beras merah, beras merah mengapa dijadikan sebagai makanan utama karena memiliki banyak khasiat yaitu untuk membantu pertumbuhan burung perkutut.

Kandungan zat yang terdapat pada beras merah yaitu vitamin E adapun vitamin E berguna untuk membantu perkembangan reproduksi burung perkutut. Bukan hanya vitamin E beras merah juga memiliki kandungan Vitamin B di dalamnya.

6. Gabah

Gambar Makanan Burung Gabah
Gambar Makanan Burung Gabah

Makanan utama perkutut yang terakhir yaitu gabah, gabah makanan utama yang paling di favoritkan karena jika perkutut terlalu banyak memakan jenis makanan ini berat badan burung perkutut tidak akan bertambah.

Berbeda dengan millet yang jika di konsumsi secara berlebih akan membuat burung perkutut gemuk. Apabila anda ingin perkutut anda mengikuti lomba pakan jenis ini sangat cocok karena gizi dari gabah cukup seimbang.

Nahh, diatas merupakan makanan utama burung perkutut adapun pemberiannya juga harus sesuai dengan kebutuhan apabila anda ingin burung perkutut yang anda miliki rajin bunyi dan gacor anda harus memberikan makanan yang terbaik apa saja makanan burung perkutut agar cepat gacor?

Makanan Burung Perkutut Agar Cepat Gacor

Ingin memiliki burung perkutut yang gacor dan sering bunyi inilah makanan yang cocok ada rekomendasi pakan perkutut yang bisa anda coba dirumah.

1. Campuran Biji-Bijian

Gambat Makanan Burung Campuran Biji-Bijian
Gambat Makanan Burung Campuran Biji-Bijian

Memelihara perkutut memang gampang-gampang susah anda harus mengetahui karakteristik burung perkutut anda terlebih dahulu.

Pada dasarnya burung perkutut merupakan burung kicau yang sangat aktif juga jika kita bisa merawatnya dengan benar perkutut yang anda miliki akan semakin bagus bahkan dapat rajin manggung.

Pemilihan makanan sangatlah penting campuran biji-bijian dapat membantu pertumbuhan perkutut yang anda miliki adapun campuran biji-bijian yang bisa di konsumsi yaitu ketan hitam, millet, beras merah. Sama persis seperti yang sudah kami utarakan diatas. Untuk penyajiannya anda bisa campurkan dan berikan kepada perkutut setiap hari.

2. Pemberian Vitamin

Gambar Vitamin Burung Perkutut
Gambar Vitamin Burung Perkutut

Vitamin termasuk kedalam makanan tambahan untuk membantu burung perkututu gacor adapun vitamin atau makanan tambahan yang dibutuhkan yaitu kroto, ulat hongkong, jangkrik dan yang lain.

Untuk vitamin agar perkutut anda cepat gacor anda bisa membelinya di toko pakan burung terdekat ada banyak jenis vitamin di toko pakan burung dan pastinya anda tinggal meminta rekomendasi pakan burung atau vitamin burung perkutut agar cepat gacor kepada penjualnya pasti akan diberikan vitamin terbaik.

3. Kencur

Gambar Makanan Burung Kencur
Gambar Makanan Burung Kencur

Ada asupan makanan tambahan lain yang tak kalah pentingnya yaitu kencur untuk pemberiannya bisa dengan di lolohkan langsung menggunakan tangan.

Tujuan pemberian kencur kepada perkutut yaitu agar pita suara dan tenggorokan lebih lega, selain itu efek samping juga hampir tidak ada mengingat kencur merupakan tanaman herbal alami.

Waktu pemberian kencur juga cukup 3 hari sekali berikan jeda agar kita dapat melihat hasilnya. Jika 3 hari sekali dirasa cukup kita bisa menguranginya dengan kurun waktu satu minggu satu kali.

4. Minyak Ikan

Gambar Makanan Burung Minyak Ikan
Gambar Makanan Burung Minyak Ikan

Mungkin bagi seorang pecinta burung yang masih awam minyak ikan bisa terdengar asing dan bahkan baru pertama kali mendengar bahwa minyak ikan dapat menjadi menu makanan untuk burung.

Nahh, untuk mencoba nya anda bisa memberikan suplemen minyak ikan kepada burung perkutut mu. Suplemen minyak ikan bisa anda peroleh di toko pakan burung terdekat harga suplemen minyak ikan juga bervariasi.

Untuk waktu pemberian suplemen ini bisa di jangka pada waktu 1 butir per tiga hari sekali. Untuk yang masih bingung bagaimana cara memberikan minyak ikan ke perkutut caranya cukup mudah sekali yaitu dengan memberikan ke mulut perkutut secara langsung namun harus pelan-pelan saja agar perkutut tidak langsung tersedak.

Atau lebih baik anda memberikan minum terlebih dahulu agar tenggorokan burung perkutut lebih mudah untuk dimasuki suplemen tersebut.

Baca Juga : Makanan Burung Puyuh

Bagaimana mudah bukan untuk membuat perkututmu gacor? diatas kami sudah bagikan makanan utama burung perkutut dan makanan burung perkutut agar cepat gacor anda bisa praktekan di rumah karena bahan-bahan makanan tersebut memang cukup mudah untuk diperoleh.

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung perkutut
  • makanan perkutut
  • pakan burung perkutut
  • pakan perkutut
  • Makanan burung kutut
  • pakan perkutut biar gacor
  • makanan perkutut biar gacor
  • makan burung perkutut
  • pakan perkutut yang bagus
  • makanan burung perkutut biar gacor

Tinggalkan komentar