Makanan Burung Prenjak

Burung prenjak merupakan burung yang termasuk dalam kategori burung kecil. semua orang sangat menyukai burung yang kicau, meskipun memiliki tubuh yang kecil namun burung prenjak ini tak kalah memiliki kicauan yang nyaring tidak hanya kecil saja burung prenjak juga memiliki ekor yang lumayan cukup panjang.

Gambar Burung Prenjak
Gambar Burung Prenjak

Untuk ukuran tubuh prenjak biasanya terukur dari paruh sampai ekor berkisaran ukuran 15cm, dan biasanya burung prenjak ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun, kekuningan dan ada juga yang memiliki warna yang kecoklatan di bagian punggung, dan pada perut prebjak juga ada yang memiliki warna keputihan dan kekuningan.

Namun di sisi lain ada juga yang masih dianggap kepercayaan atau kata lainnya itu mitos, di daerah jawa sebagain besar orang menganggap jika ada burung prenjak di depan rumah atau sekitaran rumah, atau terdengar suara burung prenjak, berarti suatu hari akan ada tamu yang hendak berkunjung. gitu si menurut kepercayaan orang jawa hehehe

Namun kali ini kami tidak akan bahas soal mitos tentang burung prenjak, disini kami akan bahas soal burung prenjak, melalui karakteristiknya, perkembang biasakan burung prenjak dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Burung Prenjak

1. Prenjak Kepala Merah

Gambar Burung Prenjak Kepala Merah
Gambar Burung Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah ini sangat diminati oleh banyak orang kenapa, karena burung ini meskipun memiliki tubuh yang mungil akan tetapi suaranya sangat keras dan juga melengking pokoknya gak kalah sama yang lain deh kalau soal suara.

Jika kalian berminat ingin memelihara burung prenjak kepala merah ini, alangkah baiknya pilihlah burung prenjak yang berkelamin jantan, karena jantan akan lebih bisa gacor.

Keindahan dari jenis burung prenjak kepala merah sesungguhnya tidak kalah jauh dari burung-burung yang lain. Tak hanya suara kicauannya yang merdu, prenjak kepala merah juga punya warna bulu yang indah.

Ciri-cirinya yaitu memiliki bulu ekor yang lebih panjang daripada bulu ekor yang lainnya. Namun jika di bandingkan dengan jantan dan betinanya burung prenjak jantan akan lebih memiliki bulu ekor yang lebih panjang daripada burung prenjak yang betina.

2. Prenjak Sawah

Gambar Burung Prenjak Sawah
Gambar Burung Prenjak Sawah

Prenjak sawah ini hampir mirip dengan burung emprit atau di sebut juga dengan burung ciblek sawah, banyak sekali populasi burung prenjak sawah ini, sama dengan namanya burung prenjak sawah sangat banyak terdapat di sawah, di jalan-jalan, di pekarangan rumah dan lainnya.

3. Prenjak Lumut

Gambar Prenjak Lumut
Gambar Prenjak Lumut

Prenjak lumut juga termasuk burung kicau yang tergolong memiliki bentuk tubuh yang kecil, dan jika di rasakan memang dalam perawatanya cukup susah. namun jika kita telaten dalam pemeliharaan burung ini sanat rajin jika berkicau.

Setelah kita bahas soal jenis burung prenjak, sekarang kita akan bahas mengenai jenis makanan apa saja yang dapat di makan oleh burung prenjak. Dimana makanan itu bisa membuat perkembangan burung prenjak menjadi baik.

Jenis Makanan Burung Prenjak

Untuk makanan yang baik untuk perkembangan burung prenjak ini biasanya para pecinta burung prenjak memberikan makanan berupa ekstrafooding, dimana ini sangat membantu agar burung prenjak bisa lebih gacor. Dalam hal pemeliharaan Burung Prenjak ini pada umumnya setiap penggemar burung kicau hampir seluruhnya bisa merawatnya.

Akan tetapi pada dasarnya dalam hal melakukan proses pemeliharaan burung supaya cepat bersuara dan juga gacor setiap harinya tentu membutuhkan keterampilan dan hal ini tentunya hal yang paling utama dalam memelihara burung kicau dan terutama untuk Burung Prenjak yang masih Belum makan voer, makanan tersebut adalah :

1. Kroto

Gambar Kroto Untuk Burung
Gambar Kroto Untuk Burung

Memberikan kroto untuk burung kicauan seperti prenjak sangatlah baik karena mampu meningkatkan peforma kicauan prenjak supaya tetap fit, bugar dan rajin berkicau. Pemberian kroto pada burung prenjak lebih baik diberikan saat burung masih muda atau saat masih trotolan terutama pada burung yang masih dalam tahap pemasteran.

Hal ini dikarenakan dapat membuat peningkatkan perkembangan otak sehingga burung prenjak akan lebih cepat mengingat dan menyimpan memori mengenai lagu atau irama yang diajarkan oleh masternya.

Oleh karena itu jika anda memiliki burung prenjak yang memang dipersiapkan untuk lomba, pakan kroto tidak boleh lepas atau absen.

Selain membuat suara kicauan menjadi lebih fit dan bagus, manfaat lainnya dari kroto ini adalah untuk membantu meningkatkan stamina burung yang sudah dewasa yang mengalami mogok bunyi yang disebabkan karena burung stress atau lesu.

Burung yang ngambek ini biasanya ditandai dengan bulu-bulu yang tidak rapi dan mengembang. Oleh karena itu anda bisa memberikan kroto tiap hari untuk membantu mengatasi burung yang ngambek dan stress ini.

2. Ulat Hongkong

Gambar Ulat Hongkong Untuk Burung
Gambar Ulat Hongkong Untuk Burung

Pemberian ulat hongkong untuk burung prenjak sudah sangat lazim bagi para kicau mania. Burung kecil yang bermental baja dan bersuara ngotot ini sudah populer di pelihara sebagai burung master.

Selain kroto sebagai extra fooding, biasanya ulat hongkong hidup adalah makanan tambahannya. apalagi jika ulat hongkong disediakan pada saat kering.

Penyajian ulat hongkong kering untuk prenjak sangat bermanfaat sekali. Hal ini karena ulat hongkong kering lebih mudah hancur di bandingkan dengan ulat hidup.

Sehingga organ pencernaan burung bekerja lebih ringan, ulat bisa di cerna secara optimal dan penyerapan nutrisi dari ulat hongkong kering lebih maximal. Hal tersebut mengakibatkan burung prenjak anda lebih rajin berkicau atau biasa disebut gacor.

3. Voer

Gambar Voer Burung
Gambar Voer Burung

Jika kalian sudah sering memberikan  ekstra fooding bagi burung prenjak, sebagai makanan tambahan kalian bisa menambahkan voer atau makanan siap saji bagi burung prenjak. Jika burung prenjak kalian belum terbiasa makan voer, alangkah baiknya jika burung anda di latih untuk di berikan makanan berupa voer.

voer juga sangat bermanfaat bagi perkembangan burung prenjak. karena voer juga mengandung bahan alami yang telah di racik secara praktis, voer juga mengandung banyak gizi dan nutrisi sangat baik dan sangat membantu pertumbuhan burung prenjak ini, agar membantu burung prenjak  menjadi lebih aktif dalam berbunyi dan lebih gacor lagi.

Begitulah sobat untuk pembahasan tentang burung prenjak ini, ada jenis burung prenjak dan jenis makanan apa saja yang dapat di berikan oleh si burung kecil ini, sebenarnya sangat mudah untuk merawat burung kecil ini, karena makanan yang kita butuhkan untuk burung prenjak sangatlah mudah di dapat.

Namun jika kalian ingin menmbahkan makanan lainnya juga sangat baik dan sangat di anjurkan agar burung prenjak lebih gacor lagi.

Baca Juga : Makanan Burung Pelatuk

Namun tidak hanya makanan saja yang harus di perhatikan, cara merawatnya juga harus di perhatikan, pelatihannya juga harus di lakuakan dengan rajin dan tlaten agar burung prenjak anda bisa berkualitas tinggi. itulah sobat sekilas pembahasan mengenai burug prenjak, semoga bermanfaat. salam kicau mania

Pencarian burung terbaru:

  • makanan burung perenjak
  • Makanan perenjak
  • pakan burung perenjak
  • makanan burung cingker
  • makanan alami prenjak
  • vor yang bagus untuk burung prenjak tamu
  • macam macam makanan burung prenjak
  • jenis-jenis makanan untuk prenjak
  • Gizi makanan buat burung prenjak
  • Foods burung prenjak

Tinggalkan komentar