Panduan Penggunaan WA Web untuk Pemula Terbaru 2021

Saat ini, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia. Aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan personal namun juga untuk melakukan komunikasi dalam pekerjaan. Sehingga, tak heran jika banyak orang menggunakan WA Web (WhatsApp Web).

wa-web

Apa itu WA Web?

WhatsApp Web merupakan salah satu fitur WA yang memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan aplikasi ini pada laptop dan komputer. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi WA ke komputer mereka.

Mereka hanya perlu mengakses WhatsApp Web melalui browser yang ada di laptop atau komputer. Dengan cara ini, mereka dapat mengirim pesan, dokumen, foto, dan video seperti ketika mereka menggunakan WA di HP mereka.

Akan tetapi, WA versi browser ini tidak memiliki semua fitur yang ada pada versi aplikasi mobile-nya. Jika menggunakan WA versi browser, pengguna tidak dapat melakukan beberapa hal, misalnya video call ataupun panggilan suara, berbagi lokasi, dan membuat pembaruan status.

Meski demikian, banyak orang menganggap bahwa kekurangan fitur ini tidak masalah karena mereka secara utama hanya menggunakan WhatsApp Web untuk berkirim pesan, dokumen, atau media lainnya.

Perlu diketahui bahwa selama menggunakan WA versi Web, pengguna tetap harus mengaktifkan aplikasi WA di perangkat mobile mereka. Jika HP mati atau disetel pada mode data tidak aktif dan tidak disambungkan pada koneksi wi-fi, maka semua pesan tidak akan masuk ke WA versi web.

Mengapa Banyak Orang Menggunakannya?

WA Web telah dipakai oleh banyak orang sejak beberapa tahun belakangan ini. Mereka suka menggunakannya karena berbagai alasan.

  1. Mengetik Lebih Cepat

Mengetik-Lebih-Cepat

Salah satu hal yang disukai dari WA versi web adalah memungkinkan penggunanya untuk mengetik pesan lebih cepat. Mengetik dengan keyboard laptop atau komputer memang lebih nyaman dan cepat daripada mengetik dari keyboard HP.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi para pengguna yang sering harus mengirim pesan panjang melalui WA. Mengetik pesan dengan keyboard juga dapat mengurangi kesalahan dalam pengetikan pesan.

 

  1. Efisien

Efisien

Ketika bekerja menggunakan PC dan harus sering mengirim pesan WA kepada rekan kerja, pelanggan, dan kolega, pengguna tentu harus bolak-balik menggunakan laptop dan HP. Hal ini sangat tidak efisien untuk dilakukan.

Namun, dengan menggunakan WhatsApp Web, pengguna dapat secara efisien bekerja sambil mengirim pesan WA. Mereka hanya perlu membuka WA versi web di browser PC mereka untuk membalas pesan ketika mengetik dokumen atau bekerja melalui PC.

 

  1. Dapat Menyimpan File Langsung di PC

Dapat-Menyimpan-File-Langsung-di-PC

Para pengguna WA menyukai versi browser dari aplikasi ini karena mereka dapat menyimpan file dokumen yang diterima dari WA langsung ke komputer atau laptop. Alhasil, mereka dapat membuka atau mengecek dokumen secara langsung, tanpa harus menghubungkan HP ke PC.

 

  1. Mengirim File Langsung dari PC

Mengirim-File-Langsung-dari-PC

Selain dapat menyimpan file langsung ke PC, WA versi browser juga memungkinkan mereka untuk mengirim file langsung dari PC. Sehingga, tak heran jika mereka yang sering harus mengirimkan file dari PC lewat WA menyukai WhatsApp Web.

 

Cara Menggunakan WhatsApp Web?

Bagi Anda para pemula yang belum pernah menggunakan WA web, Anda mungkin merasa bingung saat hendak menggunakannya. Sebelum Anda mulai menggunakan fitur ini, pastikan dahulu bahwa kamu memiliki aplikasi WA terbaru di perangkat mobile anda.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki browser versi terbaru di laptop atau PC dan pastikan bahwa perangkat tersebut terhubung dengan sambungan internet. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka web.whatsapp.com melalui browser di komputer atau laptop. Web ini kompatibel dengan beragam browser, contohnya Chrome, Mozilla, dan Opera.
  • Pada saat situs tersebut terbuka, Anda akan melihat QR Code muncul di layar PC.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WA lewat HP.
  • Klik tiga titik pada pojok aplikasi tersebut. Jika Anda menggunakan HP Android, maka klik menu WhatsApp Web. Dan jika Anda menggunakan iPhone, maka klik Pengaturan lalu pilih menu WhatsApp Web.
  • Izinkan WhatsApp untuk mengakses kamera pada HP anda.
  • Scan QR Code yang ada di browser dengan cara mengarahkan kamera belakang HP pada layar PC.
  • Apabila proses ini berhasil, maka semua histori chat yang ada di aplikasi WA anda akan muncul pada WA versi web.

 

Scan QR Code Gagal?

Scan-QR-Code-Gagal

Tidak menutup kemungkinan bahwa saat Anda memindai QR Code, kegagalan akan terjadi karena beberapa orang pernah mengalami hal ini. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir dahulu karena kegagalan ini dapat diatasi.

Beberapa penyebab kegagalan ini di antaranya adalah jaringan internet yang lemot atau ada kotoran pada kamera belakang HP. Jika jaringan internet pada PC dan HP tidak bermasalah dan kamera HP juga baik-baik saja, maka cobalah untuk me-restart HP dan PC.

 

Apakah WhatsApp Web Bisa Digunakan untuk Dua Akun?

Beberapa orang memiliki dua akun WA karena perlu memisahkan chat pribadi dan chat pekerjaan atau bisnis. Lalu apakah WA versi web dapat digunakan untuk dua akun? Jawabannya adalah bisa jika Anda mengetahui triknya.

Ada beberapa trik yang dapat dilakukan guna menggunakan WhatApp Web untuk dua akun. Salah satu trik yang paling sederhana adalah menggunakan dua browser yang berbeda pada PC, misalnya Chrome dan Mozilla.

Jadi, Anda perlu membuka web.whatsapp.com di masing-masing browser. Setelah itu, pindai QR code yang ada di tiap browser menggunakan akun yang berbeda. Dengan demikian, Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari dua akun WA melalui 1 PC atau Laptop saja.

 

Tips Keamanan WhatsApp Web

Baik aplikasi WA ataupun WA versi Web memiliki risiko keamanan atau privasi. Namun, beberapa orang menganggap bahwa WhatsApp Web memiliki risiko keamanan yang lebih besar. Untuk mengurangi risiko tersebut, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Selalu Logout Setelah Menggunakan WhatsApp Web

 

Langkah yang paling mudah untuk menjaga keamanan dan privasi WA versi web anda adalah selalu logout setelah menggunakannya. Hal ini sangat penting dilakukan karena mungkin saja laptop atau komputer anda tiba-tiba dipinjam oleh orang lain.

Sehingga, Anda perlu logout setelah menggunakan WA versi web agar orang lain tidak bisa mengakses pesan-pesan anda. Cara logout dari WhatsApp Web dapat dilakukan melalui PC ataupun HP.

  • Cara Logout dari PC
  1. Klik 3 titik pada WhatsApp Web
  2. Klik Log out
  • Cara Logout dari HP
  1. Ketuk 3 titik pada aplikasi WA di HP
  2. Ketuk WhatsApp Web untuk Android atau Pengaturan lalu WhatsApp Web pada iPhone.
  3. Ketuk Log out from all devices.

 

  1. Gunakan WhatsApp Web Resmi

 

Untuk menghindari penyadapan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, Anda sebaiknya hanya menggunakan WA dan WhatsApp Web yang resmi. Jika Anda menggunakan versi lain, kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak aman.

 

WA Web adalah alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mengirim pesan WA tanpa ribet. Fitur ini terbukti dapat memberi kemudahan dan efisiensi dalam perpesanan.

 

Referensi :

  1. https://officialjimbreuer.com/whatsapp-web/
  2. https://www.gurupendidikan.co.id/wa-web/
  3. https://officialjimbreuer.com/gb-whatsapp/
  4. https://officialjimbreuer.com/kinemaster-pro/
  5. https://officialjimbreuer.com/whatsapp-mod/
  6. https://memphisthemusical.com/fmwhatsapp/
  7. https://officialjimbreuer.com/ukuran-kertas-f4/
  8. https://memphisthemusical.com/gb-whatsapp/
  9. https://www.rentalmobillampung.co.id/
  10. https://officialjimbreuer.com/psiphon-pro/
Mungkin Berita dibawah ini yang Anda Cari