10 Burung Punah Teratas yang Tidak Anda Ketahui

Tanpa burung yang Anda kenal dan cintai, dunia kita akan menjadi tempat yang jauh berbeda. Pada artikel ini, kami melihat 10 burung punah teratas yang tidak Anda ketahui dan bagaimana kepunahan mereka berdampak pada dunia. Dari dodo hingga merpati penumpang, burung-burung ini pernah berkeliaran di Bumi, tetapi sekarang semuanya hilang.

10 burung punah teratas yang tidak Anda ketahui

 

Dodo

Dodo pernah menjadi salah satu burung paling populer dan dicintai di dunia. Sepanjang umurnya selama berabad-abad, ia menjadi salah satu hewan yang paling diburu di dunia. Pada 1662, hanya segelintir dodo yang tersisa di pulau Mauritius. Pada tahun 1881, semua dodo telah punah, membuat beberapa ilmuwan percaya bahwa mereka menjadi sasaran manusia untuk bulu mereka. Tulang dodo telah ditemukan di seluruh Samudra Hindia, dan ada bukti bahwa mereka dimakan hingga ke timur hingga Cina. Namun, sekarang diyakini bahwa kepunahan dodo sebenarnya disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk perburuan manusia dan persaingan dengan burung lain.

Merpati Penumpang

Pigeon Penumpang pernah menjadi salah satu burung paling populer dan dicintai di dunia. Burung itu diburu hingga punah oleh manusia, yang menyebabkan kepunahannya. Namun, berkat upaya para konservasionis, Pigeon Penumpang berhasil dihidupkan kembali. Saat ini, ada beberapa pusat rehabilitasi Merpati Penumpang di seluruh dunia di mana burung tersebut dapat dilihat dan dipelajari.

Elang Harpy

Harpy Eagle adalah salah satu burung terbesar pada masanya. Berdiri setinggi manusia, burung agung ini memiliki cakar dan cakar tajam yang dapat dengan mudah merobek daging. Dengan lebar sayap lebih dari dua meter, Harpy Eagle adalah salah satu predator tercepat di hutan. Dan tidak seperti burung pemangsa lain yang berburu sendirian, Elang Harpy tidak takut mengejar burung lain dengan anak-anaknya – termasuk anaknya sendiri. Dikenal karena gaya pembunuhannya yang brutal, burung-burung ini adalah beberapa makhluk yang paling ditakuti di Bumi. Untungnya, Harpy Eagle sekarang sudah punah – sebagian berkat manusia.

Rosa Bonifaciensis –

Rosa Bonifaciensis adalah salah satu burung terindah yang pernah hidup. Burung yang mengesankan ini memiliki bulu berwarna cerah dan mampu terbang dengan spektakuler. Sayangnya, ia dengan cepat diburu hingga punah. Saat ini, hanya beberapa tulang yang berserakan yang tersisa untuk memperingati keberadaannya.

Auk Cassin

Setelah melimpah dan tersebar luas, Auk Cassin kini telah punah. Salah satu spesies pertama yang punah di abad ke-20, Cassin’s Auk adalah kisah peringatan bagi kita hari ini. Auk Cassin diburu hingga punah untuk diambil bulu dan dagingnya, dan hilangnya mereka menandai awal dari akhir bagi banyak spesies burung lainnya. Cassin’s Auk adalah salah satu burung punah yang paling terkenal, tetapi ada banyak burung lain yang mungkin tidak Anda ketahui. Pelajari tentang Auk Cassin dan burung punah lainnya di artikel ini.

Merpati Iliac

Setelah tersebar luas di seluruh Amerika Utara dan Eropa, Merpati Iliac kini telah punah. Burung itu pernah menjadi lambang karena bulunya yang mencolok, yang berwarna hijau kebiruan. Selain kemampuan terbangnya, Iliac Pigeon adalah penerbang yang ahli. Diyakini bahwa burung itu dapat melakukan perjalanan sejauh 600 mil per hari. Kepunahan burung ini sebagian besar disebabkan oleh pengenalan senjata api dan spesies invasif lainnya.

Parkit Carolina

Parkit Carolina pernah menjadi salah satu burung paling populer di Amerika Utara. Mereka adalah pemandangan umum di daerah pinggiran kota dan pedesaan di seluruh Amerika Serikat, dan juga merupakan burung yang umum di Amerika Tengah. Namun, Parkit Carolina sekarang sudah punah, dan tidak diketahui populasi burung ini yang tersisa.

Nuthatch berdada putih

The White-breasted Nuthatch pernah menjadi burung yang umum di Amerika Serikat, tetapi sekarang hanya ditemukan di beberapa lokasi terpencil.

Berasal dari Amerika Utara, White-breasted Nuthatch pertama kali tercatat di pantai Timur pada tahun 1845. Menyebar ke barat dan ditemukan sejauh selatan Florida pada tahun 1857. Namun, pada awal 1900-an, White-breasted Nuthatch hampir menghilang dari bagian timur AS.

Saat ini, Nuthatch berdada putih hanya ditemukan di tiga lokasi: dua di sepanjang perbatasan Tennessee-North Carolina dan satu di Virginia. Populasi Virginia adalah yang terbesar dan paling utuh dari ketiganya.

Nuthatch Berdada Putih terancam oleh sejumlah faktor, termasuk hilangnya habitat, tumpahan minyak, dan perburuan. Karena kelangkaannya, White-breasted Nuthatch juga dikenakan harga tinggi di pasar gelap.

Terlepas dari tantangan ini, ada upaya yang dilakukan untuk melestarikan habitat Nuthatch Berdada Putih. Terima kasih kepada sukarelawan dan organisasi seperti North American Breeding Bird Survey (BBS), kami membuat kemajuan dalam memahami dan melindungi burung langka ini.

Elang Raksasa Kuba

Elang Raksasa Kuba pernah menjadi Elang terbesar di dunia. Dengan lebar sayap hingga 2,5 meter (8,2 kaki), itu adalah elang terbesar yang pernah hidup. Burung yang mengesankan ini pernah tersebar luas di Kuba Timur, tetapi sekarang sudah punah.

Elang Raksasa dikenal karena perilaku berburunya yang spektakuler. Selain ukurannya yang sangat besar, Elang Raksasa juga sangat kuat dan cepat. Ia mampu menukik mangsanya dengan kecepatan tinggi, menjadikannya salah satu burung paling mematikan di alam liar.

Sayangnya, Elang Raksasa diburu hingga punah oleh manusia. Setelah berabad-abad berburu tanpa henti, elang yang luar biasa ini musnah. Saat ini, hanya ada beberapa spesimen yang tersisa yang hidup di penangkaran, dan mereka semua dianggap sangat terancam punah.

Jay Biru

10 Burung Punah Teratas

Blue Jay adalah salah satu burung yang paling umum di Amerika Utara dan dapat ditemukan di seluruh Amerika Serikat, Meksiko, dan sebagian Amerika Tengah. ini adalah burung kolonial, yang berarti ia hidup dalam kelompok keluarga dan memakan serangga, beri, dan hewan kecil lainnya. Blue Jay adalah burung yang sangat sosial dan sering membentuk hierarki sosial yang kompleks. ini adalah spesies yang terancam punah dan terancam punah.

 

Kesimpulan

Berdasarkan artikel tersebut, 10 burung punah yang tidak Anda ketahui antara lain: dodo, merpati penumpang, elang harpy, rosa bonifaciensis, auk cassin, merpati iliac, parkit carolina, nuthatch berdada putih, elang raksasa Kuba, blue jay. Dari ini, dodo, merpati penumpang, dan auk cassin adalah yang paling terkenal. Dodo pernah menjadi burung terbesar yang pernah hidup, dan merpati penumpang pernah menjadi burung paling banyak di dunia. Namun, kedua burung tersebut akhirnya mati karena berbagai faktor, seperti perburuan dan penyakit. Elang harpy pernah menjadi elang terbesar di dunia, dan pernah sangat umum di Amerika Utara. Namun, karena perburuan dan faktor lainnya, sekarang sudah punah. Rosa Bonifaciensis pernah menjadi bunga yang paling tersebar luas di dunia, dan sekarang sebagian besar sudah punah.